manfaat vitamin b complexmanfaat vitamin b complex

Tak Hanya Vitamin C, Vitamin B Juga Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Lho!

26 August 2021

facebook iconwhatsapp icon

Pada masa pandemi seperti saat ini, anak membutuhkan sejumlah nutrisi yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Tentunya, Ibu bisa mendapatkannya dari makanan dan minuman tertentu. Salah satu yang diperlukan adalah Vitamin B Complex. Kira-kira apa saja manfaat Vitamin B Complex untuk anak, ya?

Sebelum mencari tahu kegunaan Vitamin B Complex, ada baiknya Ibu memahami dulu beberapa hal soal jenis nutrisi tersebut. Perlu Ibu ketahui, Vitamin B Complex sebenarnya terdiri dari delapan jenis vitamin (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12) yang berbeda. Semua fungsi Vitamin B Complex adalah mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi untuk tubuh.

Beberapa keunikan lainnya dalam manfaat Vitamin B Complex :

1. Menjaga Metabolisme Tubuh agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Manfaat Vitamin B Complex yang pertama adalah membantu tubuh untuk mengolah makanan dan minuman menjadi energi. Ketika energi tubuh terpenuhi, metabolismenya pun akan meningkat. Hal ini membuat anak tak mudah terserang penyakit walaupun aktif berkegiatan.

2. Memproduksi Sel Darah Merah yang Sehat

Peredaran darah yang lancar juga diperlukan anak untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Melalui darah, seluruh nutrisi yang dikonsumsi dapat diedarkan ke organ-organ lainnya. Vitamin B2 atau riboflavin ini membantu produksi sel darah merah yang sehat.

Selain itu, riboflavin juga dapat membantu produksi energi dan memperlancar sistem pencernaan di tubuh anak. Vitamin B2 ini juga diperlukan untuk meleburkan lemak dan obat-obatan yang tengah dikonsumsi. Untuk mendapatkan Vitamin B2, Ibu bisa menyediakan daging merah ataupun jamur dalam menu harian anak.

3. Menghasilkan Energi

Energi sangat dibutuhkan anak dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi anak yang sering melakukan kegiatan olahraga. Untuk itu, Ibu memerlukan sejumlah nutrisi yang dapat mendukung hal tersebut. Nah, kegunaan Vitamin B Complex lainnya adalah menghasilkan energi di dalam tubuh. Ketiga energi anak terpenuhi dengan baik, tubuhnya juga bekerja dengan optimal, termasuk sistem imunnya.

4. Membantu Mengatasi Stres agar Daya Tahan Tubuh Tidak Turun

Benarkah anak juga bisa stres? Jawabannya adalah iya, Bu. Banyak faktor yang bisa memicu stres pada anak, beberapa di antaranya adalah merasa terkekang karena tidak bisa keluar rumah, atau hanya melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Tentunya, masalah ini sangat mungkin muncul selama pandemi saat ini. Padahal, salah satu cara menjaga sistem imun bekerja optimal adalah menghindari stres dan pemicunya. Untuk itu, Ibu harus memberikan perhatian lebih untuk anak. Salah satunya dengan memberikan Vitamin B Complex.

Mengapa harus Vitamin B Complex? Ini karena terdapat vitamin B6 atau pyridoxine yang dapat mendukung kesehatan dan perkembangan otak anak. Jenis vitamin ini juga berhubungan dengan bahan kimia dalam tubuh, seperti serotonin serta norepinephrine. Keduanya ini ternyata memiliki fungsi mengatur mood, fungsi tubuh normal, dan juga respon terhadap stres. Itu sebabnya, anak memerlukannya agar lebih tenang dan dapat mengontrol emosi. Ketika emosi dan stresnya teratasi dengan baik, imun tubuhnya pun akan lebih terjaga.

5. Mencegah Anemia

Salah satu masalah kesehatan yang dapat membuat imunitas tubuh anak menurun adalah anemia. Umumnya, anak yang memiliki problem tersebut akan mudah lelah dan terlihat lesu. Bahkan, jadi sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, Ibu memerlukan sejumlah nutrisi seperti Vitamin B Complex untuk mencegah anemia pada anak kambuh.

Salah satu jenis vitamin B yang paling dikenal adalah vitamin B12 atau kobalamin. Manfaat Vitamin B Complex yang satu ini berhubungan dengan darah. Salah satunya adalah membantu agar produksi sel darah merah lancar sehingga kebutuhannya tercukupi. Tak cuma itu, nutrisi yang satu ini juga menjaga bentuk sel darah merah.

Bila anak mengonsumsi cukup Vitamin B Complex, tentunya akan terhindar dari masalah anemia. Ibu tak perlu khawatir anak beraktivitas fisik seharian. Untuk mendapatkannya, Ibu bisa memberikan ikan, kerang, susu, ataupun keju kepada anak setiap harinya.

Baca Juga:  Manfaat Vitamin B untuk Anak yang Perlu Ibu Tahu!

Ternyata, kegunaan Vitamin B Complex banyak sekali, ya. Mulai sekarang, Ibu harus memperhatikan kebutuhan anak terhadap vitamin ini. Terutama untuk menguatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan anak. Jangan sampai terlewatkan!

Untuk mempermudah anak mendapatkan beragam manfaat Vitamin B, Ibu bisa memberikan MILO Activ-Go setiap hari. Minuman coklat ini diperkaya Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak terus berenergi sepanjang hari. Yuk, berikan anak minuman yang lezat dan kaya manfaat Vitamin B Complex, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan energinya!

buy now image
BELI PRODUK MILO