18 November 2022

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan bergizi seimbang.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014, makanan gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi. Nilai gizi ini memiliki jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan faktor makanan sehat, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan juga memantau berat badan secara teratur.

Manfaat gizi seimbang untuk anak adalah tentunya memengaruhi tumbuh kembang anak. Perlu Ibu pahami, anak sedang berada dalam usia sekolah (5-15 tahun). Ini merupakan periode pertumbuhan aktif. Tumbuh kembang ini terjadi di seluruh aspek. Mulai dari fisik, kognitif, hingga mental anak. Hal itulah yang menyebabkan menu makan bergizi seimbang sangatlah penting.

Pola makan sehat dan gizi seimbang ini perlu dipahami Ibu dan menjadi kebiasaan di dalam keluarga. Salah satu cara agar kedua hal tersebut terpantau dan terkontrol adalah dengan membuat sendiri menu makan bergizi seimbang untuk anak. Salah satunya dengan membiasakan anak membawa bekal makanan dari rumah.

Kira-kira menu bekal makan dengan gizi seimbang apakah yang dapat diberikan Ibu untuk anak? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Ayam Goreng Saus Mentega

Dalam menjalankan aktivitas hariannya di sekolah, anak membutuhkan protein, lho. Mengapa? Hal ini karena anak akan lebih banyak melakukan kegiatan fisik yang membuat seluruh sel otot bekerja lebih keras. Protein ini membantu sel-sel otot untuk pemulihan dan pembentukannya. Kandungan nutrisi ini juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Salah satu menu makan bergizi seimbang adalah Ayam Goreng Mentega. Ayam dikenal memiliki kadar protein yang banyak. Untuk membuatnya lebih enak disantap, Ibu bisa menambahkan kecap manis dan juga mentega. Pastinya, rasanya disukai anak untuk bekal makan siangnya.

2. Nasi Goreng

Selain protein, anak juga memerlukan karbohidrat. Kandungan nutrisi merupakan sumber energi yang dibutuhkan anak untuk berkegiatan di sekolah. Untuk itu, Ibu bisa menyiapkan bekal yang kaya akan zat tersebut. Salah satunya adalah menu Nasi Goreng.

Nasi pastinya kaya akan karbohidrat. Hidangan ini bisa mengenyangkan perut anak lebih lama. Apalagi kalau di sekolah anak sedang ada jadwal olahraga. Nasi Goreng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan energi yang sudah dipakai. Ibu bisa menambahkan sejumlah topping yang bergizi. Misalnya, sayuran hijau, wortel, telur, ayam suwir, dan juga bakso.

3. Tumis Sosis Sayur

Nasi pastinya ada dalam menu makanan pokok anak. Namun, Ibu bingung hidangan apa yang cocok untuk mendampingi nasi sebagai bekal sekolah anak? Ibu bisa mencoba sajian Tumis Sosis Sayur. Menu ini kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral dari sayur serta protein dari sosis untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Pastinya, rasanya pun lezat dan cocok menjadi hidangan makan siang anak.

4. Siomay Dimsum

Anak bukan tipe yang suka mengonsumsi nasi sebagai makanan berat. Kebetulan ia tidak suka makan terlalu banyak. Untuk itu, Ibu harus putar akal mencari hidangan bekalnya. Salah satu inspirasi menu makan bergizi lainnya adalah Siomay Dimsum.

Siomay Dimsum menggunakan daging udang atau kepiting segar yang dapat membantu anak untuk mendapatkan asupan protein yang ia butuhkan agar tubuhnya tetap bugar. Teksturnya yang padat dapat membuat anak kenyang lebih lama. Selain itu, sajian ini dibuat secara dikukus sehingga mengurangi penggunaan minyak goreng.

5. Nuget Ikan

Ibu pastinya tahu kalau ikan kaya akan protein dan omega 3. Kedua kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Salah satunya membantu anak meningkatkan fokusnya selama berada di sekolah. Sayangnya anak Ibu tidak terlalu menyukai hidangan seafood tersebut. Untuk itu, Ibu harus membuat siasat baru. Salah satunya adalah membuat Nuget Ikan untuk anak.

Ibu bisa menghaluskan fillet ikan dan mencampurnya ke dalam adonan Nuget Ikan. Lalu, berikan bersama nasi hangat dan juga saus cabai serta mayonaise. Pastinya, anak tidak akan menyadari kalau tengah mengonsumsi produk olahan ikan.

Itu tadi inspirasi menu makan bergizi seimbang. Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. MILO Kotak ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman yang mudah dikonsumsi ini mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,