24 October 2022

Manfaat Vitamin B Complex dan Akibat Jika Kekurangan Asupannya

Bagikan Artikel:

Ibu pastinya paham anak memerlukan makronutrien dan mikronutrien untuk tumbuh kembangnya. Salah satu jenis nutrisi yang diperlukan adalah vitamin B complex.

Vitamin B kompleks adalah satu kemasan suplemen yang biasanya mengandung delapan jenis vitamin B. Dikutip dari Academy of Nutrition and Dietetics, vitamin B adalah stimulus yang bisa mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Biasanya, vitamin ini berguna untuk menjaga fungsi tubuh agar bisa berjalan.

Manfaat Vitamin B Complex

Vitamin B complex terdiri dari delapan vitamin larut air yang berperan penting dalam metabolisme dalam tubuh. Vitamin ini membantu enzim dalam tubuh melakukan tugasnya dan penting untuk berbagai fungsi seluler, seperti memecah karbohidrat dan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan vitamin B membantu tubuh Anda bekerja lebih baik. Berikut macam-macam vitamin B dan manfaatnya untuk anak:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 penting untuk pertumbuhan anak, lho. Terutama untuk perkembangan kemampuan sensorik dan motoriknya. Ini karena tiamin yang terkandung di dalam vitamin ini bisa mencegah hilangnya kemampuan meraba pada tangan dan kaki, kesulitan berjalan, kelumpuhan, hingga gagal jantung. Jenis nutrisi ini bisa didapatkan di gandum, ragi, kacang-kacangan, dan juga daging. Jika Ibu tidak ingin si kecil mudah sakit, pastikan kebutuhan vitamin B1 terpenuhi. Sebab, vitamin B1 membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stres.

2. Vitamin B2

Ketika anak sudah memasuki usia sekolah, daya tahan tubuh pastinya menjadi perhatian utama. Hal ini karena anak sudah berinteraksi dengan orang lain dan juga lingkungan yang berbeda. Nah, vitamin B2 ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jenis nutrisi ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, saluran pencernaan, dan sel darah. Vitamin B2 merupakan komponen penting dari dua koenzim utama, flavin mononukleotida dan flavin adenine dinucleotide. Koenzim ini sangat penting untuk fungsi seluler, produksi energi, perkembangan, dan pertumbuhan anak.  Untuk mendapatkan vitamin B2, Ibu bisa menyajikan sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, dan produk olahan susu.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin secara efektif meredakan respons peradangan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Biasanya, anak usia sekolah mudah sekali terkena penyakit pencernaan, terutama diare. Hal tersebut karena tubuh mudah terkena radikal bebas penyebab diare. Selain itu, vitamin B3 juga mencegah gangguan fisik dan mental. Ibu bisa mendapatkannya di dalam ikan, daging, kacang-kacangan, dan produk olahan susu.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 sangat dibutuhkan untuk anak yang punya segudang kegiatan karena nutrisi ini berguna untuk bantu pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Vitamin ini juga berperan penting dalam pembuatan asam lemak dan hormon penting, sekaligus menjaga otot dan sistem pencernaan tetap sehat. Vitamin B5 biasa ditemukan dalam gandum, kentang, produk olahan susu, hati, brokoli, kembang kol, dan alpukat.

5. Vitamin B6

Tahukah Ibu sel darah merah diperlukan agar peredaran darah di dalam tubuh lancar. Ketika peredaran darah lancar, pastinya anak tidak merasa lesu dan mudah berkonsentrasi. Nah, manfaat vitamin B6 adalah membantu metabolisme asam amino dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 juga penting untuk perkembangan otak si kecil dan menjaga sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh mereka tetap sehat. Untuk asupan nutrisi ini, Ibu bisa memberikan buah-buahan, kentang, ikan, ayam, serta hati kepada anak.

6. Vitamin B7

Vitamin B complex untuk apa lagi? Tentunya masih banyak lagi manfaat dari vitamin ini, terutama yang jenis B7. Nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan, kesehatan tulang, dan rambut. Tubuh anak membutuhkan biotin untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Semua sel di tubuh anak Anda membutuhkan biotin agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jenis vitamin ini bisa didapatkan di dalam telur, kacang-kacangan, ikan, dan kacang almond.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 biasa ditemukan dalam bahan makanan sayuran hijau, asparagus, tauge, jeruk, gandum, serta kacang-kacangan. Bila anak masih dalam masa tumbuh kembang, tampaknya nutrisi yang satu ini dapat membantu kelancarannya. Vitamin ini penting untuk membuat sel darah, dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Vitamin B9 atau asam folat sangat penting selama awal kehamilan untuk membantu mengurangi risiko beberapa cacat lahir, seperti spina bifida.

8. Vitamin B12

Tak cuma tulang saja yang harus dijaga, saraf pun harus menjadi perhatian Ibu. Nah, vitamin B12 ini berguna untuk menjaga kesehatan sel saraf dan produksi sel darah merah. Vitamin B12 sangat penting untuk meningkatkan fungsi kognitif dan perkembangan otak. Tentunya, ini diperlukan untuk pertumbuhan anak, lho. Ibu bisa menyajikan dalam produk olahan susu, ikan, daging, serta hati.

Bahaya Kekurangan Vitamin B

Setiap orang membutuhkan asupan vitamin B kompleks  untuk sehari-hari, namun dalam dosis dan jumlah yang berbeda. Untuk anak-anak berusia di bawah 8 tahun, asupan harian vitamin B complex yang dianjurkan adalah 0,3-0,6 mg. Sedangkan, vitamin B sejumlah 0,9-1,2 mg per hari dibutuhkan untuk anak berusia delapan tahun ke atas.

Jika asupan vitamin B harian kurang terus menerus, maka kita bisa mengalami berbagai masalah kesehatan tubuh yang serius. Misalnya kekurangan B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri. Hal ini dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular atau sistem saraf. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan pellagra, penyakit yang terutama menyerang kulit namun juga dapat menyebabkan demensia.

Pada anak-anak, kekurangan vitamin B12 dapat membuat mereka merasa lemas dan lelah serta memperlambat tumbuh kembangnya. Anak yang kekurangan vitamin B9 juga bisa mengalami kelelahan, pertumbuhan fisik yang buruk, diare, dan mudah tersinggung. Pada ibu hamil, kekurangan asam folat juga dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang.

Jika asupan vitamin B2 tidak tercukupi, anak bisa mengalami kelainan kulit, hiperemia (kelebihan darah) dan edema pada mulut dan tenggorokan, stomatitis sudut (lesi di sudut mulut), cheilosis (bibir bengkak dan pecah-pecah), rambut rontok, masalah reproduksi, sakit tenggorokan, mata gatal dan merah, serta degenerasi hati dan sistem saraf. Sedangkan kekurangan vitamin B5 tidak jarang bisa memicu insomnia, depresi, muntah, sakit perut, dan infeksi saluran pernapasan atas.

Nah, itu dia manfaat vitamin B complex untuk anak. Selain memastikan kebutuhan vitamin B anak terpenuhi, ibu juga bisa melengkapi nutrisi harian mereka dengan memberikan Milo 3in1. Milo 3in1 bisa dikonsumsi di pagi hari agar si kecil siap menjalankan aktivitasnya. Produk MILO ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Inspirasi Nutrisi

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Manfaat vitamin k bagi tubuh Aktivitas
Berikut 7 Kegunaan Vitamin K Bagi Tubuh

Walaupun jenis vitamin K belum terlalu populer, tapi Ibu perlu tahu kalau manfaat vitamin K juga dibutuhkan oleh orang dewasa dan juga anak karena

Manfaat mineral bagi tubuh Aktivitas
Apa Saja Manfaat Mineral Bagi Tubuh? Simak Penjelasan Berikut!

Supaya kesehatan tubuh anak selalu terjaga, kebutuhan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral selalu terpenuhi

Makanan tinggi asam folat Aktivitas
Apa Manfaat Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat?

Ibu perlu tahu bahwa anak perlu mengonsumsi folat atau asam folat cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Dari data Kementerian Kesehatan

Akibat kekurangan nutrisi Aktivitas
Akibat Kekurangan Nutrisi dan Cara Tepat Mencegahnya

Problem kekurangan nutrisi yang termasuk dalam salah satu kategori malnutrisi pada anak perlu jadi perhatian serius karena dampaknya bisa memicu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.