01 September 2022

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Bagikan Artikel:

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun semakin tinggi. Untuk itu, Ibu harus mempersiapkan makanan dan minuman bergizi untuk melengkapinya. Salah satunya dengan memberikan pelengkap nutrisi seperti susu sachet.

Apa saja jenis nutrisi yang dibutuhkan anak? Salah satunya adalah kalsium. Mineral yang satu ini punya peranan penting terhadap pertumbuhan anak, lho. Terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga membantu perlancar peredaran darah. Makanya, jangan heran kalau ada Ibu yang memberikan susu tinggi kalsium untuk anak.

Sebenarnya, berapa gelas susu kalsium tinggi dibutuhkan anak setiap harinya? Menurut Dietary Guidelines pada tahun 2010, anak berusia 4-8 tahun mengonsumsi dua setengah gelas susu (1000 Mg) perhari. Untuk anak 9 tahun ke atas, memerlukan tiga gelas susu (1.300 Mg) setiap harinya.

Salah satu pelengkap nutrisi yang bisa menjadi pilihan minuman anak adalah susu sachet MILO. Apakah susu MILO tinggi kalsium? Perlu Ibu ketahui, kalsium susu MILO sachet ada sekitar 20%. Ini artinya, bisa dikonsumsi sebagai tambahan kalsium anak. Ibu tetap harus memberikan makanan sehat yang kaya akan kalsium juga.

Baca Juga : 4 Menu Minuman Ini bisa Dibuat dari Susu Sachet Coklat

Itu sebabnya, Ibu disarankan menyajikan susu sachet MILO untuk anak. Ini supaya anak mendapatkan persediaan kalsium yang cukup sekaligus mendapatkan manfaatnya. Kira-kira apa saja manfaat kalsium untuk anak? Cek beberapa daftarnya berikut ini.

 

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Perlu Ibu pahami, tubuh anak sebenarnya sudah memiliki cadangan kalsium sendiri. Letaknya ada di dalam tulang. Ketika tubuh kekurangan kalsium, secara otomatis tubuh akan mengambil cadangan tersebut. Sayangnya, hal ini membuat kepadatan tulang berkurang. Akibatnya, tulang akan sulit tumbuh normal dan rapuh. Itu sebabnya, tubuh anak membutuhkan kalsium tambahan dari luar.

Salah satu manfaat mineral tersebut memang untuk menjaga kepadatan tulang dan juga membantu pertumbuhannya. Menepati kebutuhan harian kalsium setiap hari, dapat membuat anak tumbuh tinggi secara optimal. Selain itu, mineral tersebut juga mengurangi risiko munculnya masalah tulang. Misalnya, penyakit osteoporosis. Tulang pun tumbuh kuat dan tak mudah rusak.

 

2. Melindungi Jantung

Sudah dikatakan sebelumnya, kalsium dalam susu sachet juga dapat membuat kebutuhan hariannya terpenuhi. Fungsi mineral ini lainnya berkaitan dengan jantung, lho. Sebenarnya, nutrisi yang satu ini diperlukan ketika proses pembekuan darah dan juga menjaga otot jantung agar detak teratur.

Kalsium juga bantu mengontrol proses pemompaan darah. Mineral tersebut dapat mengurangi hipertensi. Tentunya, hal ini membuat jantung anak bisa bekerja lebih baik lagi tanpa gangguan.

 

3. Mendukung Kerja Sistem Saraf

Apa hubungan kalsium terhadap otak? Beberapa Ibu bertanya-tanya soal tersebut. Perlu diketahui, otak anak bekerja berdasarkan sinyal yang didapat. Kalau sinyal tersebut terhambat, koordinasi antara otak dan organ tubuh lainnya bisa tidak sinkron. Nah, kalsium dibutuhkan untuk memperlancar proses pengiriman sinyal dari otak ke bagian tubuh lainnya.

Mineral ini juga bisa jadi obat penenang alias pemberi rasa relaks alami di sistem saraf. Tentunya, ini akan mengurangi ketegangan di sistem saraf tersebut.

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu sachet yang kaya akan kalsium juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana caranya? Jadi, mineral yang satu ini dapat membuat aktif enzim-enzim penting.

Beberapa enzim ini penting untuk memproduksi energi dan juga menguatkan daya tahan tubuh. Pastinya, ini membuat tubuh anak terhindar dari sejumlah penyakit, bakteri, virus, serta jamur.

 

5. Mengatur Kontraksi Otot

Salah satu otot yang didukung kontraksinya oleh kalsium adalah jantung. Seperti apa prosesnya? Secara mudah, dijelaskan bahwa ketika saraf merangsang otot, ada kalsium yang dilepaskan. Hal inilah yang membuat protein dalam otot bisa berkontraksi. Otot pun menjadi lebih rileks ketika mineral tersebut dipompa keluar otot.

Bagaimana Ibu, sudah paham soal manfaat kalsium? Lengkapi kebutuhan kalsium anak dengan memberikannya minuman susu sachet MILO. Pilihlah MILO Active-Go yang memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Milo RTD

manfaat minum susu coklat setelah makan Milo RTD
Manfaat Minum Susu Coklat Setelah Makan

Semakin bertambahnya usia anak, tentunya nutrisi yang dibutuhkan pun bertambah banyak. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan gizi hariannya.

5 makanan penambah energi setelah olahraga Milo RTD
5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan

mau konsumsi makanan rendah gula? cek 6 sayuran Ini Milo RTD
Mau Konsumsi Makanan Rendah Gula? Cek 6 Sayuran Ini

Tentunya, makanan kaya nutrisi wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk menyajikan makanan rendah gula. Padahal, bila

4 inspirasi kerajinan dari susu kotak UHT yang mudah ditiru Milo RTD
4 Inspirasi Kerajinan dari Susu Kotak UHT yang Mudah Ditiru

Susu kotak UHT bisa menjadi andalan Ibu ketika harus membawa bekal anak ke sekolah. Kemasannya yang praktis membuat jenis susu ini mudah dikonsumsi

manfaat minuman coklat bubuk sachet sebelum sekolah Milo RTD
Manfaat Minuman Coklat Bubuk Sachet Sebelum Sekolah

Minuman coklat bubuk hangat atau dingin selalu menjadi favorit anak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan lezat menjadi daya tarik utamanya. Namun,

4 manfaat susu UHT coklat untuk asupan energi anak Milo RTD
4 Manfaat Susu UHT Coklat untuk Asupan Energi Anak

Ketika usia anak bertambah, kegiatan yang diikuti pun makin banyak. Tak jarang aktivitas yang dipilih berhubungan dengan fisik. Hal ini membuatnya

wajib tahu, Ini 5 manfaat kalsium dalam susu sachet Milo RTD
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun

manfaat susu coklat kotak untuk bekal anak Milo RTD
Manfaat Susu Coklat Kotak untuk Bekal Anak

Anak pastinya sibuk seharian di sekolah. Tak jarang karena kesibukannya itu, anak sering melupakan kebutuhan nutrisinya. Padahal, ia memerlukannya

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah Milo RTD
4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah

Saat anak memasuki usia sekolah, Ibu harus mempersiapkan dan memerhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi anak. Perlu Ibu pahami