18 November 2022

Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Gizi Seimbang Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan bergizi seimbang.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014, makanan gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi. Nilai gizi ini memiliki jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan faktor makanan sehat, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan juga memantau berat badan secara teratur.

Manfaat gizi seimbang untuk anak adalah tentunya memengaruhi tumbuh kembang anak. Perlu Ibu pahami, anak sedang berada dalam usia sekolah (5-15 tahun). Ini merupakan periode pertumbuhan aktif. Tumbuh kembang ini terjadi di seluruh aspek. Mulai dari fisik, kognitif, hingga mental anak. Hal itulah yang menyebabkan menu makan bergizi seimbang sangatlah penting.

Pola makan sehat dan gizi seimbang ini perlu dipahami Ibu dan menjadi kebiasaan di dalam keluarga. Salah satu cara agar kedua hal tersebut terpantau dan terkontrol adalah dengan membuat sendiri menu makan bergizi seimbang untuk anak. Salah satunya dengan membiasakan anak membawa bekal makanan dari rumah.

Kira-kira menu bekal makan dengan gizi seimbang apakah yang dapat diberikan Ibu untuk anak? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Ayam Goreng Saus Mentega

Dalam menjalankan aktivitas hariannya di sekolah, anak membutuhkan protein, lho. Mengapa? Hal ini karena anak akan lebih banyak melakukan kegiatan fisik yang membuat seluruh sel otot bekerja lebih keras. Protein ini membantu sel-sel otot untuk pemulihan dan pembentukannya. Kandungan nutrisi ini juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Salah satu menu makan bergizi seimbang adalah Ayam Goreng Mentega. Ayam dikenal memiliki kadar protein yang banyak. Untuk membuatnya lebih enak disantap, Ibu bisa menambahkan kecap manis dan juga mentega. Pastinya, rasanya disukai anak untuk bekal makan siangnya.

2. Nasi Goreng

Selain protein, anak juga memerlukan karbohidrat. Kandungan nutrisi merupakan sumber energi yang dibutuhkan anak untuk berkegiatan di sekolah. Untuk itu, Ibu bisa menyiapkan bekal yang kaya akan zat tersebut. Salah satunya adalah menu Nasi Goreng.

Nasi pastinya kaya akan karbohidrat. Hidangan ini bisa mengenyangkan perut anak lebih lama. Apalagi kalau di sekolah anak sedang ada jadwal olahraga. Nasi Goreng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan energi yang sudah dipakai. Ibu bisa menambahkan sejumlah topping yang bergizi. Misalnya, sayuran hijau, wortel, telur, ayam suwir, dan juga bakso.

3. Tumis Sosis Sayur

Nasi pastinya ada dalam menu makanan pokok anak. Namun, Ibu bingung hidangan apa yang cocok untuk mendampingi nasi sebagai bekal sekolah anak? Ibu bisa mencoba sajian Tumis Sosis Sayur. Menu ini kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral dari sayur serta protein dari sosis untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Pastinya, rasanya pun lezat dan cocok menjadi hidangan makan siang anak.

4. Siomay Dimsum

Anak bukan tipe yang suka mengonsumsi nasi sebagai makanan berat. Kebetulan ia tidak suka makan terlalu banyak. Untuk itu, Ibu harus putar akal mencari hidangan bekalnya. Salah satu inspirasi menu makan bergizi lainnya adalah Siomay Dimsum.

Siomay Dimsum menggunakan daging udang atau kepiting segar yang dapat membantu anak untuk mendapatkan asupan protein yang ia butuhkan agar tubuhnya tetap bugar. Teksturnya yang padat dapat membuat anak kenyang lebih lama. Selain itu, sajian ini dibuat secara dikukus sehingga mengurangi penggunaan minyak goreng.

5. Nuget Ikan

Ibu pastinya tahu kalau ikan kaya akan protein dan omega 3. Kedua kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Salah satunya membantu anak meningkatkan fokusnya selama berada di sekolah. Sayangnya anak Ibu tidak terlalu menyukai hidangan seafood tersebut. Untuk itu, Ibu harus membuat siasat baru. Salah satunya adalah membuat Nuget Ikan untuk anak.

Ibu bisa menghaluskan fillet ikan dan mencampurnya ke dalam adonan Nuget Ikan. Lalu, berikan bersama nasi hangat dan juga saus cabai serta mayonaise. Pastinya, anak tidak akan menyadari kalau tengah mengonsumsi produk olahan ikan.

Itu tadi inspirasi menu makan bergizi seimbang. Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. MILO Kotak ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman yang mudah dikonsumsi ini mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.