22 December 2023

Simak Cara Mengatur Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang Berikut Ini!

Bagikan Artikel:

Ibu perlu tahu kalau pola makan sehat bergizi dan seimbang punya peran penting untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak yang aktif. 

Selain itu, menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, pada kelompok anak usia 10 – 19 tahun yang merupakan peralihan dari masa anak-anak menjadi remaja, manfaat pola makan sehat bergizi dan seimbang sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya memasuki usia pubertas, aktivitasnya yang makin padat, dan juga menjaga berat badan atau bentuk tubuh.  

Fungsi pola makan sehat bergizi dan seimbang lainnya adalah menjaga daya tahan tubuh dari infeksi, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi risiko mengalami penyakit kronis.1

Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang untuk diterapkan sehari-hari? Ibu bisa menyimak bahasan berikut. 

1. Konsumsi Makanan Sehat yang Beragam

Ibu bisa menerapkan pola makan dengan prinsip Tumpeng Gizi Seimbang yang kini menggantikan konsep 4 sehat 5 sempurna. Bagi Ibu yang masih belum familiar dengan istilah Tumpeng Gizi Seimbang, intinya ini adalah konsep makan sehat yang terdiri 4 level atau lapisan untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang.2

Lapisan dasar adalah makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh, contohnya nasi, gandum, ubi, kentang, dan roti. Sebaiknya, konsumsi makanan pokok sebanyak 3-4 porsi dalam satu hari.2

Lalu apa makanan bergizi apa di lapisan kedua Tumpeng Gizi Seimbang? Pada lapisan ini terdiri dari makanan sehat berupa buah dan sayuran yang merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat pangan. Anjuran konsumsi sayur adalah 3-4 porsi dalam satu kali makan, sedangkan buah sebanyak 2-3 porsi dalam satu hari.2

Kemudian di lapisan ketiga adalah lauk-pauk hewani, susu, dan sumber protein lainnya. Contoh makanan sehat kaya protein adalah daging sapi dan ayam, telur, dan juga ikan. Anjuran konsumsi protein adalah 2-4 porsi makanan sumber protein setiap hari.2

Kemudian pada lapisan paling atas ada garam, gula, dan lemak. Kebutuhan ketiga zat tersebut menempati porsi paling kecil dan harus dibatasi karena jika berlebihan justru akan menjadi makanan tidak sehat.  Berapa batasannya? Anjuran konsumsi gula tidak boleh lebih dari 4 sendok makan per hari. Sementara konsumsi garam maksimal 1 sendok teh per hari, dan lemak maksimal 5 sendok makan per hari.2 

2. Minum Air Putih Cukup

Selain memperhatikan asupan makan yang sehat, jadwal makan, dan pola makan teratur, air putih juga sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh agar bekerja secara optimal. Untuk itu Ibu perlu membiasakan anak untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari sehingga tubuh anak terhidrasi dengan baik, melancarkan BAB, detoksifikasi, meningkatkan konsentrasi, dan membantu proses metabolisme tubuh. 

3. Seimbangkan Asupan Makanan dengan Olahraga Teratur

Hal lain yang perlu diterapkan pada keseharian anak adalah aktivitas fisik atau olahraga. Kegiatan ini  menyeimbangkan zat gizi yang keluar dan masuk ke dalam tubuh.  Selain itu, aktivitas fisik juga memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh termasuk metabolisme zat gizi. 1 

4. Biasakan Hidup Bersih

Apa kaitan hidup bersih dengan gizi seimbang? Kebiasaan menjaga kebersihan akan menghindarkan anak dari kuman atau bakteri penyebab penyakit. Dan perlu Ibu ketahui, dalam kondisi sakit selera makan anak cenderung menurun yang membuat asupan gizi ke tubuh berkurang. 1

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit, biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan setelah beraktivitas, menutup makanan agar terhindar dari lalat dan kuman, selalu menutup mulut dan hidung bila bersin, dan pakai alas kaki untuk mencegah cacingan. 1 

5. Mengontrol Berat Badan

Selain langkah di atas, Ibu juga perlu selalu mengontrol berat badan anak karena salah satu indikator yang menunjukkan anak memperoleh keseimbangan zat gizi adalah tercapainya berat badan yang normal atau dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). 1 

Bagaimana cara mengukur IMT? Berikut rumusnya dan kategori berat badan berdasarkan IMT.

IMT = Berat Badan (kg) : (tinggi Badan (m) x tinggi Badan (m)]  

Kategori berat badan berdasar IMT adalah sebagai berikut: 

Sangat kurus = <17

Kurus = 17- <18,5

Normal = 18,5 – 25,0

Gemuk = > 25 -27

Obesitas =  > 27

Itu tadi penjelasan mengenai pola makan sehat bergizi dan seimbang yang perlu Ibu ketahui untuk menjaga kesehatan anak dalam kondisi prima. Selain itu, Ibu bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya dengan menyiapkan MILO 3in1

Produk MILO ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan kecukupan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Menkes RI. 2014. Permenkes Nomor 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang
  2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan. Pola Makan Sehat dengan Tumpeng Gizi Seimbang. Dari https://bblkmakassar.com/pola-makan-sehat-dengan-tumpeng-gizi-seimbang/ . Diakses 26/10/2023 
  3. Kemkes RI. Manfaat Air Putih bagi Tubuh. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/412/manfaat-air-putih-bagi-tubuh. Diakses 27/2023
  4. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/bagaimana-cara-mengukur-indeks-massa-tubuh-imt-berat-badan-normal

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.