10 Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja

Bagikan Artikel:

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental bagi anak remaja adalah hal yang esensial karena mereka membutuhkan kesehatan mental yang solid untuk bisa berkembang dengan baik, menjalin hubungan sosial, dan beradaptasi dengan segala perubahan. Selain itu pentingnya menjaga kesehatan mental remaja karena mereka perlu kesiapan untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kesehatan mental? Menurut definisi World Health Organization (WHO) kesehatan mental merupakan kondisi kestabilan atau kesejahteraan mental yang memungkinkan seseorang untuk bisa mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuannya, belajar dan beraktivitas dengan baik, serta berkontribusi pada lingkungan atau komunitasnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa 10 cara menjaga kesehatan mental  remaja yang perlu Ibu ketahui.

1. Komunikasi dan Memberikan Perhatian

Memberikan kasih sayang melalui perhatian dan komunikasi yang intens akan membantu remaja mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka. Mengobrol atau berbagi cerita adalah cara mengatasi gangguan mental pada remaja, termasuk saat mereka merasa cemas, stres, atau ada masalah dengan teman.

2. Mengelola Emosi dan Stres

Penting bagi remaja untuk mempelajari dan mengenali emosi dan kondisi mentalnya, serta mengamati bagaimana emosi tersebut mempengaruhi perilaku dan kesehatan mental. Ibu bisa pelan-pelan memberikan masukan tentang bagaimana cara mengelola emosi yang di saat mereka stres, seperti dengan melakukan latihan pernapasan, yoga, atau menulis jurnal.

3. Mengatur Waktu dengan Bijak

Remaja sering kali sibuk dengan padatnya tugas sekolah, aktivitas ekstrakurikuler, dan hobi. Mengatur waktu dengan bijak adalah suatu keterampilan yang penting untuk menjaga kesehatan mental. Untuk itu, diperlukan keseimbangan antara waktu melakukan kegiatan, waktu luang untuk hobi dan bersantai.

4. Menjalin Hubungan Sosial

Memiliki teman-teman yang positif dan dukungan sosial dari keluarga atau komunitas juga menjadi cara menjaga kesehatan mental remaja karena bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Ibu bisa me Remaja perlu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang peduli dan membangun hubungan yang saling mendukung.

5. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Remaja perlu mengenali diri sendiri, termasuk hal-hal apa yang membuatnya bahagia dan punya waktu khusus untuk ‘me time’, seperti dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti nonton konser, traveling, atau hobi lainnya. Hal tersebut dapat membantu remaja untuk lebih relaks dan mengurangi stres.

6. Membatasi Gadget dan Media Sosial

Penggunaan gadget dan media sosial yang berlebihan dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental remaja, seperti kecemasan, depresi, hingga kurangnya waktu untuk bersosialisasi. Ibu perlu membatasi dan juga meminta anak membatasi waktu mereka untuk lebih bijak main gadget dan memilih konten mana yang memberikan dampak positif.

7. Waktu Tidur yang Cukup

Anak remaja membutuhkan waktu tidur cukup sekitar 8-10 jam per hari untuk mendukung kesehatan fisik dan mentalnya. Waktu tidur yang kurang akan mengganggu daya konsentrasi, kemampuan berpikir, mood, hingga memicu stres pada remaja.

8. Meminta Bantuan Bila Diperlukan

Jika remaja mengalami kesulitan atau menghadapi masalah yang melibatkan kesehatan mental, selain  berbicara dengan orang terdekat seperti orang tua atau guru, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional kesehatan mental untuk dapat memberikan dukungan, konsultasi, dan bimbingan.

9. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Asupan gizi lengkap dan seimbang akan berdampak pada fungsi tubuh dan hal tersebut berkaitan erat untuk mendukung fungsi kognitif, seperti konsentrasi, kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan juga mood yang positif bagi remaja. Jadi Ibu perlu memastikan remaja mendapat asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat, untuk memenuhi gizi harian yang berkontribusi menunjang kesehatan mentalnya.

10. Rutin Olahraga atau Beraktivitas Fisik

Sehat fisik dan sehat mental saling terkait. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur, hal tersebu akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, berenergi, dan memberikan efek positif pada kesehatan mental remaja.

Salah satu cara untuk aktif bergerak adalah dengan mengikuti event olahraga, seperti event Road to MILO Activ Indonesia Race 2024 yang diselenggarakan di 12 kota di seluruh Indonesia! Tunggu kehadirannya di kotamu dan jangan sampai terlewatkan tanggal registrasinya.

Itu tadi cara menjaga kesehatan mental bagi remaja untuk mendukung mereka sehat, selalu berenergi dan bersemangat, serta sukses meraih cita-cita.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara Menjaga Kesehatan Mental Energi Aktif
10 Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental bagi anak remaja adalah hal yang esensial karena mereka membutuhkan kesehatan mental yang solid untuk bisa

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Makanan Tinggi Zat Besi Energi Aktif
Ini 5 Makanan Tinggi Zat Besi, Bisa untuk Penambah Darah

Mengonsumsi makanan tinggi zat besi menjadi nutrisi penting yang memberi berbagai manfaat kesehatan, salah satunya sebagai penambah darah agar tubuh

Sayuran Tinggi Kalsium untuk Anak Aktif Aktivitas
7 Sayuran Tinggi Kalsium untuk Dukung Anak Aktif

Penting bagi Ibu untuk mencukupi kebutuhan asupan kalsium untuk menjaga anak agar sehat dan aktif. Untuk memenuhi nutrisi ini, Ibu bisa memberikan

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.