14 March 2022

Ibu, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Bantu Anak Memiliki Kebiasaan Baik

Bagikan Artikel:

Pernahkah Ibu berpikir apa itu sarapan? Menurut Ibu apa artinya? Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang biasanya dilakukan pada pagi hari. Kabarnya, jadwal makan pada pagi hari ini paling penting untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat Ibu makin penasaran sebenarnya apa saja manfaat sarapan pagi?

Sebelum mengetahui manfaat sarapan pagi, Ibu harus paham kalau waktu makan yang satu ini merupakan yang pertama dalam satu hari. Hal ini karena tubuh kita berpuasa, tidak makan dan minum, selama tidur pada malam hari. Kalau misalnya anak melewati jadwal sarapan tersebut, bisa-bisa ia merasa kelaparan ketika beraktivitas di sekolah.

Akibat tidak sarapan pagi biasanya sangat berpengaruh terhadap performanya selama sekolah. Mulai dari sulit berkonsentrasi hingga merasa kelelahan sepanjang hari karena kurangnya energi. Kurang darah dan pertumbuhan terganggu juga bisa menjadi bahaya tidak sarapan pagi terlalu sering.

Supaya Ibu semakin mengetahui manfaat sarapan pagi, cek beberapa alasan penting sarapan untuk anak berikut ini.

 

1. Manfaat Sarapan Pagi Membantu Anak Lebih Disiplin

Anak Ibu termasuk yang susah dibangunkan ketika harus bersiap untuk sekolah? Coba perhatikan, beberapa hal yang kurang atau tidak dilakukannya. Tampaknya, anak juga sering melewatkan sarapan pagi karena terburu-buru untuk berangkat sekolah. Ada baiknya hal ini sekarang tidak dilakukan lagi, ya.

Melewatkan waktu sarapan dapat membuat anak sulit konsentrasi selama beraktivitas seharian. Untuk itu, Ibu harus membiasakan dan memastikan anak untuk menyantap makan pagi tersebut sebelum ke sekolah. Coba dengan memberikan atau membuat menu-menu favorit anak pada pagi hari.

Hal ini membuat anak bersemangat untuk bangun lebih pagi. Jangan heran kalau melihatnya bangun tidur sendiri tanpa paksaan Ibu. Ada baiknya bila anak sudah mulai terbiasa bangun pagi, Ibu harus kreatif memilihkan menu sarapan yang penuh nutrisi. Ini supaya tidak malas-malasan bangun lagi. Tanpa disadarinya, Ibu melatih anak untuk disiplin mempersiapkan diri sebelum ke sekolah.

Baca Juga : Nutrisi Wajib di Menu Sarapan Sehat Untuk Anak

 

2. Terbiasa Buat Persiapan Matang

Manfaat sarapan pagi lainnya adalah membuat anak terbiasa mempersiapkan diri lebih matang. Mengapa demikian? Pastinya, Ibu setiap harinya akan bangun lebih pagi untuk mempersiapkan keluarga sarapan pagi. Bahkan terkadang, pada malam sebelumnya, Ibu sudah memotong bahan makanan supaya pada pagi harinya tinggal dimasak.

Melihat kebiasaan Ibu tersebut, anak tanpa menyadari belajar memahami konsep persiapan matang. Ia juga tidak lagi terburu-buru ketika pagi hari. Misalnya, anak mulai mempersiapkan buku ataupun tugas dan memasukkannya ke dalam tas pada malam harinya.

Anak juga sudah menata seragam yang akan dipakai untuk ke sekolah. Jadi, ketika bangun dan selesai mandi, ia tidak perlu bingung mencari kemeja atau dasi yang semestinya dipakai. Jangan kaget kalau anak request menu makanan untuk sarapan dan bekal sekolahnya kepada Ibu. Itu artinya, konsep persiapan matang sudah dipahami anak.

 

3. Mengetahui Pentingnya Sarapan Pagi

Sarapan pagi sudah menjadi kebiasaan anak. Ketika suatu hari jadwal makan tersebut terlewat, anak merasa ada yang kurang. Misalnya, merasa mengantuk dan lelah ketika belajar di kelas. Selain itu, rasa lapar membuat perut bergejolak dan ini membuat anak kesulitan untuk berkonsentrasi ketika harus menerima pelajaran.

Karena sudah mengalami hal tersebut, anak jadi tidak ingin melewatkan sarapan. Ada baiknya, Ibu juga memberitahu risiko melewatkan sarapan. Salah satunya adalah rentang mengurangi kecerdasan kognitif dan akademis, daya tahan tubuh menjadi rendah, bahkan tumbuh kembang anak aktif pun bisa tidak berjalan lancar. Pastinya, anak tak ingin hal tersebut terjadi terhadapnya.

 

4. Paham Makanan dan Minuman Bernutrisi

Nutrisi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak aktif. Apalagi bertambahnya usia, membuat kebutuhan gizi pun berubah. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan makronutrien dan mikronutrien anak.

Perlu Ibu ketahui, pada usia 5-10 tahun, anak memasuki periode tumbuh aktif. Pada periode ini, anak akan mengalami perkembangan signifikan dari aspek fisik, kognitif, dan karakternya. Ketiga aspek ini akan berkembang secara optimal bila didukung dengan stimulasi untuk terus bergerak aktif juga kebutuhan nutrisi yang terpenuhi.

Jika nutrisi anak terpenuhi, tentunya perkembangan fisik, kecerdasan kognitif, serta kepribadian anak bisa berjalan lancar. Kebiasaan sarapan pagi juga dapat membuat anak mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang bergizi dan dibutuhkan tubuhnya. Dengan demikian, anak akan menjauhi mengonsumsi makanan sembarangan saat berada di sekolah.

 

Supaya nutrisi untuk pertumbuhan anak aktif terpenuhi, lengkapi menu sarapan pagi dengan MILO 3in1. MILO 3in1 dengan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO 3in1 juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Nah, itu dia manfaat sarapan pagi yang wajib Ibu ketahui untuk mendukung periode tumbuh aktif anak. Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang periode tumbuh aktif anak, cek di sini ya, Bu.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.