01 September 2022

5 Makanan Rendah Gula yang Enak Sebagai Cemilan

Bagikan Artikel:

Sering merasa bersalah ketika ngemil? Sebenarnya, makan camilan sah-sah saja, asalkan tidak berlebihan. Makan camilan pun terbukti bermanfaat sejumlah manfaat, mulai dari mengembalikan energi yang hilang, mencegah makan berlebih di jam makan selanjutnya, serta memperoleh nutrisi penting.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, tetap harus memerhatikan camilan apa yang dikonsumsi. Usahakan selalu memilih jenis makanan yang sehat, termasuk makanan rendah gula.

Apa yang dimaksud jenis makanan berkadar gula rendah? Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu berapa banyak standar kebutuhan gula harian setiap orang. Menurut American Heart Association, seseorang usia 2-18 tahun sebaiknya dapat mengonsumsi 6 sendok teh gula atau setara dengan 24 gram per hari.

Nah, makanan berkadar gula rendah adalah sajian yang biasanya memiliki kandungan gula maksimal 5 gram per 100 gram produk yang berbentuk padat serta 2,5 gram per 100 gram produk yang berbentuk cair. Ini sesuai dengan aturan BPOM No.13 tahun 2016.

Baca Juga :4 Manfaat Konsumsi Makanan Rendah Gula Sejak Dini

Supaya tak merasa bersalah lagi, coba cek beberapa makanan rendah gula berikut ini. Cek, ya!

 

1. Edamame Kukus

Edamame kukus bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan bergizi. Kacang-kacangan ini kaya akan protein nabati yang berguna untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak. Sajian camilan ini juga bisa menyajikan kebutuhan serat harian. Selain itu, edamame juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi pengidap diabetes.

 

2. Tomat Ceri

Tahukah apa yang dimaksud dengan tomat ceri? Ini merupakan jenis tomat yang ukurannya lebih mungil sehingga enak dikonsumsi. Rasanya, tentu segar dan juicy. Nah, tomat ceri ini juga termasuk makanan rendah gula, lho. Jadi, aman untuk dikonsumsi setiap hari sebagai camilan rendah gula. Bisa sebagai pencuci mulut dalam menu bekalanya ke sekolah.

 

3. Pretzel Gandum

Beberapa orang mungkin menyangka kue pretzel memiliki kandungan gula yang tinggi. Ternyata, faktanya justru sebaliknya, lho. Pretzel biasanya dibuat dari tepung gandum.

Uniknya, sajian ini dibuat tanpa menggunakan gula, mentega, dan tepung putih. Tentu saja, ini masuk ke dalam daftar camilan rendah gula.

 

4. Keripik Kentang Panggang

Tahukah makanan rendah gula lainnya yang bisa dicoba adalah keripik kentang panggang. Namun, ini bila dibuat homemade, ya. Bila dalam kemasan, keripik kentang sudah ditambahkan kandungan lain yang kemungkinan menambah kadar gulanya.

Saat membuatnya sendiri, keripik kentang umumnya akan rendah gula dan kalori. Namun, kudapan ini kaya akan karbohidrat. Jadi cocok menjadi snack setelah beraktivitas sekolah.

Baca Juga : Ibu Cari Makanan yang Rendah Gula buat Anak? Coba 8 Buah Ini

 

5. Buah Rendah Gula

Selain sajian yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa buah rendah gula, lho. Beberapa buah kadar gulanya rendah rasanya lezat dan bisa mengenyangkan perut anak. Misalnya, alpukat, stroberi, kiwi, apel. Bahkan, bila rutin mengonsumsinya, kadar gula dalam tubuh anak bisa lebih stabil.

Selain makanan rendah gula, memenuhi asupan energi maupun nutrisi pun bisa dengan minuman rendah gula, seperti MILO Less Sugar. Dengan kandungan 0 gram sukrosa, minuman kemasan rendah gula ini tidak memiliki kandungan glukosa tambahan yang dapat memicu gangguan kesehatan.

MILO Less Sugar memiliki kandungan gula MILO ​yang rendah, susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung terpenuhinya energi dan nutrisi sehari-hari.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Milo RTD

manfaat minum susu coklat setelah makan Milo RTD
Manfaat Minum Susu Coklat Setelah Makan

Semakin bertambahnya usia anak, tentunya nutrisi yang dibutuhkan pun bertambah banyak. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan gizi hariannya.

5 makanan penambah energi setelah olahraga Milo RTD
5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan

mau konsumsi makanan rendah gula? cek 6 sayuran Ini Milo RTD
Mau Konsumsi Makanan Rendah Gula? Cek 6 Sayuran Ini

Tentunya, makanan kaya nutrisi wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk menyajikan makanan rendah gula. Padahal, bila

4 inspirasi kerajinan dari susu kotak UHT yang mudah ditiru Milo RTD
4 Inspirasi Kerajinan dari Susu Kotak UHT yang Mudah Ditiru

Susu kotak UHT bisa menjadi andalan Ibu ketika harus membawa bekal anak ke sekolah. Kemasannya yang praktis membuat jenis susu ini mudah dikonsumsi

manfaat minuman coklat bubuk sachet sebelum sekolah Milo RTD
Manfaat Minuman Coklat Bubuk Sachet Sebelum Sekolah

Minuman coklat bubuk hangat atau dingin selalu menjadi favorit anak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan lezat menjadi daya tarik utamanya. Namun,

4 manfaat susu UHT coklat untuk asupan energi anak Milo RTD
4 Manfaat Susu UHT Coklat untuk Asupan Energi Anak

Ketika usia anak bertambah, kegiatan yang diikuti pun makin banyak. Tak jarang aktivitas yang dipilih berhubungan dengan fisik. Hal ini membuatnya

wajib tahu, Ini 5 manfaat kalsium dalam susu sachet Milo RTD
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun

manfaat susu coklat kotak untuk bekal anak Milo RTD
Manfaat Susu Coklat Kotak untuk Bekal Anak

Anak pastinya sibuk seharian di sekolah. Tak jarang karena kesibukannya itu, anak sering melupakan kebutuhan nutrisinya. Padahal, ia memerlukannya

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah Milo RTD
4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah

Saat anak memasuki usia sekolah, Ibu harus mempersiapkan dan memerhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi anak. Perlu Ibu pahami