MANFAAT OLAHRAGA BAGI ANAK MANFAAT OLAHRAGA BAGI ANAK

Perlu Tahu, 5 Alasan Olahraga untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

21 July 2021

Tahukah Ibu kalau manfaat olahraga bagi anak tak hanya untuk kesehatan tubuh? Ternyata kegunaan aktivitas tersebut juga memengaruhi perkembangan mental anak. Salah satunya yang terkait dengan kepercayaan diri. Kok, bisa?

Ketika Ibu melihat sekilas aktivitas olahraga, tentunya berpikir hanya akan berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan anak saja. Namun, kepercayaan diri juga bisa dipelajari dan dipupuk melalui kegiatan ini, lho. Kalau Ibu belum yakin, coba cek beberapa alasannya berikut ini.

  1. Anak Mulai Mengetahui Kemampuannya

    Ketika masa kanak-kanak, tentunya anak belum mengetahui kebiasaan atau kemampuan yang dimiliki. Terkadang, anak mengikuti arahan dari orangtua sehingga sangat mungkin kurang percaya diri atau sulit mengambil keputusan sendiri. Nah, manfaat olahraga bagi anak salah satunya adalah mengubah kebiasaan itu.

    Olahraga membuat anak terbiasa untuk membuat target atau tujuan dari kegiatan yang dilakukan. Anak pun akan menyusun sendiri tahapan-tahapannya sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, anak ingin jadi pemain inti dalam tim basket sekolah. Untuk mencapainya, anak bisa lakukan latihan-latihan yang dibutuhkan.

    Dari kebiasaan inilah, anak jadi mengetahui seberapa besar kemampuan dan keterampilannya dalam berolahraga. Selain itu, ia juga memahami kekurangan yang dimiliki sehingga bisa diperbaiki.Dari kebiasaan inilah, anak jadi mengetahui seberapa besar kemampuan dan keterampilannya dalam berolahraga. Selain itu, ia juga memahami kekurangan yang dimiliki sehingga bisa diperbaiki.

  2. Tak Ragu Tunjukan Kemampuan

    Setelah beberapa kali mengikuti kelas olahraga, anak akan tahu kekurangan dan kelebihannya. Ia pun punya trik untuk mengatasi kelemahan serta menunjukkan kemampuan. Itu sebabnya, dia tak ragu lagi untuk memperlihatkannya di depan orang-orang. Pada momen ini, Ibu jangan ragu memberikan pujian ketika kemampuan anak diperlihatkan, ya. Pastinya, hal ini bisa tambah meningkatkan kepercayaan dirinya. Anak akan merasa kerja keras dan keahliannya diakui. Tentunya, ini menyenangkan buat anak.

  3. Belajar Bersosialisasi

    Manfaat olahraga bagi anak lainnya adalah bisa beradaptasi dan bersosialisasi. Terutama jika ia melakukan aktivitas olahraga tim, seperti sepakbola, voli, ataupun basket. Tentunya, anak diharuskan dapat bekerja sama dengan rekan satu timnya.

    Bahkan, anak yang pemalu bisa merasa lebih nyaman berada di lingkungan tim olahraga. Ini karena ada perasaan saling mengerti dan senasib dalam tim. Ia juga bisa dengan senang hati mengulurkan tangannya untuk membantu teman satu tim yang tengah mengalami kesulitan.

    Selain itu, Ibu bisa terkejut melihat anak menyemangati temannya sejak awal latihan dan menghibur bila si teman kalah berlomba. Kondisi ini juga dialami sebaliknya ketika anak yang bertanding. Tentunya, ini merupakan lingkungan positif untuk tingkatkan kepercayaan diri anak.

  4. Mengenal Sportivitas

    Di atas langit masih ada langit. Pepatah itu dimaksudkan agar setiap orang tidak perlu berbangga diri akan kemampuannya karena pasti ada yang lebih ahli lagi, yang merupakan bagian dari sebuah sportivitas. Nah, manfaat olahraga bagi anak juga memperkenalkan sikap sportivitas seperti konsep tersebut.

    Sikap ini membuat anak tak mudah puas dan sombong akan kemampuannya. Jadi, ia akan menjadi orang yang selalu mau belajar dan ingin tahu untuk perkembangannya. Ia pun akan lebih percaya diri untuk meminta ilmu kepada orang yang lebih ahli.

  5. Merasa Diapresiasi

    Kepercayaan diri yang tinggi muncul bila anak merasa diapresiasi dan diakui kemampuannya. Ikut pertandingan dan membawa pulang piala adalah salah satu bentuk apresiasi dari orang lain. Pujian dari teman-teman dan pelatih pun bisa jadi salah satu penyemangat baginya.

    Lalu, bagaimana orangtua memberikan apresiasi kepada anak? Kehadiran, dukungan, dan kegembiraan Ibu saat aktivitas olahraga berlangsung bisa salah satu bentuknya. Ibu juga bisa membawakan makanan dan minuman sehat sebagai bentuk apresiasi.

    Misalnya, membawakan MILO 3in1. Dalam segelas MILO 3in1 terdapat kombinasi cokelat, susu, dan malt dengan rasa khas MILO yang disukai anak. MILO 3in1 juga diperkaya Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak terus berenergi sepanjang hari.

    Ternyata, banyak manfaat olahraga bagi anak yang baru diketahui ya, Bu. Semangati terus anak dengan memberikan yang terbaik, ya.

buy now image
BELI PRODUK MILO