Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagikan Artikel:

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat dan efektif. Pukulan bulutangkis yang baik dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan pertandingan. Apa saja jenis pukulan bulutangkis, teknik pukulan badminton, dan tips untuk meningkatkan efektivitas pukulan dalam bulutangkis? Untuk lebih jelasnya, yuk simak bahasan berikut ini!

Jenis Pukulan dalam Badminton

Berikut ini adalah beberapa jenis pukulan badminton dan tekniknya yang perlu dikuasai para pemain pemula.

1. Servis

Servis atau juga dikenal sebagai pukulan servis adalah pukulan awal untuk memulai permainan bulu tangkis. Pemain bisa melakukan servis  menggunakan pukulan forehand atau backhand. Jenis servis bulutangkis pun terbagi beberapa jenis yaitu servis pendek, panjang, atau flick serve.

2. Pukulan forehand

Pukulan forehand dilakukan dengan memukul kok dengan posisi tangan yang berada di sisi dominan tubuh pemain. Teknik pukulan bulatangkis ini umumnya digunakan untuk menyerang lawan dengan kuat dan cepat. Keunggulan pukulan forehand adalah dapat memberikan tekanan yang besar pada lawan sehingga memaksa mereka memaksimalkan kekuatan pertahanan dan serangan balik.

3. Pukulan backhand

Pukulan backhand dilakukan dengan memukul kok menggunakan sisi belakang tangan. Teknik backhand penting untuk dikuasai dalam bulutangkis karena memungkinkan pemain untuk merespons dengan cepat terhadap pukulan lawan yang datang dari berbagai arah.

4. Smash

Teknik pukulan smash adalah pukulan kuat yang dilakukan dari atas kepala dengan tujuan untuk mengakhiri poin dengan cepat. Teknik smash bulutangkis biasanya digunakan sebagai serangan dalam situasi di mana kok berada di atas kepala pemain, seperti saat menerima pukulan drop atau pukulan net rendah dari lawan.

5. Drop Shot

Drop shot adalah pukulan ringan yang bertujuan untuk menempatkan kok secara mendadak dan tepat di sisi lawan yang sulit dijangkau. Pukulan ini efektif untuk mengacaukan permainan lawan dan menciptakan peluang untuk melakukan serangan balik yang kuat.

6. Clear

Pukulan clear bulutangkis atau lob adalah pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan kok ke sisi belakang lapangan lawan. Pukulan ini digunakan untuk mengalihkan posisi lawan dan memberikan waktu bagi pemain untuk mengatur strategi atau serangan berikutnya.

7. Drive

Pukulan drive adalah pukulan lurus bulutangkis yang dilakukan dengan mengirim kok secara horizontal, sejajar dengan permukaan lapangan. Pukulan horizontal ini digunakan untuk mengontrol permainan dan menjaga tekanan pada lawan.

Tips agar Pukulan Bulutangkis Lebih Efektif

Apa yang perlu dilakukan pemain bulutangkis pemula supaya bisa melakukan pukulan yang efektif? Berikut tips yang perlu diketahui.

  • Latihan secara rutin. Latihan rutin dan terstruktur akan membantu memperbaiki koordinasi, kekuatan, dan ketepatan pukulan sehingga performa pemain semakin optimal.
  • Perhatikan posisi tubuh dan gunakan pergelangan tangan secara fleksibel. Pastikan untuk selalu mempertahankan keseimbangan dan posisi yang stabil saat melakukan pukulan. Selain itu, pergelangan tangan yang fleksibel memungkinkan pemain untuk mengontrol pukulan dengan lebih baik.
  • Fokus dan perhatikan gerakan kaki. Gerakan kaki yang cepat dan tepat sangat penting dalam bulutangkis. Untuk itu, pastikan untuk selalu fokus dan berada dalam posisi yang siap untuk merespons setiap pukulan lawan dengan cepat.
  • Jaga kebugaran fisik. Kebugaran fisik yang baik adalah kunci untuk menjaga performa pukulan yang efektif dalam bulutangkis. Pastikan untuk menjaga kondisi fisik dengan melakukan latihan kardio, kekuatan, dan fleksibilitas secara teratur. Selain itu, pastikan mengonsumsi asupan gizi seimbang untuk menjaga kondis fisik tetap prima.

Itu tadi berbagai informasi mengenai tips dan jenis pukulan bulutangkis yang tepat dan efektif. Ibu juga perlu mempersiapkan makanan dan minuman berenergi untuk mendukung anak latihan. Supaya anak dapat beraktivitas dengan optimal, Ibu bisa memberikannya MILO Activ-Go.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

SpynPro. Basic Badminton Shots. Retrieved 5/5/2024 from https://spyn.co/blog/basic-badminton-shots/

Master Badminton. Badminton Techniques, Shots and Skills. Retrieved 6/5/2024 from https://masterbadminton.com/badminton-techniques.htm

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.