Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Bagikan Artikel:

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi. Orang tua juga perlu mengenalkan kebiasaan disiplin dan manfaat disiplin sejak dini pada anak  supaya ia memiliki karakter kuat dan bertanggung jawab.

Terlebih di era teknologi seperti sekarang, dunia bergerak serba cepat dan banyak hal yang membuat distraksi. Itu sebabnya anak-anak perlu dilatih agar tetap fokus dan disiplin supaya bisa meraih apapun cita-citanya. Nah, apa saja manfaat hidup disiplin dan bagaimana cara melatih disiplin pada anak? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk Bu, simak informasi berikut ini.

Apa Pengertian Disiplin?

Disiplin adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri, mengikuti aturan, menjaga konsistensi, mematuhi norma, menyesuaikan kebiasaan, perilaku, dan komitmen untuk mencapai tujuan atau standar tertentu.

Manfaat Disiplin pada Proses Perkembangan Anak

Perlu Ibu ketahui, anak yang dididik untuk disiplin sejak dini akan bisa mendapatkan banyak manfaat sebagai bekal dalam perkembangan dan masa depannya, berikut diantaranya: 

1. Meningkatkan kemampuan belajar

Anak yang dibiasakan untuk disiplin cenderung memiliki kemampuan belajar. Manfaat disiplin belajar itu yang akan membuat mereka lebih fokus dan mengatur waktu belajar dengan baik di sela waktu bermain atau aktivitas lainnya. Dengan begitu, mereka dapat menyerap pengetahuan dengan lebih efektif dan mencapai prestasi yang lebih baik di sekolah.

2. Melatih tanggung jawab

Pentingnya disiplin diterapkan sejak dini juga akan membantu anak-anak memahami arti tanggung jawab. Mereka belajar untuk menghargai waktu dan memahami kalau setiap tindakan memiliki konsekuensi. Dengan demikian, mereka menjadi lebih bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka sendiri, mempersiapkan mereka untuk menghadapi berbagai situasi di masa depan.

3. Membentuk karakter

Tujuan disiplin lainnya adalah membangun karakter dan mengajarkan anak tentang etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, dan integritas, yang merupakan aspek penting dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Dengan memiliki karakter yang baik, mereka dapat menjadi individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

4. Tidak boros

Manfaat disiplin diri juga penting untuk mengenalkan anak soal pengelolaan keuangan. Anak-anak yang diajari untuk disiplin dalam hal keuangan sejak dini cenderung lebih bijaksana dalam mengelola uang. Mereka belajar untuk menghargai nilai uang dan membuat keputusan keuangan dengan cerdas.

5. Menghargai waktu

Disiplin juga berkaitan tepat waktu. Manfaat disiplin waktu akan membuat anak bisa dewasa untuk mengelola waktu dan menggunakannya untuk aktivitas yang berguna.

Itu tadi manfaat disiplin bagi anak-anak yang akan membantu mereka menjadi individu berkarakter, mandiri, dan punya keterampilan yang akan membantu mereka sukses di masa depan. Ibu juga harus berperan aktif dan membiasakan anak untuk disiplin mengatur waktunya antara belajar dan aktivitas lainnya. Jangan lupa lengkapi asupan nutrisinya agar anak lebih berenergi menjalankan tugasnya sehari-hari.

Berikan MILO 3in1 untuk melengkapi energi anak. MILO 3in1 adalah produk minuman dengan kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt yang menghasilkan energi alami di setiap butirannya. Minuman cokelat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.  


Source:

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2011. Seri Bacaan Orang Tua: Disiplin pada Anak

Kemendibud RI. 2017. Seri Pendidikan Orang Tua: Disiplin Positif

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.