12 December 2023

9 Cara Melakukan Passing Bola Basket yang Benar

Bagikan Artikel:

Buat Kamu yang punya angan-angan jadi playmaker, Kamu wajib mengetahui cara melakukan passing bola basket yang benar. Seperti diketahui, passing adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Dalam olahraga beregu ini, keterampilan passing sangat penting untuk menggerakkan bola kepada rekan satu tim dalam permainan.

Selain itu, keahlian ini juga berguna untuk mengendalikan tempo sekaligus permainan bola basket. Sayangnya, sejumlah pemain  hanya fokus mencetak angka, tanpa serius menguasai teknik mengoper bola ini.

Apa itu Teknik Passing?

Perlu Kamu ketahui, jenis teknis passing dalam permainan bola basket sebenarnya hanya ada dua, yakni melemparkan bola secara langsung atau air pass, serta dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai atau bounce pass.

Nah, dari dua jenis teknik dasar passing tersebut, muncul beberapa variasi untuk mengumpan bola basket.

9 Cara Melakukan Passing Bola Basket

Berikut ini beberapa cara melakukan passing bola basket sesuai jenis atau variasi tekniknya:

  • Air Pass

Air pass dilakukan dengan memegang bola menggunakan dua tangan, lalu bola dilempar langsung ke teman yang akan diberi umpan, tanpa memantulkannya ke lantai. Agar hasilnya optimal, pegang bola dan dorong sekuat mungkin dengan kedua tangan.

  • Chest Pass

Chest pass dilakukan dengan memegang bola menggunakan kedua tangan, tepatnya menempatkan kedua ibu jari di belakang bola dari arah dada. Agar umpan yang dihasilkan bagus, sebelum bola dilempar, pastikan umpan diberikan pas di dada penerima, jangan lebih tinggi atau lebih rendah.

  • Bounce Pass

Operan ini dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai. Tapi ingat kunci suksesnya, lemparkan bola sejauh mungkin sehingga bola bisa memantul setinggi pinggang penerima. Ada teori yang menyebut, lempatkan 3/4 jarak dari penerima. Tapi jarak ini bisa relatif, jadi Kamu perlu sedikit eksperimen.

  • Overhead Pass

Agar overhead pass optimal, sebelum mengoper, Kamu perlu membawa bola tepat di atas dahi, jangan terlalu jauh sampai ke belakang kepala. Setelah itu, baru arahkan bola ke bagian dagu teman setim Kamu.  

  • Wrap Around Pass

Kamu bebas menggunakan variasi teknik air pass atau bounce pass untuk melakukan umpan melingkar, tapi ingat, hanya lakukan dengan menggunakan satu tangan. Meskipun cuma satu tangan, operan bola ini apabila dilakukan sekuat tenaga bisa membuat bola melintasi hampir seluruh lapangan basket.

  • Baseball Pass

Target umpan ini mirip dengan pukulan bola dalam olahraga baseball, yakni bisa menghasilkan operan panjang hanya menggunakan satu tangan. Tapi hati-hati, anak kecil yang tangannya belum kuat, atau baru belajar basket, sebaiknya tidak melakukan teknik ini karena rentan bikin cedera. 

  • Dribble Pass

Variasi teknik passing dalam permainan bola basket ini dilakukan dengan mengoper bola dengan cepat dengan salah satu tangan yang sedang men-drible bola. Operan ini bisa dilakukan dengan air pass atau langsung, maupun dengan bounce pass atau memantulkan bola ke lantai.

  • Behind-the-Back Pass

Teknik passing ini membutuhkan keterampilan tinggi. Sebelum melemparkan bola, Kamu perlu melingkarkan bola di punggung bagian belakang. Tujuannya untuk mencegah bola dikuasai lawan. Kamu juga bisa menggunakan operan ini untuk mengecoh lawan, lho.

  • Pick-and-Roll Pass

Kamu juga bisa menjajal variasi teknik operan untuk mengecoh lawan ini, terutama jika pertahanan lawan sulit ditembus. Caranya, Kamu perlu menggiring bola ke kanan, lalu dengan cepat arahkan tubuh ke sisi kiri, kemudian oper bola ke arah teman sebelum lawan menyadarinya. 

Setelah menyimak cara melakukan passing bola basket yang benar sesuai tekniknya di atas, pastikan Kamu juga mempersiapkan asupan untuk menunjang gaya hidup aktif ini. Untuk tambahan energi dan nutrisi saat beraktivitas, konsumsi MILO Activ-Go. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.