Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bagikan Artikel:

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang rutin melakukan olahraga ini. Permainan bola voli membutuhkan keterampilan teknik yang baik, salah satunya saat melakukan smash. Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara smash bola voli yang efektif dan jenis-jenis smash bola voli, yuk simak informasi berikut ini.  

Apa yang Dimaksud Smash dalam Bola Voli?

Sebelum membahas tentang cara melakukan smash, penting untuk memahami teknik dasar bola voli. Teknik dasar ini meliputi passing, setting, serving, blocking, dan yang tidak kalah penting adalah smashing. Smash atau spike voli adalah pukulan keras yang dilakukan oleh pemain untuk mengirim bola ke arah lawan dengan kecepatan tinggi dan sudut yang sulit untuk dikembalikan.

Jenis Teknik Smash Bola Voli

Ada beberapa macam teknik smash yang dapat dilakukan dalam permainan bola voli. Berikut adalah beberapa cara smash yang perlu diketahui pemain pemula:

1. Hard driven smash

Teknik ini dilakukan dengan memukul bola dengan kekuatan maksimal. Saat menggunakan cara smash keras bola voli ini, pemain menggunakan tenaga maksimal dan momentum tubuh untuk menghasilkan pukulan bola yang kuat dan sulit untuk dikembalikan oleh lawan.

2. Placement smash

Berbeda dengan hard driven, cara smash voli yang satu ini lebih fokus pada akurasi dan penempatan bola. Pemain mencoba untuk mengarahkan bola ke bagian lapangan yang sulit dijangkau oleh lawan, membuat mereka kesulitan untuk mengembalikan bola dengan tepat.

3. Roll shot

Teknik dasar smash ini dilakukan dengan menggunakan gerakan seperti menggulung bola ke arah lawan dengan kecepatan rendah, namun sulit untuk diprediksi. Teknik roll shot biasanya digunakan untuk mengelabui pertahanan lawan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan poin.

4. Cut shot

Cara melakukan smash bola voli ini bertujuan untuk memotong dan mengarahkan bola ke sisi lapangan lawan dengan sudut yang tajam sehingga membuat lawan sulit untuk mengantisipasi dan mengembalikan bola.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Smash Bola Voli

Saat melakukan smash bola voli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pukulan smash lebih efektif untuk mencetak skor saat bertanding.

  • Atur posisi tubuh. Cara melatih smash bola voli supaya lebih efektif adalah dengan kemampuan mengatur posisi tubuh, yaitu kedua kaki dibuka selebar bahu dan menekuk lutut agar lebih stabil. Selain itu, pastikan juga tubuh atas dalam posisi yang tegak dan siap untuk melakukan gerakan smash.
  • Gunakan lengan yang dominan memukul bola dengan tenaga yang kuat dan arah yang tepat sasaran. Pukulan dilakukan dengan menggunakan lengan seperti melambungkan tangan ke atas kemudian memukul bola dengan telapak tangan yang terbuka.
  • Menyesuaikan dengan posisi bola. Pemain harus cermat memperhatikan posisi, arah dan kecepatan datangnya bola untuk disesuaikan dengan teknik pukulan smash yang tepat.
  • Koordinasi dengan setter. Komunikasi yang baik dengan setter sangat penting dalam melakukan smash yang efektif. Pemain harus memberi tahu setter tentang preferensi mereka dalam menerima bola, baik itu di depan, di belakang, atau di samping, sehingga setter dapat menyiapkan atau mengumpan bola dengan tepat.
  • Mengatur timing. Cara agar smash voli keras adalah cermat melihat timing. Pastikan untuk bisa memperhitungkan dengan baik kapan bola akan mencapai titik puncaknya sehingga smash lebih keras dan dilakukan dengan tepat.
  • Penggunaan tenaga. Meskipun penting untuk menggunakan kekuatan saat melakukan smash, tetapi juga penting untuk mengontrol kekuatan tersebut. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan tenaga karena hal itu dapat mengurangi akurasi dan kestabilan dalam pukulan.

Dengan memperhatikan cara smash bola voli dan teknik dasar lainnya yang perlu diketahui anak yang tertarik berlatih voli. Ibu juga perlu selalu menyediakan makanan dan minuman agar anak selalu berenergi dan aktif. Supaya anak dapat tanding bola voli dengan optimal, Ibu bisa memberikan asupan tambahan energi anak saat ia berolahraga, salah satunya adalah MILO Activ-Go.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

Bola. Macam-Macam Teknik Smes, Smash atau Spike dalam Permainan Bola Voli. Retrieved 8/5/2024 from https://www.bola.com/ragam/read/5095888/macam-macam-teknik-smes-smash-atau-spike-dalam-permainan-bola-voli#:

Oakville Volley Ball. Different Types of Spikes in Volleyball. Retrieved 8/5/2024 from https://www.oakvillevolleyball.com/different-types-spikes-volleyball/

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.