04 January 2024

Ini Dia Panduan dan Peraturan Mini Soccer yang Perlu Diketahui

Bagikan Artikel:

Permainan mini soccer atau sepak bola mini saat ini menjadi salah satu olahraga favorit di kalangan anak dan remaja, terutama laki-laki. Dan bagi Ibu yang anaknya tertarik mencoba permainan ini pun bisa membantu menjelaskan pada mereka apa saja peraturan mini soccer, beda mini soccer dengan futsal dan sepak bola, juga manfaat olahraga ini bagi kesehatan. Yuk, simak bahasan berikut. 

Apa Itu Mini Soccer?

Mini soccer adalah salah satu cabang dari olahraga sepakbola yang dimainkan dengan jumlah pemain lebih sedikit,  yaitu sekitar 7 pemain inti (namun bisa juga dimainkan dengan 5 atau 6 pemain) dan 3 pemain cadangan dalam setiap tim.

Di Indonesia sudah ada federasi khusus yang menaungi mini soccer yaitu Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI)  dan terbentuk sejak 2016.

Perbedaan Peraturan Mini Soccer dengan Futsal dan Sepak Bola

Saat anak mulai tertarik untuk berlatih mini soccer, Ibu juga bisa menjelaskan apa saja perbedaan antara mini soccer dengan futsal dan juga sepak bola.

Perbedaanya terletak pada jumlah pemain, ukuran lapangan, dan aturan permainan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak bahasan berikut.

  • Jumlah pemain. Futsal dimainkan oleh 5 pemain dalam setiap tim, sedangkan jumlah pemain mini soccer adalah maksimum 7 pemain tiap regu, dan jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang per tim .
  • Ukuran lapangan. Ukuran luas lapangan mini soccer lebih kecil dari ukuran lapangan sepak bola, tapi lebih besar dibanding dengan lapangan futsal. Ukuran lapangan mini soccer di Indonesia ada beragam, dengan kisaran panjang 40-50 meter, sementara lebarnya 20-25 meter.   Namun untuk standar dari WMF ( World Mini Football), standar lapangan mini soccer adalah 60 x 40 meter.
  • Ukuran Gawang. Ukuran gawang mini soccer adalah tinggi 2 meter dan lebar 5 meter (untuk  ukuran lapangan 60 meter x 40 meter). Ukuran gawang tersebut bisa berbeda karena mengikuti pada ukuran garis luas area lapangan. 
  • Durasi Pertandingan. Aturan mini soccer untuk durasi pertandingan adalah dibagi menjadi dua babak, dimana masing-masing babak 20 menit atau 25 menit dan ada jeda istirahat 10 menit. Durasi ini bisa berbeda tergantung pada federasi atau liga tempat pertandingan diadakan. Durasi waktu ini sama dengan futsal. Sedangkan untuk sepak bola adalah 2 x 45 menit.
  • Aturan Permainan. Ibu bisa menjelaskan pada anak kalau peraturan mini soccer FIFA tidak ada kaitan resmi dengan Lembaga tersebut. Bahkan di mini soccer tidak ada aturan kartu merah, kuning, dan offside yang biasanya diberlakukan di sepak bola.

Manfaat Bermain Mini Soccer

Sebagai salah satu permainan yang sekaligus olahraga, mini soccer memberikan beberapa manfaat pada kesehatan fisik, mental, dan kemampuan sosial anak. 

1. Meningkatkatkan Kesehatan Fisik

Bermain mini soccer dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi anak-anak. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, mendukung metabolism tubuh, dan mengurangi risiko penyakit.

2. Melatih Kerja Sama

Saat anak bermain mini soccer, mereka belajar untuk bermain dalam tim yang mengajarkan anak-anak tentang pentingnya bekerja sama, berkomunikasi dengan efektif, dan saling mendukung.

3. Meningkatkan Percaya Diri

Saat anak mencetak gol atau timnya menang, hal tersebut bisa memberikan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

4. Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan

Bermain mini soccer juga melatih anak untuk membuat keputusan dan berpikir secara cepat dan bisa memberikan stimulasi pada kemampuan kognitif mereka.

Setelah mengetahui tentang serunya permainan dan peraturan mini soccer yang merupakan olahraga yang banyak digemari anak, Ibu juga perlu selalu menyediakan makanan dan minuman agar anak selalu berenergi dan aktif. Supaya anak dapat beraktivitas mini soccer dengan optimal, Ibu bisa memberikan asupan tambahan energi anak saat ia berolahraga, salah satunya adalah MILO Activ-Go.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Goal. Sepakbola Mini Indonesia: Tempat Pendeklarasian, Badan Kepengurusan Resmi (FSMI), Regulasi, & Sejarah. Dari https://www.goal.com/id/berita/sepakbola-mini-indonesia-tempat-pendeklarasian-fsmi-regulasi--sejarah/1c3vj7n03zf561b0bgyzdmnkdt . Diakses 5/10/2023
  2. Reform Sport. Features and Dimensions of Mini Football Field. Dari https://en.reformsports.com/features-and-dimensions-of-mini-football-fields/#:~: . Diakses 5/10/2023
  3. Royal Sport Flooring. Standar Ukuran Lapangan Mini Soccer Lengkap WMF. Dari https://www.royalsportflooring.com/p/ukuran-lapangan-mini-soccer.html  . Diakses 5/10/2023
  4. Brazilian Soccer Schools Indonesia. Dari https://www.bssindonesia.co.id/blog/lapangan-mini-soccer . Diakses 5/10/2023
  5. England Football. From Fun to Fitness: 11 Reasons to Get Your Child into Mini-Soccer. Dari https://www.englandfootball.com/articles/2023/Jan/17/11-Reasons-to-Get-Your-Child-into-Mini-Soccer-20230117   . Diakses 5/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.