24 October 2022

4 Pilihan Makanan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu apa hal terpenting yang wajib dilakukan anak sebelum berangkat ke sekolah? Yup, menyantap sarapan sehat untuk anak sangat penting dilakukan. Hal ini karena tubuh anak memerlukan nutrisi dan energi untuk berkegiatan seharian di sekolah. Tentunya, anak aktif punya segudang aktivitas, kan.

Sarapan sehat untuk anak sangatlah penting karena tanpa disadari tubuh sudah melakukan puasa selama tidur malam. Jadi, ketika bangun pagi, sebenarnya perut anak kosong. Makanan untuk sarapan merupakan menu pertama yang disantap anak di hari itu. Bayangkan kalau anak ke sekolah tanpa sarapan, pastinya perutnya akan keroncongan.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine tahun 2020, orang-orang yang sering melewati atau menunda sarapan pagi lebih berpotensi mengalami mood disorder.

Selain itu, anak juga jadi sulit konsentrasi karena terlalu lapar. Ia juga akan cepat merasa lelah akibat tidak ada sumber energi yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, sarapan sehat menjadi salah satu hal utama yang harus dilakukan sebelum berangkat ke sekolah.

Selain bergizi, Ibu pastinya ingin menyiapkan menu sarapan enak yang disukai anak. Namun, terkadang bingung memilih yang tepat. Berikut ini beberapa rekomendasi sarapan pagi yang bisa Ibu buat dengan mudah. Tentunya, ini merupakan menu sarapan sehat untuk anak.

 

1. Sereal

Menu sarapan sehat untuk anak yang pertama adalah sereal. Jenis makanan yang satu ini biasanya terbuat dari gandum. Walau terlihat seperti camilan, sebenarnya sereal cukup mengenyangkan perut anak, lho. Bahkan, bisa kenyang lebih lama. Jadi, cocok sekali dikonsumsi anak yang baru mau memulai kegiatan sekolahnya.

Sereal ini kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik. Artinya, menu yang satu ini bisa menjadi sumber energi yang baik untuk anak. Ada baiknya, Ibu menambahkan susu dalam sajian sereal. Ini supaya dapat menambahkan pasokan kalsium, vitamin D, zat besi, dan nutrisi lainnya.

 

2. Roti Gandum

Perut anak yang keroncongan pastinya membuat ia tak bisa konsentrasi selama berada di kelas. Ditambah lagi, rasa lapar akan membuat anak impulsif membeli jajanan manis atau gorengan yang tidak sehat untuk tubuh. Itu sebabnya, sebaiknya ketika sarapan anak diberikan menu yang mengandung karbohidrat kompleks.

Salah satu sumber karbohidrat kompleks adalah roti gandum. Jenis roti yang satu ini akan membuat anak merasa kenyang lebih lama. Roti gandum juga dianggap memiliki protein nabati dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Ibu menyajikan roti jenis ini dengan selai favorit anak. Hal ini supaya roti gandum tidak terlalu kering ketika disantap.

 

3. Telur

Telur adalah bahan makanan yang selalu ada di rumah. Biasanya, anak akan meminta Ibu buat sajian omelet, telur mata sapi, ataupun scramble egg. Bahkan, ada anak yang meminta menu tamago sushi untuk sarapannya. Walau terlihat sederhana, telur sebenarnya kaya akan nutrisi, lho. Dalam sebutir telur, terdapat vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6, folar, fosfor, selenium, kalsium, zat besi, natrium, kalium, dan juga antioksidan. Banyak sekali nutrisinya, ya.

Tidak lupa juga kalau telur kaya akan protein. Nah, tentunya anak memerlukan semua nutrisi tersebut agar dapat beraktivitas dengan baik dan tentunya menjaga daya tahan tubuh. Anak juga memerlukan protein agar cepat memulihkan sel-sel tubuh setelah berkegiatan.

 

4. Produk Susu

Menu sarapan sehat untuk anak yang satu ini sering tertinggal untuk dikonsumsi. Padahal, bisa menjadi pelengkap nutrisi yang baik bagi tubuh anak. Apalagi ketika menu makanan berat yang disajikan belum cukup memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Supaya anak tetap mendapatkan yang dibutuhkan, produk susu bisa menjadi pilihan menu sarapan pendamping.

Hal ini karena susu mengandung nutrisi yang banyak, seperti protein, karbohidrat, kalsium, hingga vitamin. Tentunya ini diperlukan untuk aktivitas harian anak. Ada baiknya Ibu bisa menyiapkan susu yang rasanya disukai anak. Misalnya, susu stroberi ataupun coklat.

Ibu juga bisa memberikan produk minuman yang mengandung susu seperti MILO 3in1 sebagai pelengkap menu sarapan sehat untuk anak. Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Sarapan

5 manfaat sarapan pagi untuk anak aktif Sarapan
5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak Aktif

Mengapa anak suka melewatkan waktu sarapan pagi? Salah satu alasannya karena takut terlambat atau tidak suka dengan menu sarapan pagi anak yang

biasakan anak sarapan pagi yang sehat dengan 6 cara Ini Sarapan
Biasakan Anak Sarapan Pagi yang Sehat dengan 6 Cara Ini

Anak Ibu sering kali meninggalkan sarapan paginya ketika mau berangkat sekolah? Ada baiknya kebiasaan tersebut harus ditinggalkan saat ini juga. Ini

4 pilihan makanan menu sarapan sehat untuk anak Sarapan
4 Pilihan Makanan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Tahukah Ibu apa hal terpenting yang wajib dilakukan anak sebelum berangkat ke sekolah? Yup, menyantap sarapan sehat untuk anak sangat penting

resep menu sarapan pagi sehat yang baik Aktivitas
5 Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Baik untuk Mood Anak

Tahukah Ibu kalau sarapan pagi yang sehat dibutuhkan anak untuk menjalani aktivitas kesehariannya? Coba bayangkan kalau anak tidak sarapan pagi di

Susu Coklat untuk Mengawali Hari dengan Positif Aktivitas
Pentingnya Minum Susu Coklat untuk Mengawali Hari dengan Positif

Apa yang biasanya membuat mood anak berantakan ketika di pagi hari? Pastinya, karena ia harus bangun pagi dan buru-buru ke sekolah dan tidak ada waktu

manfaat susu coklat saat diminum pagi hari Aktivitas
4 Manfaat Susu Coklat saat Diminum Pagi Hari

Anak termasuk yang lebih menyukai susu coklat dibanding putih? Tenang, Ibu tak perlu khawatir. Manfaat susu coklat juga tak kalah dengan susu putih,

Sarapan Pagi untuk Daya Tahan Tubuh Aktivitas
5 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi untuk Dukung Daya Tahan Tubuh

Terkadang, anak-anak bertanya mengapa kita harus sarapan pagi? Biasanya, pertanyaan ini muncul karena mereka belum paham pentingnya sarapan pagi.

Kreasi Sarapan Pagi yang Sehat dan Bernutrisi Aktivitas
4 Kreasi Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Kaya Nutrisi

Anak merasa tidak tertarik atau memiliki nafsu makan saat pagi hari? Jangan-jangan ini karena menu sarapan yang disediakan Ibu dianggap itu-itu saja.

Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak Aktivitas
Ibu, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Bantu Anak Memiliki Kebiasaan Baik

Pernahkah Ibu berpikir apa itu sarapan? Menurut Ibu apa artinya? Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang biasanya dilakukan pada pagi hari.