Pentingnya Sarapan Pagi untuk Membangun Kebiasaan Baik Anak

Bagikan Artikel:

Beberapa anak mungkin sering bertanya, apa pentingnya sarapan pagi? Pertama-tama, kebiasaan makan ini baik untuk memberikan asupan nutrisi ketika anak ingin beraktivitas. Misalnya, memenuhi kebutuhan kalori, protein, vitamin, C, D, dan juga B kompleks. Kebutuhan gizi ini berguna untuk membentuk energi anak yang aktif berkegiatan.

Walau terkadang anak enggan melakukannya, Ibu harus tetap membujuknya. Pentingnya sarapan pagi juga bisa mempengaruhi rutinitas dan kebiasaan anak, lho. Ini beberapa manfaat sarapan pagi.

 

1. Pola Makan Baik

Apakah kamu sarapan sebelum berangkat ke sekolah? Kalau iya, kebiasaan ini akan baik untuk anak. Perlu disadari sarapan adalah asupan makanan pertama yang masuk setelah 10-12 jam anak tidur malam. Kalau anak tidak makan sarapan, bisa-bisa perutnya terasa kosong saat berada di sekolah.

Tentunya kondisi seperti ini membuat anak jadi sulit konsentrasi di sekolah. Pikirannya hanya untuk cepat istirahat dan mencari jajanan. Anak pun cenderung memilih membeli camilan untuk memenuhi kebutuhan perutnya. Nah, Ibu tak bisa mengontrol makanan yang dibeli. Bisa jadi camilan itu kurang sehat dan tidak mengenyangkan. Hasilnya, tubuh anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Sedangkan bila anak mendapatkan sarapan pagi yang dapat memenuhi nutrisi, tentunya perut akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat keinginan anak jajan sembarangan pun berkurang. Kalau kebiasaan sarapan ini dilakukan, anak jadi terbiasa dengan pola makan sehat dan tahu makanan yang bergizi.

 

2. Melatih Disiplin

Satu lagi pentingnya sarapan pagi untuk anak. Ingat, tak semua anak terbiasa untuk bangun pagi. Apalagi anak-anak yang baru saja masuk sekolah. Tak heran kalau setiap pagi Ibu akan mengalami “drama” membangunkan anak. Ada saja alasannya untuk kembali lagi beristirahat di tempat tidur.

Coba Ibu memasak atau menyiapkan makanan kesukaannya untuk sarapan. Anak akan merasa ada alasan untuk bangun pagi dan mengonsumsi sajian tersebut. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali hingga anak dengan sendirinya terbiasa bangun pagi sendiri tanpa dibangunkan orang lain. Tanpa disadari, sarapan pagi membuat anak terbiasa bangun lebih pagi dan disiplin, lho.

 

3. Terbiasa Minum Air Putih Cukup

Pentingnya sarapan lainnya adalah untuk membiasakan anak mengonsumsi air putih cukup. Ketika tidur, anak tidak akan dapat mengonsumsi makanan dan minuman. Kondisi ini seperti puasa, tetapi terjadi dalam kurun waktu 10-12 jam. Tentunya, tubuh anak jadi kekurangan cairan, kan.

Dengan mengajak dan membiasakan sarapan pagi, anak akan mengonsumsi air putih yang cukup. Biasakan anak untuk minum sebelum dan sesudah menyantap sajian makanan, ya. Ibu juga bisa memberikan cairan lain, seperti susu coklat. Jangan lupa setelah mengonsumsinya, anak diminta minum air putih agar sisa rasa manis di tenggorokan hilang.

 

4. Meningkatkan Performa Akademis

Pentingnya sarapan pagi juga berhubungan dengan kemampuan serta nilai akademis anak, lho. Ibu tak percaya? Dilansir dari WebMD, anak yang rutin sarapan cenderung memiliki nilai akademis lebih baik ketimbang anak yang meninggalkan kebiasaan tersebut. Bahkan, anak-anak yang tak sarapan merasa sulit berkonsentrasi dan menerima pelajaran.

Apa yang Ibu rasakan ketika lapar? Biasanya mood jadi buruk dan juga lebih cranky. Kondisi ini juga dialami anak. Bayangkan ini terjadi ketika harus menerima pelajaran di sekolah. Aduh, pastinya apa pun yang diajarkan guru, seperti masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Kurangnya nutrisi akibat tidak sarapan juga bisa membuat aliran darah sulit mengalirkan oksigen serta gizi dengan lancar. Akibatnya, tubuh jadi lemas dan rasa kantuk pun menyerang. Rasanya tubuh ingin kembali ke tempat tidur. Untuk itulah pentingnya sarapan pagi harus diperhatikan.

 

Lengkapi sarapan pagi anak Ibu dengan MILO Activ-Go. Dengan menambahkan produk MILO dalam set sarapan, anak akan mendapatkan Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat besi. Pas sekali untuk anak yang perlu 100% energi saat beraktivitas.

Ay,o biasakan sarapan pagi untuk seluruh keluarga Ibu. Bila perlu resep ataupun inspirasi hidangannya, Ibu bisa mengeceknya di sini.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.