Manfaat Sarapan Untuk Anak

Pagi hari adalah salah satu saat tersibuk di rumah. Banyak yang harus dikerjakan dalam waktu yang sempit, sehingga kadang kita melewatkan sarapan. Padahal, sarapan itu penting banget loh, Bu. Apalagi untuk anak Ibu yang harus menjalani sederet aktifitas seharian.

 

Mengapa sarapan penting?

Sarapan adalah kegiatan makan dan minum setelah bangun tidur sampai jam 09.00 pagi. Sarapan dibutuhkan karena di pagi hari cadangan energi dan nutrisi dalam tubuh sudah berkurang setelah semalam tidur dan tidak ada asupan energi dan nutrisi dari makanan/ minuman. 

Berbagai penelitian membuktikan beberapa manfaat sarapan untuk anak:

  • Sarapan berkontribusi terhadap 20-30 persen pemenuhan kebutuhan energi dan zat gizi harian anak yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat dan pendukung akifitas hariannya, serta mental yang terjaga.
  • Sarapan membantu pemenuhan berbagai kebutuhan zat gizi penting, seperti: zat besi, Vitamin B, Vitamin D, Vitamin C  dan serat yang kadang jumlahnya kurang ketika makan siang atau makan malam.
  • Dengan sarapan, anak lebih fokus, daya ingat lebih baik dan dapat berkonsentrasi dalam belajar. Anak – anak yang sarapan rata-rata mendapat nilai yang lebih tinggi dibanding anak yang tidak sarapan.
  • Anak-anak yang biasa sarapan cenderung memiliki berat badan normal. Sebaliknya, anak-anak yang tidak sarapan cenderung memiliki berat badan berlebih karena disaat makan siang cenderung menghabiskan porsi yang lebih besar dan sering ngemil sepanjang hari. 
Tips menu sarapan anak
  • Menu sarapan untuk anak sebaiknya mengacu pada panduan gizi seimbang, yaitu mengkonsumsi bervariasi makanan dengan porsi sesuai kebutuhan anak.
  • Pilihlah bahan makanan untuk sarapan yang mengandung 3-4 kelompok bahan makanan seperti berikut:

1.  Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat: roti, roti gandum, cereal, nasi, oatmeal, kentang.

2.  Lauk pauk sebagai sumber protein: susu, telur, ayam, tahu dan tempe, yoghurt.

3.  Buah: pisang, apel, jeruk, strowberi, papaya.

4.  Sayur: tomat, ketimun, selada, buncis, wortel.

Setelah mengetahui pentingnya sarapan, jangan lupa untuk selalu menyediakan sarapan yang bergizi untuk anak Ibu setiap pagi ya. Berikut contoh menu sarapan praktis yang bergizi:

Aneka Breakfast Cereal
  • 1 mangkok breakfast cereal (sumber karbohidrat kompleks, berbagai Vitamin B dan beberapa mineral)
  • 1 butir telur rebus (sumber protein, zat besi)
  • 1 gelas Milo (sumber karbohidrat, vitamin B dan mineral zat besi)
  • 1 buah: pisang (sumber kalium, Vitamin A)
Aneka Nasi
  • Nasi goreng, baked rice, nasi putih (sumber karbohidrat)
  • Telur ceplok/dadar/omelet, keju  (sumber protein, zat besi, kalsium)
  • Segelas Milo (sumber karbohidrat, vitamin B dan mineral zat besi)
  • Tomat dan ketimun: (sumber serat, vitamin dan mineral)
  • 1 buah jeruk (sumber serat, Vitamin C, A dan kalium)

 

 

 

 

Prepared by Sari Sunda Bulan