05 January 2024

Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Bagikan Artikel:

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini dilombakan. Apakah anak ibu juga ikut?

Ternyata bu, olahraga sepeda satu ini tak cuma ngetren saja. Ada banyak manfaat balance bike yang baik untuk perkembangan si Kecil.

Apa Itu Balance Bike?

Balance bike atau push bike adalah sepeda yang seperti namanya berfungsi untuk melatih keseimbangan anak. Tidak hanya itu, nama lain sepeda ini adalah push bike karena untuk menggerakkannya, anak-anak duduk di kursi sadel kemudian mendorong tanah dengan kedua kaki. Cara menggerakan ini karena balance bike tidak memiliki rantai dan juga pedal.

Fungsi balance bike membantu si kecil menstabilkan diri dengan meletakkan kaki di atas tanah sehingga anak dapat mengembangkan keseimbangan dan koordinasi.

Setelah anak lebih percaya diri dan seimbang, mereka akan lebih siap untuk belajar mengayuh.

Sejarah Balance Bike

Faktanya bu, balance bike atau sepeda keseimbangan anak bukan sepeda kekinian yang baru muncul beberapa tahun terakhir lho.

Sepeda keseimbangan dibuat pada 1817. Awalnya sepeda roda dua tanpa pedal ini dibuat menggunakan kayu dan dirancang untuk orang dewasa.

Kemudian pada 1997, orang Jerman bernama Rolf Mertens membuat sepeda balance untuk anak-anak yang diproduksi massal. Pada awal 2000-an, sepeda ini langsung populer di kalangan anak-anak Eropa dan menyebar ke seluruh dunia pada 2010-an.

Keunggulan dan Manfaat Balance Bike

Salah satu manfaat balance bike dapat mempermudah proses belajar mengendarai sepeda roda dua. Lebih lengkapnya ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika anak belajar menggunakan balance bike.

1. Merangsang keseimbangan

Balance bike membantu si Kecil belajar keseimbangan, mengarahkan benda, melenturkan otot, dan menggerakkan kaki secara bersamaan.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Dengan mengendarai balance bike akan membantu anak membentuk otot dan postur tubuh.

Sekitar usia 3 tahun, anak-anak mulai menggunakan kaki mereka seperti orang dewasa. Dengan balance bike, kaki belakang anak akan lebih kuat karena terbiasa mendorong sepeda dengan kaki.

3. Meningkatkan kesadaran spasial anak

Dengan berolahraga di luar rumah seperti jalan-jalan atau menggunakan balance bike, akan membantu mengembangkan keterampilan navigasi, motorik (belajar berbelok di tikungan), dan kesadaran spasial (belajar menghindari rintangan).

4. Lebih aman

Balance bike lebih aman karena anak-anak menggunakan kaki mereka untuk menggerakkannya. Anak merasa aman dengan kaki menginjak tanah.

Selain itu, balance bike lebih mudah untuk bermanuver dan kecil kemungkinan anak terjungkal dibanding sepeda roda tiga.

Anak memegang kendali penuh atas kecepatan balance bike. Anak pun cukup menurunkan kaki untuk menghentikannya dan menghindari terjatuh.

5. Bobotnya ringan

Balance bike tidak memiliki pedal sehingga lebih ringan dibanding sepeda umumnya.

Kebanyakan, balance bike dengan roda 12 inci beratnya 2,5-4 kg. Sementara sepeda biasa dengan roda 12 inci beratnya sekitar 5,5-7 kg.

Bobot yang ringan akan memudahkan si kecil menggerakkannya.

Balance Bike untuk Usia Berapa?

Saat anak berusia 2 tahun, biasanya mereka sudah siap secara fisik dan perkembangan untuk mengendarai balance bike.

Namun jika anak Ibu pada usai 18 bulan sudah dirasa siap dan ingin belajar balance bike, silakan.

Bagaimana melihat anak sudah siap atau belum menunggangi balance bike? Pastikan anak sudah dapat berjalan, dapat memegang sepeda dengan tegak untuk menopang dirinya sendiri, dan membunyikan bel.

Untuk memastikan ukuran balance bike tepat buat anak Ibu, ajaklah si kecil duduk di atas sadel dan memegang setang. Ukurannya pas jika mereka bisa menapak di lantai dan kaki tidak jinjit.

Anak juga harus dapat meraih setang saat di posisi duduk. Idealnya, siku tangan sedikit tertekuk dan badan sedikit condong.

Dengan membiarkan anak bermain balance bike akan membuatnya aktif dan bisa membantu perkembangannya. Namun, Ibu juga harus memenuhi kebutuhan asupan harian si kecil dengan makanan dan minuman bergizi.

MILO Activ-GO memiliki kandungan utama dari susu, ekstrak malt, gula, dan coklat yang diperkaya 6 vitamin dan 3 mineral untuk bantu mengoptimalkan pelepasan energi lebih tahan lama dan mendukung anak terus aktif menjalani hari.

Itu tadi beberapa informasi mengenai manfaat balance bike untuk anak. Semoga membantu ya, Bu!


Source:

  1. Little Big Bikes - Parents Guide To Balance Bikes. Dari https://www.littlebigbikes.com/balance-bikes-guide/. Diakses 23 September 2023
  2. Wikipedia - Balance bike. Dari https://en.wikipedia.org/wiki/Balance_bike. Diakses 23 September 2023  
  3. FLEXA Insight - The Benefits of Balance Bikes. Dari https://flexaworld.com/blogs/news/the-benefits-of-balance-bikes. Diakses 23 September 2023
  4. WebMD - What to Know About a Balance Bike. Dari https://www.webmd.com/fitness-exercise/what-to-know-balance-bike. Diakses 23 September 2023
  5. Little Big Bikes - Balance Bike Age Range | How To Choose The Perfect Bike. Dari https://www.littlebigbikes.com/what-balance-bike-is-right-for-my-childs-age/. Diakses 23 September 2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.