31 August 2022

Kandungan Minuman Coklat untuk Meningkatkan Daya Ingat

Bagikan Artikel:

Tampaknya hampir semua anak menyukai minuman coklat. Bahkan, ada yang mengonsumsinya setiap hari. Kadang-kadang, Ibu tak yakin soal keamanan dan nutrisi jenis minuman ini. Namun, bila Ibu memilih yang tepat, pastinya coklat punya khasiat yang baik bagi tubuh anak. Bahkan, disebut-sebut sebagai minuman yang dapat meningkatkan daya ingat.

Ternyata mengonsumsi minuman coklat bisa mendatangkan manfaat yang sangat menguntungkan, terutama untuk anak yang aktif. Menurut jurnal The Netherlands Journal of Medicine pada tahun 2013, di dalam coklat terkandung senyawa fenolik yang aktif secara biologis.

Nah, senyawa tersebut membuat coklat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anak. Mulai dari menunda proses penuaan, hingga mengurangi risiko munculnya stres. Biasanya, Ibu akan memadukan coklat dengan susu ketika akan disajikan sebagai minuman. Tentunya, manfaat dari sajian tersebut makin bertambah. Terutama untuk perkembangan otak anak. Biasanya, Ibu akan memadukan coklat dengan susu ketika akan disajikan sebagai minuman. Tentunya, manfaat dari sajian tersebut makin bertambah. Terutama untuk perkembangan otak anak.

Supaya Ibu makin yakin memberikan sajian coklat ini untuk anak, coba cek beberapa manfaat minuman coklat untuk otak anak berikut ini.

Baca Juga : 5 Kreasi Minuman Coklat Bubuk untuk Momen Spesial Bersama Keluarga

 

1. Meningkatkan Memori Otak

Dapat dibilang coklat juga bisa menjadi minuman penambah daya ingat, lho. Berdasarkan jurnal Neurology pada tahun 2013, beberapa partisipan penelitian yang mengonsumsi minuman coklat dua kali sehari dalam satu bulan ternyata mengalami peningkatan kerja otak. Termasuk di dalamnya terkait dengan daya ingat. Kondisi ini jauh lebih baik dibanding partisipan yang tidak mengonsumsi jenis minuman tersebut.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena coklat kaya akan flavanol. Ini merupakan salah satu antioksidan yang bisa meningkatkan kerja otak dan juga fungsi pembuluh darah. Jadi, aliran darah ke otak dapat berjalan lebih lancar. Tentunya, ketika itu terjadi, anak akan lebih fokus, punya daya ingat bagus, dan kemampuan belajar meningkat.

 

2. Membantu Anak Lebih Pintar

Selain membantu meningkatkan daya ingat anak, coklat ternyata juga bisa membuatnya semakin pintar, lho. Bagaimana caranya, ya? Menurut studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition pada Mei 2017, flavanol yang terkandung dalam coklat ternyata bisa meningkatkan fungsi otak manusia.

Bahkan, berdasarkan penelitian John Hopkins University, coklat dapat melindungi otak dari kerusakan akibat penyakit stroke. Itu artinya, coklat dapat menjaga saraf dan otak dari sejumlah gangguan. Nah, saat otak sudah terjaga, organ tubuh yang satu ini jadi lebih mudah dan leluasa bekerja, sehingga kecerdasan anak pun bisa meningkat.

 

3. Menurunkan Risiko Gangguan Kognitif Ringan

Apa yang dimaksud dengan gangguan kognitif ringan? Sebenarnya, ini merupakan kondisi permasalahan di otak yang dapat berkembang menjadi demensia atau pun Alzheimer ketika tua nanti. Perlu Ibu tahu kalau para ahli percaya flavonoid dalam coklat dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif ketika tua nanti.

Selain itu, flavonoid juga disebut-sebut sebagai kandungan coklat yang membuat bahagia. Ketika mengonsumsi minuman dengan kandungan ini, seketika anak akan lebih relaks dan tenang. Bahkan, bisa membuat stres berkurang. Tak heran banyak orang yang percaya kalau manfaat makan coklat untuk mood lebih baik.

Itu artinya, Ibu bisa membiasakan anak untuk mengonsumsi minuman coklat bergizi secara rutin sejak dini. Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. Selain praktis dikonsumsi, anak juga mendapatkan gizi yang diperlukan.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Milo RTD

manfaat minum susu coklat setelah makan Milo RTD
Manfaat Minum Susu Coklat Setelah Makan

Semakin bertambahnya usia anak, tentunya nutrisi yang dibutuhkan pun bertambah banyak. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan gizi hariannya.

5 makanan penambah energi setelah olahraga Milo RTD
5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan

mau konsumsi makanan rendah gula? cek 6 sayuran Ini Milo RTD
Mau Konsumsi Makanan Rendah Gula? Cek 6 Sayuran Ini

Tentunya, makanan kaya nutrisi wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk menyajikan makanan rendah gula. Padahal, bila

4 inspirasi kerajinan dari susu kotak UHT yang mudah ditiru Milo RTD
4 Inspirasi Kerajinan dari Susu Kotak UHT yang Mudah Ditiru

Susu kotak UHT bisa menjadi andalan Ibu ketika harus membawa bekal anak ke sekolah. Kemasannya yang praktis membuat jenis susu ini mudah dikonsumsi

manfaat minuman coklat bubuk sachet sebelum sekolah Milo RTD
Manfaat Minuman Coklat Bubuk Sachet Sebelum Sekolah

Minuman coklat bubuk hangat atau dingin selalu menjadi favorit anak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan lezat menjadi daya tarik utamanya. Namun,

4 manfaat susu UHT coklat untuk asupan energi anak Milo RTD
4 Manfaat Susu UHT Coklat untuk Asupan Energi Anak

Ketika usia anak bertambah, kegiatan yang diikuti pun makin banyak. Tak jarang aktivitas yang dipilih berhubungan dengan fisik. Hal ini membuatnya

wajib tahu, Ini 5 manfaat kalsium dalam susu sachet Milo RTD
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun

manfaat susu coklat kotak untuk bekal anak Milo RTD
Manfaat Susu Coklat Kotak untuk Bekal Anak

Anak pastinya sibuk seharian di sekolah. Tak jarang karena kesibukannya itu, anak sering melupakan kebutuhan nutrisinya. Padahal, ia memerlukannya

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah Milo RTD
4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah

Saat anak memasuki usia sekolah, Ibu harus mempersiapkan dan memerhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi anak. Perlu Ibu pahami