23 February 2022

Manfaat Sarapan Pagi Agar Otak Anak Bekerja Lebih Optimal

Bagikan Artikel:

Apakah kamu sarapan sebelum berangkat ke sekolah? Bila Ibu dan anak tipe orang yang suka melewatkan sarapan pagi, lebih baik mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut. Ini karena anak jadi tidak mendapatkan manfaat sarapan pagi ketika akan beraktivitas. Bisa-bisa performanya selama di sekolah kurang maksimal.

Mengapa sarapan itu penting? Saat berada di sekolah, anak akan melakukan sejumlah aktivitas. Tentunya, hal tersebut membuat tubuh memerlukan pasokan energi. Sedangkan energi tersebut didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Bayangkan kalau anak tidak mendapatkan sarapan. Pastinya secara otomatis tubuh akan mengambil cadangan energi dari bagian tubuh lainnya. Apa yang terjadi kalau itu habis? Anak akan merasa lelah dan lemas seharian. Kondisi tersebut juga menyulitkan anak untuk berkonsentrasi.

Supaya lebih jelasnya, berikut manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah. Terutama fungsinya yang terkait performa dan perkembangan otak.

 

1. Mempertajam Daya Ingat

Tahukah, Ibu? Konsumsi sarapan sangat erat hubungannya dengan daya ingat dan konsentrasi anak, lho. Beberapa penelitian menemukan, orang yang rutin mengonsumsi sarapan cenderung memiliki tingkat konsentrasi, ingatan, dan energi lebih tinggi dibanding yang tidak sarapan. Mereka juga lebih waspada terhadap bahaya. Mengapa bisa muncul kondisi demikian?

Perlu diingat, anak mengalami puasa panjang sekitar 10-12 jam pada malam hari ketika tidur. Hal ini membuat tekanan gula darah rendah pada pagi hari. Nah, mengonsumsi menu sarapan pada pagi hari dapat menaikkan kadar gula darah. Hal ini berguna supaya mood anak seharian baik, mempertajam memori, dan juga energi yang didapat lebih banyak.

Baca Juga : Pentingnya Sarapan Pagi untuk Membangun Kebiasaan Baik Anak

 

2. Meningkatkan Performa Belajar

Apa sih, yang tubuh rasakan ketika lapar? Pastinya, cranky, bad mood, dan sulit sekali untuk berkonsentrasi. Bayangkan kalau kondisi ini muncul ketika anak tengah belajar di sekolah. Pastinya, anak rentan tidak bersemangat mengikuti pelajaran. Akibatnya, anaknya juga jadi sulit menerima informasi baru.

Menurut sejumlah penelitian, anak sekolah yang rutin sarapan setiap pagi cenderung memiliki nilai dan performa akademis yang lebih baik. Sedangkan, anak yang jarang sarapan cenderung memiliki masalah penerimaan pelajaran.

 

3. Menambah Kecepatan Berpikir

Pernahkah Ibu menemukan anak yang memberikan reaksi lambat ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, atau lebih lambat menyerap informasi dibanding anak-anak seusianya? Mengapa bisa demikian, ya?

Salah satu penyebabnya adalah kurang nutrisi. Perlu Ibu tahu juga, kebanyakan nutrisi harian didapatkan lewat sarapan pagi, lho. Tentunya, nutrisi ini diperlukan otak dan tubuh anak untuk menghadapi aktivitas sekolah. Manfaat sarapan pagi lainnya adalah menambah kecepatan berpikir. Anak jadi bisa berpikir kritis, memecahkan masalah, dan percaya diri.

 

4. Mengurangi Risiko Stres

Ibu perlu memahami, otak anak memerlukan asupan nutrisi untuk bekerja. Apa jadinya bila otak dipaksa bekerja tanpa adanya pemasukan energi dan makanan? Selain anak akan merasa lelah, kerja keras otak ini juga menimbulkan stres.

Anak rentan merasa tidak betah ketika belajar di sekolah. Bahkan, menimbulkan sikap-sikap negatif, seperti jadi pemarah atau lebih sering mengeluh dari biasanya. Manfaat sarapan pagi salah satunya memenuhi kebutuhan nutrisi otak. Hal ini secara tidak langsung membuat otak anak lebih relaks dan siap menghadapi pelajaran.

Nah, sarapan belum cukup rasanya tanpa segelas MILO 3in1 Sachet. Minuman coklat berenergi membantu melengkapi manfaat sarapan pagi untuk anak. Ini karena dalam segelas MILO terdapat kandungan vitamin dan mineral, seperti Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, serta Zat Besi. Cocok sekali sebagai pelengkap sarapan anak. Pastinya, anak akan menerima 100% energi dari minuman coklat MILO tersebut.

 

Tunggu apalagi, Bu? Yuk, mulai kebiasaan sarapan pagi sejak dini. Pastikan menyediakan menu-menu pagi yang sehat dan kaya nutrisi. Ibu juga bisa intip inspirasi menu sarapan dari MILO di sini, lho.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,