15 November 2022

5 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Mudah Dikreasikan

Bagikan Artikel:

Sarapan pagi yang sehat ternyata bisa menentukan performa anak seharian, lho. Jangan sampai anak Ibu merasa loyo sehingga tidak bisa melakukan aktivitas hingga usai. Itu sebabnya, menu sarapan pagi sehat sangat dibutuhkan untuk anak.

Perlu Ibu ketahui, beberapa penelitian sarapan sehat memiliki sejumlah masalah untuk kesehatan tubuh. Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan jumlah energi, kemampuan konsentrasi, dan juga membantu mengatur berat badan.

Bahkan, sejumlah penelitian mengatakan, kebiasaan melewatkan waktu sarapan pagi bisa membuat anak mengonsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi. Hal ini tentunya dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya bila terus-menerus dilakukan.

Supaya manfaat yang diterima anak maksimal, Ibu bisa memberikan makanan yang baik di pagi hari. Berikut ini menu makan pagi sehat yang dapat dikreasikan dengan mudah dan praktis.

Baca Juga: 6 MENU SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK

1. Nasi Goreng

Menu sarapan pagi yang sehat ini pastinya menjadi favorit keluarga. Siapa yang tak pernah makan nasi goreng? Pastinya, menu khas Indonesia ini sering dibuat dalam setiap keluarga. Nah, hidangan ini bisa menjadi pilihan anak sarapan sebelum berangkat ke sekolah.

Bahkan, Ibu bisa membuat yang sehat, lho. Ibu tinggal tambahkan sayuran, seperti kol, wortel, ataupun kacang polong. Jangan lupa lengkapi dengan protein hewani dari telur, ayam, ataupun daging. Jangan lupa untuk menggunakan minyak yang kadar lemak tak jenuhnya sedikit.

Menu nasi goreng ini juga bisa dibawakan sebagai bekal di sekolah, lho. Kamu bisa menambahkan sosis ataupun bakso di dalamnya. Membuatnya pun tak memerlukan waktu yang lama.

2. Sandwich

Perlu Ibu pahami kalau tidak semua anak menyukai konsumsi makanan berat pada pagi hari. Ada yang cuma menginginkan makanan yang lebih ringan, seperti roti dan juga pancake. Untuk itu, Ibu bisa memilih hidangan sandwich untuk memulai hari anak.

Kunci dari sandwich yang mengenyangkan itu adalah isiannya. Jadi, ibu menambahkan beberapa macam isian. Misalnya, selada, keju, sosis, fillet ayam, daging ikan tuna, daging salmon, ataupun daging panggang. Hidangan yang satu ini juga bisa menjadi pilihan menu bekal anak di sekolah, lho. Cara membuatnya pun mudah.

3. Nasi Kuning

Ada yang bilang kalau orang Indonesia belum makan nasi, pastinya susah merasa kenyang. Itu sebabnya, menu nasi kuning bisa menjadi menu sarapan pagi yang sehat buat anak Ibu. Hidangan yang dikenal di Pulau Jawa ini cukup unik karena berwarna kuning.

Tentunya, ada topping atau lauk pelengkap dari nasi kuning. Misalnya, tempe orek, tahu, tempe, telur dadar, perkedel, sambal goreng ati, dan juga serundeng. Ada juga yang menambahkan ayam goreng atau daging empal di dalamnya. Sudah dipastikan anak akan merasa puas dengan sarapan paginya.

Baca Juga: 4 HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT BUAT SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK

4. French Toast

Kalau dilihat sekilas, menu sarapan pagi yang sehat berikut ini tidak mengenyangkan. Jangan heran anak akan langsung meminta menu lain ketika sajian french toast dihidangkan. Padahal, hidangan yang satu ini kaya kalori sehingga dapat mengenyangkan perut anak ketika mau berangkat ke sekolah.

Biasanya, french toast dinikmati dengan topping manis. Misalnya, madu, gula bubuk, dan juga selai. Namun, ada juga yang membuatnya dengan cita rasa gurih, seperti menambahkan daging asap, ayam panggang, hingga suwiran ikan tuna. Ibu bisa menyesuaikan pelengkap yang jadi favorit anak.

5. Bubur Ayam

Tahukah Ibu mengonsumsi bubur ternyata bisa membuat anak kenyang lebih lama. Coba membuat menu bubur ayam sebagai sarapan pagi anak. Rasanya yang gurih dan lezat dapat membuat anak suka menyantapnya. Ditambah lagi bubur ayam bisa membuat perut anak terasa lebih nyaman serta hangat.

Karena berbahan dasar beras, pastinya bubur ayam kaya akan karbohidrat. Nah, kandungan ini dapat menjadi sumber energi anak untuk beraktivitas di sekolah. Ditambah lagi kalau Ibu mau menggunakan topping lengkap, seperti ayam suwir, cakue, kacang goreng, dan juga bawang goreng. Pastinya terasa lebih yummy.

Itu tadi menu sarapan pagi yang sehat dan mudah sekali dibuat Ibu. Jangan lupa untuk selalu menyediakan sarapan pagi untuk anak. Lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, berikanlah MILO Activ-Go setiap hari.

MILO Activ-Go memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.