01 September 2022

3 Manfaat Sarapan Pagi terhadap Pola Makan Anak

Bagikan Artikel:

Pastinya, Ibu sering bertanya-tanya terkait manfaat sarapan pagi. Ini karena banyak orang yang mewajibkan hal tersebut dilakukan sebelum anak berangkat sekolah. Sebenarnya, apa saja manfaat sarapan pagi bagi anak? Berikut ini beberapa penjelasannya.

Hak anak untuk mendapatkan sarapan pagi sangat penting karena ini merupakan sajian makanan yang pertama dikonsumsi anak di hari tersebut. Perlu Ibu pahami kalau selama tidur malam, anak melakukan puasa tanpa disadari selama 8-10 jam. Tentunya, ketika bangun perut terasa keroncongan dan juga gula darah dalam level rendah.

Mengapa sebelum berangkat sekolah harus sarapan pagi? Itu tadi, anak tidak memiliki cukup energi ketika bangun tidur. Untuk mendapatkan energi, anak harus mengonsumsi sesuatu yang bernutrisi. Tentunya, energi tersebut akan digunakan selama belajar di sekolah. Itu sebabnya, sarapan pagi sangat penting dilakukan.

Lalu, apa akibat tidak sarapan pagi? Kalau anak Ibu termasuk yang suka melewatkan waktu sarapan, sebaiknya diubah kebiasaan tersebut. Ini karena anak yang tidak sarapan bisa merasakan dampak yang tidak menyenangkan ketika di sekolah. Pastinya, anak tidak punya cukup energi untuk beraktivitas. Akibatnya, iya merasa lelah,mengantuk, dan tidak bersemangat. Kondisi ini membuat anak sulit konsentrasi terhadap pelajarannya. Jika hal ini terus-menerus terjadi, tak heran kalau nilai akademisnya tidak begitu baik.

Baca Juga : Ibu, Ini Manfaat Sarapan Pagi untuk Bantu Anak Memiliki Kebiasaan Baik

Apa benar ada manfaat sarapan pagi setiap hari? Ibu yang masih ragu terhadap fakta tersebut coba simak ini. Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine tahun 2020, menyatakan orang-orang yang sering melewati atau menunda sarapan pagi lebih berpotensi mengalami mood disorder.

Sedangkan dalam studi yang diterbitkan di jurnal Public Health Nutrition, menemukan ada hubungan yang kuat antara sarapan pagi yang sehat dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Dari hal beberapa studi tersebut, dapat dikatakan manfaat sarapan pagi sangatlah penting untuk anak sebelum beraktivitas.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan pagi yang berhubungan dengan pola makan anak.

 

1. Sarapan Membuat Kenyang Lebih Lama

Apa yang Ibu rasakan ketika perut keroncongan? Pastinya, perasaan bad mood, kesal, serta malas akan meliputi Ibu. Nah, itu kira-kira yang dirasakan anak ketika lupa sarapan pagi. Perut yang kelaparan ini membuat anak berkutat pada emosi yang negatif sehingga sulit sekali konsentrasi belajar.

Bahkan, anak akan terlihat uring-uringan ketika berada di dalam kelas. Jangan heran juga kalau anak tidak bisa melakukan kegiatan olahraga karena kurang energi. Itu sebabnya, jangan sampai anak terlewat sarapan. Ketika dari rumah anak sudah kenyang dengan makanan bernutrisi, ia bisa melakukan kegiatan sekolah dengan lancar. Mood-nya pun akan lebih bagus.

 

2. Sarapan Cegah Konsumsi Gula Tinggi

Satu lagi manfaat sarapan pagi yang dapat memengaruhi pola makan anak. Ketika anak tidak sarapan, tentunya kadar gulanya akan rendah. Nah, ini akan menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lemas. Jangan heran kalau tubuh dengan sendirinya mengidam-idamkan makanan bergula tinggi. Keinginan itu sebenarnya, menjadi alarmnya.

Saat menu sarapan pagi yang dikonsumsi kaya akan nutrisi, biasanya keinginan konsumsi yang manis-manis itu menghilang. Jadi, ia batal jajan sajian semacam itu. Kebiasaan ini dapat menghindarkan anak dari masalah gangguan cerna, berat badan, hingga jantung, lho.

Baca Juga : Manfaat Sarapan Pagi Agar Otak Anak Bekerja Lebih Optimal

 

3. Sarapan Menumbuhkan Kebiasaan Makan Sehat

Manfaat sarapan pagi lainnya adalah menumbuhkan kebiasaan makan sehat. Maksudnya, anak tidak akan jajan sembarangan ketika di sekolah. Ini karena anak sudah merasa kenyang dan cukup. Apalagi, Ibu juga menyediakan bekal makanan yang sehat. Anak juga tanpa sadar lebih suka mencari makanan yang bernutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan.

Ingin manfaat sarapan pagi dirasakan anak, Ibu bisa siapkan juga segelas MILO Activ-Go sebagai pelengkap sarapannya. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Milo RTD

manfaat minum susu coklat setelah makan Milo RTD
Manfaat Minum Susu Coklat Setelah Makan

Semakin bertambahnya usia anak, tentunya nutrisi yang dibutuhkan pun bertambah banyak. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan gizi hariannya.

5 makanan penambah energi setelah olahraga Milo RTD
5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan

mau konsumsi makanan rendah gula? cek 6 sayuran Ini Milo RTD
Mau Konsumsi Makanan Rendah Gula? Cek 6 Sayuran Ini

Tentunya, makanan kaya nutrisi wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk menyajikan makanan rendah gula. Padahal, bila

4 inspirasi kerajinan dari susu kotak UHT yang mudah ditiru Milo RTD
4 Inspirasi Kerajinan dari Susu Kotak UHT yang Mudah Ditiru

Susu kotak UHT bisa menjadi andalan Ibu ketika harus membawa bekal anak ke sekolah. Kemasannya yang praktis membuat jenis susu ini mudah dikonsumsi

manfaat minuman coklat bubuk sachet sebelum sekolah Milo RTD
Manfaat Minuman Coklat Bubuk Sachet Sebelum Sekolah

Minuman coklat bubuk hangat atau dingin selalu menjadi favorit anak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan lezat menjadi daya tarik utamanya. Namun,

4 manfaat susu UHT coklat untuk asupan energi anak Milo RTD
4 Manfaat Susu UHT Coklat untuk Asupan Energi Anak

Ketika usia anak bertambah, kegiatan yang diikuti pun makin banyak. Tak jarang aktivitas yang dipilih berhubungan dengan fisik. Hal ini membuatnya

wajib tahu, Ini 5 manfaat kalsium dalam susu sachet Milo RTD
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun

manfaat susu coklat kotak untuk bekal anak Milo RTD
Manfaat Susu Coklat Kotak untuk Bekal Anak

Anak pastinya sibuk seharian di sekolah. Tak jarang karena kesibukannya itu, anak sering melupakan kebutuhan nutrisinya. Padahal, ia memerlukannya

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah Milo RTD
4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah

Saat anak memasuki usia sekolah, Ibu harus mempersiapkan dan memerhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi anak. Perlu Ibu pahami