01 September 2022

5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Bagikan Artikel:

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan nutrisi yang tepat. Paling tidak sudah sesuai dengan kebutuhan harian anak. Hal ini berkaitan dengan energi. Jika nutrisi tidak lengkap, energi pun tak cukup untuk aktivitas fisik. Itu sebabnya, Ibu juga perlu menyediakan makanan penambah energi untuk anak.

Makanan penambah energi saat olahraga semestinya bisa diberikan sebelum dan sesudahnya. Ini karena setelah berolahraga, tubuh akan mengalami kekurangan energi. Untuk itu, ibu harus sudah menyajikan makanan penambah energi.

Sebenarnya, bagaimana cara mengembalikan kondisi tubuh usai berolahraga? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu coklat sebelum dan sesudah berolahraga.

Dalam Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2011, ditemukan bahwa para pemain bola yang mengonsumsi susu coklat sebelum dan sesudah latihan, punya performa lebih lama sebelum akhirnya kelelahan. Kondisi ini dibandingkan dengan para atlet yang memilih konsumsi minuman bertenaga.

Itu sebabnya, minuman dan makanan setelah olahraga juga penting untuk diperhatikan. Supaya kondisi tubuh normal kembali, Ibu bisa memberikan anak makanan penambah energi selain susu coklat. Coba cek daftarnya berikut ini.

Baca Juga : 5 Buah yang Cocok Jadi Makanan Penambah Energi

 

1. Telur

Pernah melihat atlet mengonsumsi telur setelah habis latihan? Pastinya, Ibu bertanya-tanya mengapa telur? Perlu diketahui telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Jenis protein yang satu ini mudah dikonsumsi di dalam perut.

Nutrisi tersebut berguna untuk memulihkan otot setelah olahraga. Tentunya, ini bisa mengurangi terjadinya cedera. Protein juga berfungsi untuk regenerasi dan perbaikan sel. Ketika ada luka, nutrisi yang satu ini membantu memepercepat pemulihan.

 

2. Salmon

Jenis makanan penambah energi lainya adalah salmon. Ikan yang satu ini mengandung tinggi protein juga asam lemak Omega-3. Itu sebabnya, salmon bisa mengembalikan energi anak yang sudah berkurang dalam waktu cepat serta berguna juga untuk pemulihan otot. Tidak lupa kandungan Omega-3 yang berguna untuk stamina dan ketahanan tubuh.

 

3. Ayam

Ayam juga bisa menjadi makanan penambah energi yang sangat mudah didapat. Ada baiknya Ibu memilih bagian dada yang sudah tidak berkulit untuk diberikan setelah berolahraga. Bisa dibilang bahan makanan ini termasuk dalam sajian yang mengandung protein hewani. Jika anak mengonsumsi dada ayam setelah berolahraga, pastinya energinya akan kembali lagi. Ibu bisa membuatnya dengan cara dipanggang atau kukus.

 

4. Ubi

Tubuh anak yang habis melakukan olahraga pastinya memerlukan energi. Nah, untuk itu, ia memerlukan sajian yang kaya akan karbohidrat kompleks. Ubi bisa menjadi salah satu pilihan makanan penambah energi tersebut. Ibu bisa menyajikannya secara dikukus atau dipanggang dalam oven. Tambahkan sayuran juga dalam satu sajian tersebut supaya kebutuhan cairan juga terpenuhi.

 

5. Buah-buahan

Diam-diam buah juga bisa menjadi pengembali energi, lho. Ini karena buah-buahan mengandung makronutrien dan mikronutrien yang dalam sekejap bisa menambah energi serta cairan tubuh. Buah yang baik dikonsumsi setelah olahraga biasanya yang mengandung antioksidan, zat besi, kalsium, dan potassium. Misalnya, seperti pisang, kurma, jeruk, serta beri.

Itu tadi sejumlah makanan penambah energi. Untuk mengembalikan energi yang hilang, jangan lupa berikan anak MILO UHT setelah anak berolahraga. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu kotak ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Milo RTD

manfaat minum susu coklat setelah makan Milo RTD
Manfaat Minum Susu Coklat Setelah Makan

Semakin bertambahnya usia anak, tentunya nutrisi yang dibutuhkan pun bertambah banyak. Itu sebabnya, Ibu harus memperhatikan kebutuhan gizi hariannya.

5 makanan penambah energi setelah olahraga Milo RTD
5 Makanan Penambah Energi Setelah Olahraga

Olahraga pastinya penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, Ibu perlu mengetahui kalau ketika melakukan olahraga, harus disertai asupan

mau konsumsi makanan rendah gula? cek 6 sayuran Ini Milo RTD
Mau Konsumsi Makanan Rendah Gula? Cek 6 Sayuran Ini

Tentunya, makanan kaya nutrisi wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk menyajikan makanan rendah gula. Padahal, bila

4 inspirasi kerajinan dari susu kotak UHT yang mudah ditiru Milo RTD
4 Inspirasi Kerajinan dari Susu Kotak UHT yang Mudah Ditiru

Susu kotak UHT bisa menjadi andalan Ibu ketika harus membawa bekal anak ke sekolah. Kemasannya yang praktis membuat jenis susu ini mudah dikonsumsi

manfaat minuman coklat bubuk sachet sebelum sekolah Milo RTD
Manfaat Minuman Coklat Bubuk Sachet Sebelum Sekolah

Minuman coklat bubuk hangat atau dingin selalu menjadi favorit anak untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan lezat menjadi daya tarik utamanya. Namun,

4 manfaat susu UHT coklat untuk asupan energi anak Milo RTD
4 Manfaat Susu UHT Coklat untuk Asupan Energi Anak

Ketika usia anak bertambah, kegiatan yang diikuti pun makin banyak. Tak jarang aktivitas yang dipilih berhubungan dengan fisik. Hal ini membuatnya

wajib tahu, Ini 5 manfaat kalsium dalam susu sachet Milo RTD
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Kalsium dalam Susu Sachet

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi anak juga meningkat. Apalagi kalau anak sudah aktif melakukan kegiatan fisik. Kebutuhan akan gizi pun

manfaat susu coklat kotak untuk bekal anak Milo RTD
Manfaat Susu Coklat Kotak untuk Bekal Anak

Anak pastinya sibuk seharian di sekolah. Tak jarang karena kesibukannya itu, anak sering melupakan kebutuhan nutrisinya. Padahal, ia memerlukannya

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah Milo RTD
4 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Usia Sekolah

Saat anak memasuki usia sekolah, Ibu harus mempersiapkan dan memerhatikan sejumlah hal. Salah satunya adalah kebutuhan nutrisi anak. Perlu Ibu pahami