05 January 2024

Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Bagikan Artikel:

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure. Ciri-ciri insecure ini ternyata tak bisa dipandang mata. Hal ini karena dampak insecure bisa membuat produktivitas menurun hingga gangguan untuk mengembangkan diri.

Namun tenang saja, perasaan insecure dapat dipulihkan dengan berbagai cara. Sejumlah tips agar tidak insecure bahkan bisa dengan mudah diterapkan sehari-hari. Berikut cara agar tidak insecure yang dapat diterapkan dengan berkesadaran.

Penyebab Rasa Insecure

Insecure menurut para ahli adalah perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa takut, gelisah, malu, malu, hingga tidak percaya diri. Makna insecure juga dapat dipahami sebagai perasaan yang dapat bersumber dari dalam atau luar diri sendiri. 

Sebuah riset menyebutkan 40% penyebab seseorang merasa bahagia adalah hal-hal menyenangkan yang baru terjadi pada hidup. Penelitian itu kian menguatkan fakta bahwa kejadian yang dialami sangat berpengaruh terhadap suasana hati dan cara seseorang menilai dirinya sendiri.

Sebaliknya, kegagalan di banyak aspek akan membuat seseorang insecure terhadap diri sendiri, hingga berdampak pada pengendalian serta kepercayaan diri. Selain itu kecemasan sosial juga menimbulkan rasa tidak aman.

Ketika orang kurang percaya diri dalam situasi sosial seperti pesta keluarga, pertemuan bisnis, wawancara, meniti pendidikan hingga soal kencan, mereka merasa takut dengan pandangan orang terhadap mereka.

Tekanan orangtua juga dapat memicu insecure fisik sejak dini. Cara mendidik yang terlalu keras seperti membentak saat anak melakukan kesalahan atau memberikan pukulan bakal memberikan dampak pada perkembangannya. Anak cenderung jadi pribadi yang sering menyalahkan diri sendiri serta merasa tidak berharga.

Cara Agar Tidak Insecure

Perasaan insecure dapat dirasakan siapa saja dan manusiawi. Namun apabila terus didera ketakutan dalam hati, hal ini tentu tidak baik untuk perkembangan hidup. Sejumlah cara agar tidak insecure dapat mulai dicoba untuk mengubah suasana hati menjadi lebih semangat dan optimistis. Berikut sembilan cara menghilangkan rasa insecure terbaik.

1. Kenali Nilai Diri

Kenali diri dengan baik, catat semua hal yang telah kamu lakukan dengan benar. Terimalah diri apa adanya dan fokus pada kelebihan yang dimiliki. Ingatlah, setiap orang memiliki ciri khasnya sendiri. 

2. Berpikiran Positif

Setiap orang punya pilihan dalam menyikapi suatu hal. Ada orang yang menyikapi masalah dengan stres hingga menyalahkan diri sendiri, ada pula yang memandang sesuatu dengan positif. Berpikir positif tentu menjadi cara mengatasi insecure yang lebih baik. 

3. Fokus dengan Kekuatan

Memfokuskan diri pada kelebihan dan kekuatan akan membantu mengatasi insecure. Alih-alih cemas dengan kekurangan diri, lebih baik terus kembangkan potensi dan kelebihan untuk menghadirkan prestasi dan kepercayaan diri.

4. Hindari Orang Toxic

Berada di tengah orang dengan komentar negatif dan toxic tidak akan membantu untuk keluar dari rasa insecure. Jadi, hindarilah orang-orang yang bisa membawa pada hubungan toxic. Pilih lingkungan yang sehat dan suportif. 

5. Batasi Media Sosial

Disadari atau tidak, interaksi di media sosial seringkali membuat orang merasa insecure. Jika hal ini terjadi, tak ada salahnya untuk membatasi waktu yang kamu habiskan di dunia maya. Alihkan waktu ke hal produktif di kehidupan nyata.

Berjalan-jalan keluar rumah dengan hewan peliharaan, mencoba pengalaman baru, atau liburan ke tempat impian bisa dilakukan untuk mengatasi rasa insecure.

6. Cari Kegiatan yang Membahagiakan

Cara mengatasi insecure selanjutnya adalah melakukan kegiatan yang kamu senangi. Hal itu akan membuat kamu bahagia hingga melupakan rasa takut dan cemas.

7. Lakukan Kebaikan

Menebar kebaikan memungkinkan kita mendapatkan kenyamanan dalam hati. Hal ini lebih baik daripada terus menyalahkan diri sendiri.

8. Berhenti Membanding-bandingkan

Masihkah kamu membandingkan diri dengan orang lain? Jika iya, tinggalkanlah kebiasaan itu. Kehidupan dan perjalanan hidup setiap orang berbeda. Oleh karena itu, tidak ada gunanya risau dengan pencapaian orang lain. Fokuslah pada diri sendiri.

9. Berkonsultasi dengan Profesional

Jika sejumlah cara tidak insecure tadi belum manjur bahkan berlarut-larut dan mengganggu kesehatan, berkonsultasi dengan profesional dapat menjadi pilihan. Saran dari profesional di bidangnya diharapkan bisa membawa mendapat solusi yang tepat.

Itu dia sejumlah cara agar tidak insecure yang dapat diterapkan sehari-hari. Mengonsumsi minuman sehat dan berenergi menjadi salah satu cara menyenangkan untuk menghilangkan insecure dan meningkatkan percaya diri bagi anak.

Sarapan bernutrisi dan juga segelas MILO 3in1 sebagai pelengkapnya bisa memberi anak pengalaman makan yang menyenangkan. Rasa nikmat dari minuman coklat berenergi ini berasal dari kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt. Tidak hanya enak, varian MILO ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Better Up - Improve Your Confidence: 10 Ways to Overcome Insecurities. Dari https://www.betterup.com/blog/how-to-overcome-insecurities. Diakses 19 September 2023
  2. Psyc Alive - How to Overcome Insecurity: Why Am I So Insecure? Dari https://www.psychalive.org/how-to-overcome-insecurity/. Diakses 19 September 2023
  3. Healthline - How to Improve Your Self-Esteem and Fight Insecurity. Dari https://www.healthline.com/health/how-to-stop-being-insecure#affirm-your-value. Diakses 19 September 2023
  4. Young On Top - Cara Cepat Mengatasi Insecure. Dari https://www.youngontop.com/cara-cepat-mengatasi-insecure/.  Diakses 19 September 2023
  5. Verywell Mind - How to Be Less Insecure. Dari https://www.verywellmind.com/how-to-be-less-insecure-7100449. Diakses 19 September 2023
  6. Wiki How - How to Stop Being Insecure, and Just Love You: 14 Steps. Dari https://www.wikihow.com/Stop-Being-Insecure,-and-Just-Love-You.Diakses 19 September 2023
  7. Mental Help - Are You Self-Blaming And Self-Critical? Dari https://www.mentalhelp.net/blogs/are-you-self-blaming-and-self-critical/. Diakses 19 September 2023
  8. MILO Indonesia - 5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh. Dari https://www.milo.co.id/artikel/inspirasi-nutrisi-aktivitas/cara-percaya-diri.Diakses 19 September 2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.