14 March 2022

4 Kreasi Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Kaya Nutrisi

Bagikan Artikel:

Anak merasa tidak tertarik atau memiliki nafsu makan saat pagi hari? Jangan-jangan ini karena menu sarapan yang disediakan Ibu dianggap itu-itu saja. Pantas saja, anak jadi malas dan memilih untuk skip jadwal makan tersebut. Ini saatnya, Ibu membuat sarapan pagi yang sehat dan penuh kreasi untuk anak.

Waktu yang mepet terkadang membuat Ibu enggan mempersiapkan makanan untuk sarapan pagi yang lebih bervariasi. Itu sebabnya, Ibu cenderung membuat menu sarapan pagi yang simple dibuat saja. Padahal, anak jadi bosan dengan menu yang monoton. Akibatnya, ia jadi tak bersemangat ketika harus sarapan.

Ibu harus paham sarapan pagi yang sehat sangat diperlukan anak untuk beraktivitas seharian. Ingat, sarapan adalah makanan yang pertama kali dikonsumsi anak dalam satu hari setelah ia puasa dalam tidur. Kalau anak melewatkannya, dari mana dia mendapatkan energi untuk berkegiatan?

Tenang, Ibu! Beberapa menu makanan sarapan pagi yang sehat mudah dibuat dan tidak pakai ribet, kok. Ini beberapa rekomendasi sarapan yang dapat Ibu buat dalam sekejap.

Baca Juga : Sarapan Sehat Untuk Anak Sekolah Sebelum Ujian

 

1. Nasi Goreng Wortel Sosis

Ibu masih memiliki sisa nasi kemarin malam? Ini saatnya Ibu membuat nasi goreng yang disukai anak. Menu makanan yang satu ini pasti sulit ditolak anak karena rasanya gurih dan juga lezat. Ada baiknya, ketika menumis nasinya, Ibu menambahkan mentega atau butter untuk menambah cita rasa.

Jangan lupa untuk menambahkan sayuran, seperti wortel dan kacang polong agar makanan ini menjadi menu sarapan pagi yang sehat. Tambahkan juga sosis goreng yang sudah disayat sehingga bentuknya mirip bunga bermekaran.

Lebih menggemaskan lagi, kalau Ibu menghias sepiring nasi goreng. Ibu bisa membentuknya seperti hati atau boneka beruang yang diselimuti telur dadar. Pastinya, anak jadi lebih bersemangat untuk menyantap sarapan paginya.

 

2. Kentang Panggang Brokoli

Anak bukan tipe yang mengonsumsi nasi ketika pagi hari dan lebih menyukai kentang goreng? Namun, Ibu tak ingin memberikan kentang yang berminyak sebagai makanan pertama anak sebelum berangkat ke sekolah. Tenang, ide variasi menu yang satu ini tak mungkin ditolak oleh anak.

Ibu bisa menyiapkan kentang utuh yang sudah dibersihkan dan direndam selama 10-15 menit dengan air garam. Lalu, potong menjadi bagian yang lebih tipis dan kecil. Kentang-kentang tersebut kemudian dioleskan dengan butter atau mentega yang sudah dicampur tumbukan bawang putih. Kemudian, tambahkan sejumput lada dan masukan ke dalam pemanggang hingga matang.

Jangan lupa tambahkan brokoli yang sudah dikukus atau dioseng sebagai pelengkap menu tersebut. Pastinya, menu sarapan pagi yang sehat ini menggugah selera anak. Kentang yang crunchy di bagian luar, tetapi lembut di bagian dalam. Ditambah rasanya gurih dan membuat ketagihan. Tak lupa brokoli yang rasanya tak kalah menarik. Untuk pilihan, Ibu bisa menambahkan keju yang mudah meleleh di atas brokolinya, lho. Yummy!

 

3. Sandwich Ayam Lettuce

Menu sarapan pagi simple yang satu ini bisa menjadi pilihan Ibu ketika telat bangun untuk mempersiapkan kebutuhan anak pada pagi hari. Ibu hanya memerlukan roti tawar, ayam tepung yang sudah digoreng atau ayam kukus tanpa kulit, serta selada. Ibu bisa menambahkan keju, tomat, ataupun saus wijen di dalam tumpukan sandwich tersebut supaya tambah padat.

Meskipun sederhana dan mudah dibuat, rekomendasi sarapan pagi yang satu ini memiliki komposisi nutrisi yang seimbang, lho. Ada roti sebagai karbohidrat, ayam yang memenuhi kebutuhan protein, serta selada yang kaya akan serat. Tampaknya, porsi yang cukup dapat membuat performa anak di sekolah baik di hari itu.

 

4. Bubur Kacang Hijau

Biasanya, menu bubur kacang hijau disantap orang ketika musim penghujan tiba atau sedang merasa tidak enak badan. Namun ternyata, bisa juga menjadi pilihan makanan untuk sarapan pagi anak sebelum beraktivitas di sekolah, lho. Menu yang satu ini bisa membuat anak merasa full hingga siang hari tiba. Ditambah lagi kacang hijau yang kaya protein dapat menguatkan daya tahan tubuh anak.

Ibu bisa menyiapkan menu rekomendasi sarapan ini sejak malam, lho. Setelah jadi, masukan ke dalam kulkas. Keesokan paginya, Ibu tinggal menghangatkannya saja. Ibu bisa menambahkan minuman coklat dan juga roti tawar sebagai pelengkapnya.

 

Pilih minuman yang kaya nutrisi seperti MILO 3in1 untuk memulai hari anak. MILO 3in1 dengan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO 3in1 juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Perlu Ibu ingat, seiring bertambahnya usia (5-15 tahun), anak memasuki periode tumbuh aktif. Pada periode ini, perkembangan fisik, kognitif, dan karakter anak berlangsung pesat dan signifikan. Tentunya, hal ini perlu didukung dengan asupan energi dan nutrisi yang tepat. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang cara mendukung periode tumbuh aktif anak dan kebutuhan energinya di masa tersebut dengan klik di sini.

Nah, bagaimana Ibu? Menyiapkan menu sarapan pagi yang sehat untuk anak tidak sulit bukan. Ibu juga bisa mendapatkan inspirasi sarapan lainnya dari MILO di sini. Selamat mencoba!

 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

menanamkan kepada anak pentingnya olahraga Aktivitas
Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah

siapkan 4 hal ini saat anak mau berangkat sekolah Aktivitas
Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu

alasan usia ideal masuk SD adalah 7 tahun Aktivitas
Alasan Usia Ideal Masuk SD adalah 7 Tahun

Walau terlihat mudah, ternyata permasalahan memilih sekolah untuk anak cukup pelik, Ibu. Apalagi untuk anak yang baru akan merasakan jenjang

6 contoh sikap optimis untuk diajarkan kepada anak Aktivitas
6 Contoh Sikap Optimis untuk Diajarkan kepada Anak

Tahukah Ibu ternyata sikap optimis dibutuhkan anak juga dalam tahap perkembangannya. Anak pastinya memiliki impian atau target tertentu dalam

 5 cara meningkatkan percaya diri anak yang ampuh Aktivitas
5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh

Ibu pastinya sering mendengar istilah insecure digunakan dalam social media. Bahkan, beberapa kali anak menyebutkan kata tersebut di depan Ibu ketika

dukung perkembangan karakter anak dengan 4 cara Ini! Aktivitas
Dukung Perkembangan Karakter Anak dengan 4 Cara Ini!

Ibu merasa ada perubahan karakter anak ketika ia memasuki usia abege atau remaja? Anak yang tadinya penurut dan mudah senyum, berubah menjadi

mengenal 4 tahap perkembangan kognitif pada anak Aktivitas
Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Kecerdasan kognitif anak ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya, lho. Anak harus mendapatkan rangsangan tertentu agar kemampuan tersebut muncul.

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Anak Aktivitas
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik

Mengapa aktivitas fisik itu penting untuk anak? Ya, semestinya Ibu jangan senang kalau anak hanya lebih suka berdiam diri saja di rumah. Bahkan, tidak

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Anak Aktivitas
Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu