01 September 2022

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Bagikan Artikel:

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu sejak sekarang. Ini karena kondisi fisik anak harus baik ketika perlombaan itu tiba. Salah satu manfaat olahraga secara teratur adalah memperkuat stamina. Itu sebabnya, Ibu bisa melatihnya dengan aktivitas fisik yang tingkat rendah, misalnya jogging atau jalan kaki.

Menurut Stanford Children Health Hospital, Amerika Serikat, olahraga adalah latihan gerakan yang dapat memicu aliran darah terpompa lebih cepat ke seluruh organ tubuh. Tujuan berolahraga adalah supaya organ-organ tubuh anak bisa bekerja dengan baik. Mulai dari otak hingga kaki.

Berdasarkan informasi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), anak-anak sebaiknya melakukan setidaknya melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 60 menit. Nah, tentu waktu olahraga ini bisa dibagi dua kali hingga empat kali sesi. Namun, pastikan yang dilakukan cocok untuk olahraga anak kecil.

Manfaat olahraga bagi anak-anak tentunya banyak sekali. Salah satu Manfaat olahraga secara teratur juga berguna untuk menaikan mood anak. Ibu ingin tahu apalagi keuntungan melakukan aktivitas fisik tersebut? Ini dia beberapa di antaranya.

 

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat olahraga secara teratur yang pertama berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Ibu perlu paham beberapa studi menjelaskan bahwa anak yang rutin berolahraga memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding yang tidak melakukannya sama sekali.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak, Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri

Bila kebiasaan olahraga dilakukan sebelum masa pubertas anak, dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis dan masalah tulang lainnya ketika dewasa. Namun, ada cara olahraga yang tepat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Misalnya, aktivitas fisik yang menggunakan gerakan melompat. Tampaknya, olahraga basket, voli, dan badminton bisa menjadi pilihan.

 

2. Mencegah Obesitas

Selain virus dan bakteri, Ibu juga sering mengkhawatirkan masalah berat badan anak. Apalagi kalau anak menyukai konsumsi makanan dan minuman manis. Bisa-bisa kalau tidak terkontrol, anak akan mengalami berat badan berlebih atau masalah obesitas. Nah, ternyata olahraga bisa menghindarkan anak dari kemungkinan tersebut, lho.

Olahraga secara teratur setiap hari atau seminggu tiga kali dapat mengurangi kemungkinan terjadinya obesitas pada anak hingga 31%. Namun, olahraga tidak bekerja sendiri. Ibu juga harus mengatur pola makan anak. Jangan sampai ia lebih sering mengonsumsi junk food.

 

3. Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga secara teratur lainnya berhubungan dengan kesehatan jantung. Tahukah, Ibu kalau rutin melakukan olahraga intensitas sedang dapat meningkatkan denyut jantung. Buktinya, anak merasa jantung berdebar ketika waktu istirahat olahraga.

Denyut jantung yang meningkat itu artinya akan semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan berkeliling di dalam sistem peredaran darah. Tentunya, ini membantu kerja jantung. Sekaligus kebutuhan oksigen dan nutrisi seluruh organ tubuh bisa terpenuhi.

Baca Juga : 5 Manfaat Olahraga Bela Diri Bagi Pertumbuhannya

 

4. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Koordinasi

Pastinya olahraga memaksa anak untuk menggerakan seluruh badan. Dari ujung kepala hingga kaki semuanya aktif bergerak. Tanpa sadar gerakan ini dapat melatih kekuatan otot, lho. Kebiasaan olahraga dapat membuat otot dapat bekerja dengan baik, kuat, dan tidak mudah cedera.

Selain itu, tanpa sadar juga anak sudah melakukan koordinasi antara beberapa bagian organ tubuh. Tentunya, hal ini perlu dilatih supaya sinyal antara otak dan beberapa otot dapat berjalan lancar.

 

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat olahraga secara teratur juga ternyata ada hubungannya dengan kecerdasan, lho. Sejumlah penelitian mengatakan, anak yang rutin berolahraga umumnya punya aktivitas otak bagian prefrontal yang aktif. Tugas bagian otak ini sebenarnya adalah mengatur fungsi kognitif.

Bahkan, sejumlah anak yang melakukan olahraga dalam sebuah tim, bisa menjadi seorang problem solver. Ini karena dalam olahraga, anak harus memutuskan sesuatu hal dalam waktu singkat. Misalnya, saat bermain sepak bola, anak harus mengikuti taktik yang sudah direncanakan. Namun, ketika taktik gagak, anak harus tahu ke mana ia menendang bola. Hal ini yang membuat anak suka olahraga lebih cerdas dan punya intuisi lebih baik.

Bagaimana Ibu, sekarang sudah tahu manfaat olahraga teratur untuk anak? Sebelum anak berolahraga, pastikan energi dan nutrisi terlengkapi agar anak dapat beraktivitas dengan optimal. Untuk tambahan energi, berikan MILO Activ-Go. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO bubuk ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.