24 October 2022

5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak Aktif

Bagikan Artikel:

Mengapa anak suka melewatkan waktu sarapan pagi? Salah satu alasannya karena takut terlambat atau tidak suka dengan menu sarapan pagi anak yang disediakan. Padahal, manfaat sarapan pagi untuk kesehatan anak aktif juga banyak, lho. Sayang sekali kalau hal ini terlewatkan.

Lalu, bagaimana orang tua membiasakan sarapan kepada anak? Sebenarnya, hal ini bukan perkara yang mudah. Ibu harus melakukannya secara bertahap. Misalnya, pertama-tama Ibu harus bisa menyiapkan menu sarapan pagi anak yang bergizi dan tentunya bervariasi.

Selain itu, Ibu juga bisa memberikannya dengan porsi sedikit. Setidaknya, dengan porsi tersebut anak lebih cepat menyelesaikan sarapannya sehingga tidak perlu terlambat ke sekolah. Tidak lupa Ibu juga harus menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak. Pastinya, yang mengandung makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan anak aktif seharian. Ini supaya anak bisa merasakan manfaat sarapan pagi dengan baik.

Anak juga harus diberikan pengertian soal pentingnya sarapan. Paling tidak anak diberitahu soal sejumlah manfaat sarapan pagi seperti berikut ini.

 

1. Menambah Energi

Apa yang dibutuhkan anak ketika melakukan aktivitas? Tentunya, hal pertama yang diperlukan adalah energi. Nah, energi tidak sendirinya bisa langsung diproduksi oleh tubuh, lho. Tentunya, perlu asupan nutrisi yang baik supaya energi itu bisa terbentuk. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah menambah energi dalam tubuh anak.

Perlu Ibu pahami, ketika bangun tidur, anak sudah kehilangan banyak energi. Hal ini terjadi karena ia tidak mengonsumsi apa pun selama tidur semalaman. Itu sebabnya, energi baru bisa didapatkan saat anak makan sesuatu. Tentunya, sarapan menjadi makanan pertama yang dikonsumsi anak dalam sehari. Itu sebabnya, dari sarapan, anak mendapatkan energi untuk bersekolah.

 

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Ingat, Ibu kalau anak sebenarnya melakukan puasa ketika tidur semalaman. Hal ini membuat tekanan gula darah anak menurun saat pagi hari. Bila anak tidak sarapan pagi, tentunya peredaran darah pun jadi tidak lancar. Itu tandanya, pasokan oksigen ke otak jadi terhambat. Hal inilah yang membuat anak jadi sulit konsentrasi, daya ingat berkurang, serta cepat mengantuk.

Sarapan pagi yang mengandung zat besi, kalsium, dan protein bisa membantu tekanan gula darah anak menjadi normal. Hal ini membuat anak jadi bersemangat, tidak mudah lelah, dan tentunya bisa konsentrasi terhadap pelajaran yang didapatkannya.

Menurut penelitian yang dilakukan University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, fungsi kognitif dan ingatan akan meningkat terhadap anak yang rutin menyantap sarapan paginya. Itu sebabnya, sarapan pagi yang sehat sangat penting diberikan sebelum anak berangkat sekolah.

 

3. Meningkatkan Prestasi Akademik

Kira-kira apa yang dirasakan Ibu ketika belum makan atau terlewat waktu makan? Tentunya, hal ini dapat membuat Ibu bad mood. Bahkan, jadi lesu dan marah-marah sepanjang hari. Bayangkan kalau ini dialami anak di sekolah. Pastinya, ini membuatnya sulit sekali berkonsentrasi belajar.

Kalau tidak sarapan pagi menjadi sebuah kebiasaan, pastinya akan memengaruhi performa akademis anak. Bisa-bisa ia mendapatkan nilai yang buruk karena tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Itu sebabnya, ada baiknya Ibu membiasakan anak untuk tidak melewatkan sarapan pagi.

Dilansir dari WebMD, anak yang rutin sarapan cenderung memiliki nilai akademis lebih baik ketimbang anak yang meninggalkan kebiasaan tersebut. Kabarnya, malah anak yang jarang sarapan pagi mengaku alami kesulitan menerima dan menyerap pelajaran di sekolah.

 

4. Melengkapi Kebutuhan Gizi

Manfaat sarapan pagi lainnya adalah dapat melengkapi kebutuhan gizi anak. Tahukah Ibu kalau anak memiliki kadar nutrisi yang harus didapatkan setiap harinya. Nah, kebanyakan dari nutrisi tersebut seharusnya dikonsumsi sebelum anak melakukan kegiatan. Hal ini karena waktu makan siang dan malam hanya tinggal melengkapi kebutuhan hariannya saja.

Biasanya, anak yang rutin sarapan lebih mungkin memenuhi asupan nutrisi hariannya daripada anak yang tidak. Untuk itu, Ibu harus bisa menyiapkan menu sarapan sehat yang baik untuk kesehatan anak.

 

5. Menjaga Kesehatan Mental Anak

Manfaat sarapan pagi selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mental anak. Berdasarkan jurnal Public Health Nutrition, ada hubungan yang kuat antara sarapan pagi yang sehat dan meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Bayangkan, anak dipaksa untuk belajar dan beraktivitas tanpa ada sumber energi yang masuk. Apa yang akan kira-kira terjadi? Pastinya, anak akan merasa tertekan dan stres. Alhasil, anak tidak akan mengerjakan tugas dengan maksimal. Bahkan, ia akan bad mood untuk mengerjakannya. Tentunya, bila hal ini terus terjadi, anak bisa mengalami masalah mental.

Itu tadi manfaat sarapan pagi yang perlu Ibu ketahui. Sebelum berangkat sekolah, jangan lupa pula berikan segelas MILO 3in1 sebagai pelengkap nutrisi. Produk MILO ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Sarapan

5 manfaat sarapan pagi untuk anak aktif Sarapan
5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak Aktif

Mengapa anak suka melewatkan waktu sarapan pagi? Salah satu alasannya karena takut terlambat atau tidak suka dengan menu sarapan pagi anak yang

biasakan anak sarapan pagi yang sehat dengan 6 cara Ini Sarapan
Biasakan Anak Sarapan Pagi yang Sehat dengan 6 Cara Ini

Anak Ibu sering kali meninggalkan sarapan paginya ketika mau berangkat sekolah? Ada baiknya kebiasaan tersebut harus ditinggalkan saat ini juga. Ini

4 pilihan makanan menu sarapan sehat untuk anak Sarapan
4 Pilihan Makanan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Tahukah Ibu apa hal terpenting yang wajib dilakukan anak sebelum berangkat ke sekolah? Yup, menyantap sarapan sehat untuk anak sangat penting

resep menu sarapan pagi sehat yang baik Aktivitas
5 Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Baik untuk Mood Anak

Tahukah Ibu kalau sarapan pagi yang sehat dibutuhkan anak untuk menjalani aktivitas kesehariannya? Coba bayangkan kalau anak tidak sarapan pagi di

Susu Coklat untuk Mengawali Hari dengan Positif Aktivitas
Pentingnya Minum Susu Coklat untuk Mengawali Hari dengan Positif

Apa yang biasanya membuat mood anak berantakan ketika di pagi hari? Pastinya, karena ia harus bangun pagi dan buru-buru ke sekolah dan tidak ada waktu

manfaat susu coklat saat diminum pagi hari Aktivitas
4 Manfaat Susu Coklat saat Diminum Pagi Hari

Anak termasuk yang lebih menyukai susu coklat dibanding putih? Tenang, Ibu tak perlu khawatir. Manfaat susu coklat juga tak kalah dengan susu putih,

Sarapan Pagi untuk Daya Tahan Tubuh Aktivitas
5 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi untuk Dukung Daya Tahan Tubuh

Terkadang, anak-anak bertanya mengapa kita harus sarapan pagi? Biasanya, pertanyaan ini muncul karena mereka belum paham pentingnya sarapan pagi.

Kreasi Sarapan Pagi yang Sehat dan Bernutrisi Aktivitas
4 Kreasi Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Kaya Nutrisi

Anak merasa tidak tertarik atau memiliki nafsu makan saat pagi hari? Jangan-jangan ini karena menu sarapan yang disediakan Ibu dianggap itu-itu saja.

Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak Aktivitas
Ibu, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Bantu Anak Memiliki Kebiasaan Baik

Pernahkah Ibu berpikir apa itu sarapan? Menurut Ibu apa artinya? Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang biasanya dilakukan pada pagi hari.