21 December 2023

Manfaat Lari untuk Perkembangan Kesehatan Anak

Bagikan Artikel:

Olahraga lari menjadi olahraga yang banyak digemari akhir-akhir ini. Tak hanya orang dewasa, olahraga lari juga banyak dilakukan anak-anak.

Di Inggris, lari dan atletik adalah aktivitas olahraga terpopuler ketiga pada anak usia 7-11 tahun dan aktivitas olahraga terpopuler keempat di antara anak usia 11-16 tahun.

Bagi orang dewasa, banyak manfaat yang bisa didapat dari rutin berolahraga lari seperti meningkatkan suasana hati, mengurangi berat badan, dan menyehatkan jantung. Lalu, apa manfaat lari bagi anak-anak?

1. Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Salah satu manfaat olahraga lari bagi kesehatan tubuh adalah kebugaran fisik dan mental. Berdasarkan rekomendasi resmi dari National Health Services (NHS) Inggris, aktif berolahraga selama 60 menit sehari membantu anak-anak mengembangkan koordinasi, menjaga berat badan yang sehat, dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Studi Sport England 2019 menemukan bahwa anak-anak yang aktif memiliki tingkat kebahagiaan dan ketahanan yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Anak-anak yang berlari secara teratur akan mulai melihat bagaimana performa mereka meningkat seiring dengan semakin seringnya mereka berlatih, sehingga meningkatkan kebanggaan dalam diri mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka, bahkan saat mereka berada di sekolah atau kehidupan sosial.

3. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit 

Olahraga aerobik seperti lari dapat meningkatkan sirkulasi darah, dampaknya bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Manfaatnya adalah membuat jantung memompa lebih baik. Selain itu, aktivitas seperti lari juga bantu mengontrol kadar gula darah. Aktivitas fisik yang rutin bisa membantu anak-anak mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, osteoporosis, dan obesitas.

4. Membangun Tulang, Otot, dan Sendi yang Sehat

Latihan penguatan atau strengthening adalah gerakan yang membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat. Aktivitas ini meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, membuat otot-otot kaki bekerja lebih keras. Aktivitas yang memperkuat tulang, seperti berlari dan melompat, memberikan beban pada tulang selama aktivitas berlangsung.

5. Jantung dan Paru-paru yang Kuat

Ketika aktif secara fisik, jantung dan paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Selain membuat otot lebih kuat, olahraga juga menyehatkan jantung dan paru-paru. Ketika kebugaran fisik meningkat, tubuh Anda menjadi lebih efisien dalam memasukkan oksigen ke dalam aliran darah dan mengangkutnya ke otot-otot yang bekerja.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat lari seperti pada jenis aktivitas fisik lain adalah untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan membakar lemak perut. Aktivitas fisik yang banyak meningkatkan jumlah kalori yang digunakan tubuh sebagai energi atau "pembakaran”. Pembakaran kalori melalui aktivitas fisik, dikombinasikan dengan mengurangi jumlah kalori yang dimakan, menciptakan "defisit kalori" yang dapat menurunkan berat badan. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah obesitas pada anak.

7. Tubuh Lebih Fleksibel

Aktivitas yang memanjangkan dan meregangkan otot dapat membantu mencegah cedera, sakit punggung, dan masalah keseimbangan. Otot yang diregangkan dengan baik lebih fleksibel dan meningkatkan kemampuan atletik dan kemampuan fungsional, seperti menjangkau, membungkuk, dan lain-lain.

8. Melatih Keseimbangan dan Memperbaiki Postur Tubuh

Berlari terbukti bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Seiring bertambahnya usia, kita cenderung membungkuk karena tulang menjadi lebih lemah dan otot-otot berkontraksi, dan berlari dapat membantu menunda atau mencegah hal ini.

9. Meningkatkan Konsentrasi dan Keterampilan Berpikir

Melakukan berbagai macam gerakan yang berbeda membantu anak mengembangkan koneksi penting dan jalur baru di otak mereka yang mendukung perkembangan kognitif serta meningkatkan konsentrasi, fokus, dan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, melakukan aktivitas fisik mendorong otak untuk melepaskan hormon endorfin, yang membuat tubuh anak merasa nyaman dan membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

10. Meningkatkan Kekuatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa berlari dapat meningkatkan kemampuan otak. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa olahraga secara rutin selama 6 bulan bisa meningkatkan aliran darah ke area otak yang terlibat dalam memori, verbal, dan kognitif. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa rutin melakukan olahraga lari dapat meningkatkan ingatan.

Meski banyak manfaat yang bisa didapat dari lari, anak-anak perlu memulai olahraga ini secara bertahap. Yang penting, lari haruslah menyenangkan dan tidak membuat anak-anak tertekan.

Di usia 3-9 tahun anak sudah bisa rutin olahraga lari dalam suasana yang dibuat menyenangkan. Usia 8-12 tahun sudah bisa ikut berpartisipasi dalam latihan lari yang sistematis dan berkelompok. Usia pubertas anak sudah bisa meningkatkan jarak latihan dan berpartisipasi dalam latihan lari yang lebih kompetitif.

Anak-anak yang rutin berolahraga lari perlu diimbangi dengan nutrisi seimbang. Salah satu minuman yang bisa membantu asupan nutrisi anak aktif adalah MILO 3 in 1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Dengan rutin konsumsi MILO 3 in 1 dapatkan manfaat lari yang lebih optimal.


Source:

  1. Sport England - Latest activity figures on children and young people published. Dari https://www.sportengland.org/news/active-lives-children-and-young-people-survey-academic-year-201819-report-published. Diakses 2 Oktober 2023
  2. Great Run - Running Is Great For Kids - Here's Why. Dari https://www.greatrun.org/training/running-is-great-for-kids-heres-why/. Diakses 2 Oktober 2023.
  3. Run For Good - Benefits of Running for Kids. Dari https://run-for-good.com/benefits-of-running-for-kids/. Diakses 2 Oktober 2023
  4. Johns Hopkins Medicine - 3 Kinds of Exercise That Boost Heart Health. Dari https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/3-kinds-of-exercise-that-boost-heart-health. Diakses 2 Oktober 2023
  5. CDC - Physical Activity Facts. Dari https://www.cdc.gov/healthyschools/physicalactivity/facts.htm. Diakses 2 Oktober 2023
  6. Stanford Medicine - Strengthening Exercises for Kids. Dari https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=strengthening-exercises-for-kids-1-4804. Diakses 2 Oktober 2023
  7. Lung - Exercise and Lung Health. Dari https://www.lung.org/lung-health-diseases/wellness/exercise-and-lung-health. Diakses 2 Oktober 2023
  8. Healthline - How Running Helps You Lose Weight. Dari https://www.healthline.com/nutrition/running-for-weight-loss.  Diakses 2 Oktober 2023
  9. Healthy Kids Running Series - Maintaining a Healthy Weight Through Physical Activity. Dari https://healthykidsrunningseries.org/kids-health/maintaining-healthy-weight-physical-activity/. Diakses 2 Oktober 2023
  10. Harvard Health - Benefits of flexibility exercises. Dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/benefits-of-flexibility-exercises. Diakses 2 Oktober 2023
  11. Live Science - Does running make you taller? Dari https://www.livescience.com/does-running-make-you-taller. Diakses 2 Oktober 2023
  12. Choklits Child Care - The Physical and Mental Health Benefits of Being Active for Children. Dari https://www.choklits.com.au/the-physical-and-mental-health-benefits-of-being-active-for-children/. Diakses 2 Oktober 2023
  13. Runners World - Here's more proof that running boosts your brainpower. Dari https://www.runnersworld.com/uk/news/a34785247/running-boosts-your-brainpower/. Diakses 2 Oktober 2023
  14. Runners World - Running Can Improve Your Memory - Mental Health Benefits of Running. Dari https://www.runnersworld.com/news/a22994018/exercise-improves-memory-study/.  Diakses 2 Oktober 2023
  15. Womens Running - A Guide to Start Kids Running Safely That Is Fun And Rewarding. Dari https://www.womensrunning.com/training/beginner/guide-starting-kids-running-safely/. Diakses 2 Oktober 202

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.