05 July 2022

5 Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Baik untuk Mood Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau sarapan pagi yang sehat dibutuhkan anak untuk menjalani aktivitas kesehariannya? Coba bayangkan kalau anak tidak sarapan pagi di rumah. Pastinya, ia tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas. Konsentrasinya pun tidak baik karena ia merasa sangat lapar. 

Untuk itu, pastikan anak mendapatkan sarapan pagi yang sehat sebelum berangkat ke sekolah. Ini supaya fisik dan mental anak terjaga, sehingga proses belajar di sekolah berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa rekomendasi sarapan yang bisa Ibu coba untuk melengkapi nutrisi anak. 

 

1. Nasi Goreng

Apa yang Ibu lakukan pada nasi sisa kemarin malam? Jangan dibuang dulu, Bu. Jika masih belum berbau atau berair, Ibu bisa mengolahnya menjadi nasi goreng. Menu makanan yang satu ini pasti sulit ditolak anak untuk sarapan pagi. Ini tidak lain berkat rasanya yang gurih dan lezat. 

Sajian Nasi Goreng kaya akan energi karena bahan utamanya mengandung karbohidrat. Ibu bisa menambahkan kandungan nutrisi dengan memberikan sayur-sayuran, seperti brokoli, sawi, wortel, dan juga tauge. Selain itu, bisa pula menambahkan jamur, telur, atau potongan ayam supaya sajian nasi goreng untuk anak menjadi sarapan pagi sehat.  

Untuk membuatnya lebih menarik, Ibu bisa membentuk nasi goreng menjadi bentuk hati, beruang, atau tokoh kartun kesukaan anak. Pastinya, anak makin semangat mengonsumsi menu sarapan ini. 

 

2. Bubur Ayam

Bubur Ayam bisa menjadi menu pembuka santapan harian anak sebelum sekolah. Tidak hanya gurih dan lezat, menu ini juga mudah dicerna dan memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

Bubur ayam sendiri terbuat dari nasi yang merupakan sumber energi berupa Karbohidrat. Selain itu, dalam penyajiannya, menu sarapan pagi ini disertai dengan topping yang bisa menjadi asupan protein anak, seperti suwiran ayam, potongan cakwe, bawang goreng, hingga seledri. 

Mengonsumsi sajian bubur ketika sarapan juga akan membuat anak kenyang lebih lama, lho! Hal ini tentu saja akan membuat anak enggan jajan sembarangan di sekolah. 

 

3. Nasi Kuning

Sarapan pagi yang sehat berikutnya adalah Nasi Kuning. Menu makanan ini sebenarnya sudah dikenal di Pulau Jawa sejak lama, sehingga menjadi salah satu menu sarapan yang khas. 

Namun, lauk pelengkap nasi kuning akan berbeda di beberapa daerah. Misalnya, ada yang menambahkan perkedel dan serundeng sebagai sajian pendampingnya, ada pula yang berupa irisan telur dadar dan tempe orek.

Apapun lauk pendampingnya, sajian Nasi Kuning tetap memberikan tambahan nutrisi yang sehat untuk anak di pagi hari. Ibu pun bisa berkreasi dengan menambahkan lauk yang disukai anak, seperti ayam goreng, daging empal, dan sambal goreng ati. Pastinya, ini akan membuat perut anak full

 

4. French Toast

Bentuknya memang terkadang tak terlihat mengenyangkan. Namun ternyata, efeknya sebaliknya, lho. French Toast kaya akan kalori yang bisa membuat perut kenyang. Sajian ini pun rendah lemak, sehingga baik untuk anak yang sedang menurunkan berat badan. 

Selain menjadi menu sarapan pagi yang sehat, French Toast juga pas sebagai bekal anak ke sekolah.  Supaya lebih sehat lagi, Ibu bisa menambahkan madu, aneka selai, telur, lettuce, daging asap, atau ayam fillet crispy. Jangan lupa perkaya gizi anak dengan susu coklat kotak yang mudah dibawa dan disantap ya, Bu. 

 

5. Sandwich

Anak Ibu mungkin salah satu yang tidak terlalu menyukai sarapan berupa nasi yang lengkap dengan lauk pauknya. Biasanya, sarapan sejenis itu membuat perutnya terasa begah. 

Namun, tidak perlu khawatir, karena kebutuhan nutrisi dan energi anak tetap bisa terpenuhi lewat sajian sandwich sebagai menu sarapannya. Menu ini pun tergolong mudah sekali dibuat Ibu. 

Ibu cukup menyiapkan roti tawar dan isiannya, berupa selada, keju, dan potongan dada ayam (dikukus, direbus, atau dimasak sesuai selera). Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa roti dan pilih selada yang masih segar ya, Bu. 

Berikan anak sarapan yang lengkap di pagi hari agar ia berenergi dan siap menjalankan aktivitasnya. Dapatkan inspirasi menu sarapan untuk anak lainnya di sini. Untuk melengkapi menu sarapan pagi yang sehat, Ibu juga bisa memberikan minuman dengan kandungan susu seperti MILO 3in1. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt yang menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.