Bu, Olahraga Bulu Tangkis Punya Segudang Manfaat Bagi Anak, Lho!Bu, Olahraga Bulu Tangkis Punya Segudang Manfaat Bagi Anak, Lho!

Bu, Olahraga Bulu Tangkis Punya Segudang Manfaat Bagi Anak, Lho!

30 November 2021

facebook iconwhatsapp icon

Akhir-akhir anak sedang menggandrungi permainan bulu tangkis. Hampir setiap sore dia mengajak Ibu melakukan olahraga tersebut. Ditambah lagi, anak melihat prestasi Tim Bulu Tangkis Indonesia yang membanggakan di dunia internasional. Tenang Bu, manfaat olahraga bagi anak-anak pastinya sangat banyak. Permainan bulu tangkis sendiri selain tak sulit dilakukan juga memiliki segudang manfaat fisik dan psikis. Yuk, simak manfaat bermain bulu tangkis berikut ini.

1. Manfaat Fisik

Kesehatan fisik anak menjadi salah satu hal utama yang perlu Ibu perhatikan. Terlebih lagi anak sedang dalam tahap masa pertumbuhan. Bila kesehatan fisik tidak terjaga, bisa-bisa perkembangannya terganggu.

Manfaat olahraga bagi anak-anak adalah melatih dan memperkuat fisik. Salah satu olahraga yang bisa memberikan dampak positif bagi fisik anak adalah bulu tangkis. Ini yang perlu ibu ketahui.

  • Memperkuat Otot Inti

    Menurut ahli kebugaran asal Amerika Serikat, Semir Becic, permainan bulu tangkis sangat berguna bagi otot-otot tubuh. Selama aktivitas badminton dilakukan, otot-otot inti anak tidak berhenti bekerja.

    Otot paha depan, pantat, kaki, betis, dan paha belakang akan lebih kuat kalau anak rutin melakukan bulu tangkis. Semua ini karena selama bermain badminton, anak akan berlari dan melompat.

    Tak lupa juga, otot bagian lengan dan punggung juga semakin kuat. Bagian ini bekerja menggenggam raket. Bayangkan ketika anak memukul kok dengan kecepatan tinggi, pastinya bagian otot ini akan bekerja keras.

  • Melatih Refleks dan Reaksi Anak

    Ibu pernah melihat pertandingan badminton di televisi? Dari situ, Ibu akan melihat bahwa atlet bulu tangkis tak pernah berhenti bergerak mengejar kok yang melintas secepat kilat.

    Menurut penelitian tahun 2014 berjudul Badminton: Specific Movement Agility Testing System, permainan badminton dapat melatih ketangkasan atau kelincahan anak, termasuk di dalamnya refleks dan reaksi anak. Hal ini karena selama permainan, anak akan belajar bergerak sesuai arah jalan kok. Bahkan, anak harus siap menerima serangan balik dari lawan.

  • Meningkatkan Mobilitas

    Anak jarang bergerak atau melakukan aktivitas fisik? Sudah dikatakan sebelumnya manfaat olahraga bagi anak-anak banyak, terutama bulu tangkis. Tanpa disadari olahraga badminton ini dapat meningkatkan mobilitas anak walaupun ia minim berpindah tempat. Pergerakan ini mencegah munculnya masalah obesitas pada anak. Selain itu, anak tidak akan menyadari terjadinya mobilitas karena terlalu asyik dan seru melakukan bulu tangkis.

  • Terhindar dari Masalah Persendian

    Manfaat bermain bulu tangkis lainnya adalah bisa membuat anak terhindar dari masalah persendian. Pergerakan yang cukup sering pada saat bermain badminton membuat bagian persendian menjadi lebih kuat.

    Ketika persendian sudah kuat dan lentur, anak akan terhindar dari cedera ringan ataupun berat. Selain itu, bulu tangkis juga bisa meningkatkan kepadatan tulang sejak dini.

Baca Juga: Perlu Tahu, 5 Alasan Olahraga untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

2. Manfaat Psikis

Selain kesehatan fisik, manfaat olahraga bagi anak-anak lainnya juga menjaga kesehatan psikis atau mental, lho. Pastinya, Ibu bertanya-tanya, bagaimana bisa bulu tangkis membuat kondisi mental anak lebih baik? Ini dia manfaat psikis yang perlu Ibu ketahui.

  • Mempercepat Produksi Hormon Endorfin

    Anak mudah merasa stres ketika di rumah? Sebaiknya, Ibu segera mengajaknya untuk berolahraga yang mudah dan sederhana, seperti bulu tangkis. Olahraga jenis ini dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin lebih cepat.

    Hormon endorfin tersebut yang dapat membuat anak merasa senang, tenang, dan bahagia. Tentunya, bila hormon tersebut cukup di tubuh, anak tidak akan mudah stres lagi.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

    Olahraga bulu tangkis memerlukan kecerdasan dan ketangkasan saat melakukannya. Bila anak rutin bermain badminton, kepercayaan dirinya akan meningkat. Ia tidak akan ragu lagi memukul dan mengarahkan kok. Bahkan, anak sudah bisa memperkirakan arah datangnya kok.

    Melalui permainan ini juga, anak bisa berkenalan dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama. Baik sebaya maupun beda usia. Pergaulannya pun akan makin luas.

  • Belajar Bersikap Sportif

    Sikap sportif tak cuma diperlukan saat pertandingan olahraga, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Nah, melalui olahraga bulu tangkis, anak akan mempelajari sikap sportif tanpa disadari.

    Anak akan menerima kekalahan dan tidak akan menyombongkan diri saat menang. Ia akan belajar memahami perasaan orang lain melalui badminton. Pastinya, dalam kehidupan sehari-hari, anak tidak egois dan cenderung lebih tenang.

Bagaimana, Bu, manfaat olahraga bagi anak-anak sangat banyak, kan? Ibu bisa mendukung aktivitas bulu tangkis anak dengan memberikan asupan yang bergizi. Misalnya, berikan sekotak MILO UHT ketika anak selesai bermain badminton untuk mengembalikan energinya.

Dalam sekotak MILO UHT, terdapat kandungan Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak terus berenergi sepanjang hari. Pastinya, makin bersemangat ketika bermain bulu tangkis dan manfaat olahraga bagi anak-anak bisa didapatkan dengan maksimal.

buy now image
BELI PRODUK MILO