02 September 2022

Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Bagikan Artikel:

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu tandanya, Ibu harus ekstra persiapan.

Salah satu kegiatan sebelum berangkat sekolah yang wajib dilakukan adalah sarapan pagi. Tentunya, ini karena waktu makan tersebut sangatlah penting untuk kesehatan anak. Apalagi anak dalam kondisi tidak makan dan minum selama tidur malam.

Lalu, kira-kira hal apalagi yang harus dipersiapkan Ibu sebelum anak berangkat sekolah, ya. Berikut ini beberapa hal yang harus Ibu tahu.

 

1. Sarapan Pagi

Sarapan menjadi sajian makanan pertama yang dikonsumsi anak sebelum berangkat sekolah. Setidaknya Ibu bisa sebutkan 2 manfaat sarapan sebelum berangkat sekolah.

Berdasarkan jurnal Public Health Nutrition, ada hubungan yang kuat antara sarapan pagi yang sehat dan meningkatkan kesehatan mental seseorang Sedangkan dalam jurnal Psychological Medicine tahun 2020, menyatakan orang-orang yang sering melewati atau menunda sarapan pagi lebih berpotensi mengalami mood disorder.

Baca Juga : 5 Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Baik untuk Mood Anak

Selain kesehatan mental, sarapan pagi juga membuat anak terhindar dari masalah obesitas. Ini karena sarapan membuat kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Anak pun memiliki energi untuk bersekolah dan tentunya tak mudah lapar. Karena sarapan membuat kenyang lebih lama, anak juga akan terhindar dari jajan sembarangan. Terutama makanan manis dan junk food.

 

2. Seragam

Sebelum berangkat sekolah kita harus mempersiapkan seragam sekolah juga. Ada baiknya Ibu sudah mengecek jadwal pemakaian seragam. Jangan sampai salah, ya. Ini supaya anak tidak merasa malu. Jangan lupa juga untuk menyetrikanya dengan rapi dan diberi pewangi. Hal ini supaya seragam anak tetap harum dan terasa menyegarkan meskipun berada di sekolah seharian.

 

3. Buku dan Alat Tulis

Biasanya, anak suka ada barang yang tertinggal. Misalnya, ketinggalan pensil, penghapus, atau penggaris. Bahkan, tak jarang buku pelajaran juga ketinggalan. Untuk mengurangi potensi hal tersebut terjadi, Ibu bisa melakukan pengecekan jadwal mata pelajaran ketika malam hari.

Tentunya, lalu meminta untuk memasukkan buku dan alat tulis ke dalam tas. Jadi, ketika akan berangkat sekolah, tidak ada barang yang tertinggal.

Baca Juga : 6 Menu Sarapan Sehat Untuk Anak

 

4. Kumpulkan Informasi yang Lengkap

Ada baiknya, Ibu juga mengumpulkan informasi yang lengkap soal kegiatan sekolah anak. Jangan sampai terlewat bila ada pengumuman penting. Biasanya, guru wali kelas akan memberitahukannya di dalam WhatsApp Group atau ada surat yang diberikan pada hari sebelumnya. Ibu bisa biasakan diri mengecek pesan tersebut pada malam hari dan mengeceknya kembali sebelum berangkat sekolah. Ini supaya anak selalu update soal informasi sekolahnya.

Sebelum berangkat sekolah, jangan lupa pula berikan segelas MILO 3in1 hangat agar ia lebih siap menjalani kegiatannya di sekolah. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Produk MILO ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

menanamkan kepada anak pentingnya olahraga Aktivitas
Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah

siapkan 4 hal ini saat anak mau berangkat sekolah Aktivitas
Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu

alasan usia ideal masuk SD adalah 7 tahun Aktivitas
Alasan Usia Ideal Masuk SD adalah 7 Tahun

Walau terlihat mudah, ternyata permasalahan memilih sekolah untuk anak cukup pelik, Ibu. Apalagi untuk anak yang baru akan merasakan jenjang

6 contoh sikap optimis untuk diajarkan kepada anak Aktivitas
6 Contoh Sikap Optimis untuk Diajarkan kepada Anak

Tahukah Ibu ternyata sikap optimis dibutuhkan anak juga dalam tahap perkembangannya. Anak pastinya memiliki impian atau target tertentu dalam

 5 cara meningkatkan percaya diri anak yang ampuh Aktivitas
5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh

Ibu pastinya sering mendengar istilah insecure digunakan dalam social media. Bahkan, beberapa kali anak menyebutkan kata tersebut di depan Ibu ketika

dukung perkembangan karakter anak dengan 4 cara Ini! Aktivitas
Dukung Perkembangan Karakter Anak dengan 4 Cara Ini!

Ibu merasa ada perubahan karakter anak ketika ia memasuki usia abege atau remaja? Anak yang tadinya penurut dan mudah senyum, berubah menjadi

mengenal 4 tahap perkembangan kognitif pada anak Aktivitas
Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Kecerdasan kognitif anak ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya, lho. Anak harus mendapatkan rangsangan tertentu agar kemampuan tersebut muncul.

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Anak Aktivitas
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik

Mengapa aktivitas fisik itu penting untuk anak? Ya, semestinya Ibu jangan senang kalau anak hanya lebih suka berdiam diri saja di rumah. Bahkan, tidak

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Anak Aktivitas
Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu