18 November 2022

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan bergizi seimbang.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014, makanan gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi. Nilai gizi ini memiliki jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan faktor makanan sehat, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan juga memantau berat badan secara teratur.

Manfaat gizi seimbang untuk anak adalah tentunya memengaruhi tumbuh kembang anak. Perlu Ibu pahami, anak sedang berada dalam usia sekolah (5-15 tahun). Ini merupakan periode pertumbuhan aktif. Tumbuh kembang ini terjadi di seluruh aspek. Mulai dari fisik, kognitif, hingga mental anak. Hal itulah yang menyebabkan menu makan bergizi seimbang sangatlah penting.

Pola makan sehat dan gizi seimbang ini perlu dipahami Ibu dan menjadi kebiasaan di dalam keluarga. Salah satu cara agar kedua hal tersebut terpantau dan terkontrol adalah dengan membuat sendiri menu makan bergizi seimbang untuk anak. Salah satunya dengan membiasakan anak membawa bekal makanan dari rumah.

Kira-kira menu bekal makan dengan gizi seimbang apakah yang dapat diberikan Ibu untuk anak? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Ayam Goreng Saus Mentega

Dalam menjalankan aktivitas hariannya di sekolah, anak membutuhkan protein, lho. Mengapa? Hal ini karena anak akan lebih banyak melakukan kegiatan fisik yang membuat seluruh sel otot bekerja lebih keras. Protein ini membantu sel-sel otot untuk pemulihan dan pembentukannya. Kandungan nutrisi ini juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Salah satu menu makan bergizi seimbang adalah Ayam Goreng Mentega. Ayam dikenal memiliki kadar protein yang banyak. Untuk membuatnya lebih enak disantap, Ibu bisa menambahkan kecap manis dan juga mentega. Pastinya, rasanya disukai anak untuk bekal makan siangnya.

2. Nasi Goreng

Selain protein, anak juga memerlukan karbohidrat. Kandungan nutrisi merupakan sumber energi yang dibutuhkan anak untuk berkegiatan di sekolah. Untuk itu, Ibu bisa menyiapkan bekal yang kaya akan zat tersebut. Salah satunya adalah menu Nasi Goreng.

Nasi pastinya kaya akan karbohidrat. Hidangan ini bisa mengenyangkan perut anak lebih lama. Apalagi kalau di sekolah anak sedang ada jadwal olahraga. Nasi Goreng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan energi yang sudah dipakai. Ibu bisa menambahkan sejumlah topping yang bergizi. Misalnya, sayuran hijau, wortel, telur, ayam suwir, dan juga bakso.

3. Tumis Sosis Sayur

Nasi pastinya ada dalam menu makanan pokok anak. Namun, Ibu bingung hidangan apa yang cocok untuk mendampingi nasi sebagai bekal sekolah anak? Ibu bisa mencoba sajian Tumis Sosis Sayur. Menu ini kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral dari sayur serta protein dari sosis untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Pastinya, rasanya pun lezat dan cocok menjadi hidangan makan siang anak.

4. Siomay Dimsum

Anak bukan tipe yang suka mengonsumsi nasi sebagai makanan berat. Kebetulan ia tidak suka makan terlalu banyak. Untuk itu, Ibu harus putar akal mencari hidangan bekalnya. Salah satu inspirasi menu makan bergizi lainnya adalah Siomay Dimsum.

Siomay Dimsum menggunakan daging udang atau kepiting segar yang dapat membantu anak untuk mendapatkan asupan protein yang ia butuhkan agar tubuhnya tetap bugar. Teksturnya yang padat dapat membuat anak kenyang lebih lama. Selain itu, sajian ini dibuat secara dikukus sehingga mengurangi penggunaan minyak goreng.

5. Nuget Ikan

Ibu pastinya tahu kalau ikan kaya akan protein dan omega 3. Kedua kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Salah satunya membantu anak meningkatkan fokusnya selama berada di sekolah. Sayangnya anak Ibu tidak terlalu menyukai hidangan seafood tersebut. Untuk itu, Ibu harus membuat siasat baru. Salah satunya adalah membuat Nuget Ikan untuk anak.

Ibu bisa menghaluskan fillet ikan dan mencampurnya ke dalam adonan Nuget Ikan. Lalu, berikan bersama nasi hangat dan juga saus cabai serta mayonaise. Pastinya, anak tidak akan menyadari kalau tengah mengonsumsi produk olahan ikan.

Itu tadi inspirasi menu makan bergizi seimbang. Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. MILO Kotak ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman yang mudah dikonsumsi ini mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.