Pentingnya Aktivitas Fisik Bagi Pertumbuhan Anak

Kenapa aktivitas fisik itu penting untuk perkembangan anak? Dari umur berapa anak itu bisa dilatih? Pasti banyak pertanyaan ya Bu kalau sudah berhubungan dengan perkembangan anak. Yuk kita bahas tentang hal ini. 

Ketika anak Ibu ada di masa pertumbuhan sangat penting untuk rajin melakukan aktivitas fisik. Karena kegiatan tersebut akan membuat perkembangan anak Ibu menjadi lebih maksimal. Dan itu semua bisa dilatih dari usia dini ya Bu, dimana keterampilan anak Ibu perlu distimulasi dulu agar kebutuhan anak dalam hal kognitif, fisik, dan emosi juga bisa terpenuhi.

Ibu juga perlu memahami kemampuan motorik anak Ibu yang harus dilatih sesuai dengan usianya. Ibu bisa mengajak anak Ibu melakukan aktivitas fisik melalui permainan yang menyenangkan lho. Seperti melakukan olah raga, menari, bermain jungkat-jungkit, lari, atau bermain salah satu permainan tradisional seperti lompat tali.

Bisa juga melatih kecerdasan anak Ibu dengan memakai berbagai alat main seperti ayunan, sepeda, bermain bola, tali untuk memanjat, memakai jaring laba-laba, lorong untuk merangkak, dan sebagainya. Anak Ibu bisa bermain kapan saja dan Ibu bisa ikut bermain bersamanya.

Contohnya, ketika anak Ibu belajar naik sepeda roda dua, Ibu akan mengajari anak Ibu agar dia berani mencoba sesuatu yang baru. Anak Ibu juga belajar cara mengayuh sepeda dan cara menjaga keseimbangannya agar tidak jatuh dari sepeda. Untuk dapat lancar bersepeda, anak Ibu perlu latihan beberapa kali ya Bu.

Contoh lainnya, untuk anak Ibu yang sedang belajar menghafal kata-kata yang berlawanan, seperti kata “atas” dan “bawah”. Ibu bisa mengajaknya bermain bola sambil memberitahunya "kalau bola dilempar itu ke atas, kalau jatuh akan ke bawah". Dengan cara ini,  anak Ibu akan merasa sedang bermain bukannya belajar. Padahal secara tidak langsung, itu proses belajar yang fun untuk dia.

Kalau anak Ibu banyak bergerak, dia dapat memaksimalkan perkembangan fisiknya lho. Tapi apa hanya fisiknya saja yang berkembang? Tentu tidak Bu, kemampuan-kemampuan lainnya juga ikut terasah kok, seperti cara berpikirnya. Dan kalau aktivitas fisik dilakukan anak Ibu secara rutin dan didukung nutrisi yang tepat, dia bisa lebih sehat, lebih bersemangat setiap hari, jarang stress dan tentunya jadi lebih bahagia Bu. Jadi, ayo ajak anak Ibu melakukan aktivitas fisik ya.

 

 

 

Narasumber :

Sahening Dian Ardini, Psikolog

Konselor Anak & Keluarga