05 January 2024

Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Bagikan Artikel:

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka  ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak sekali sekolah atau lembaga kursus yang mengajarkan olahraga beladiri. 

Ibu dapat menentukannya dengan mencari sekolah yang menawarkan kelas dan kurikulum berdasarkan usia, instruktur berpengalaman, hingga fasilitas terbaik. 

Namun, sebelum itu, ketahui dulu macam-macam beladiri yang cocok untuk anak-anak dan manfaatnya.

Macam-macam Beladiri yang Cocok untuk Anak

1. Karate

Karate adalah salah satu jenis bela diri yang sangat populer di kalangan anak-anak. Umumnya, kelas karate terstruktur dengan baik dan teknik yang diajarkan mudah dipelajari dan dipahami anak-anak. 

Karate berfokus pada pengembangan disiplin, pengendalian diri, dan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain. 

Beladiri dari Jepang ini cocok anak-anak pemalu atau kurang percaya diri karena dapat mendorong mereka berbicara dan menegaskan diri sendiri. 

Dengan melatih pukulan dan tendangan, anak-anak juga dapat melihat peningkatan kebugaran fisik mereka seiring dengan kemajuan mereka.

2. Taekwondo

Taekwondo dikenal dengan gerakan pukulan dan tendangan yang elegan. Jenis ilmu bela diri dari Korsel ini juga mengajarkan nilai-nilai seperti rasa hormat, integritas, dan kejujuran. 

Dengan gerakan menendang dan memukul dengan cepat dan bertenaga, taekwondo cocok menjadi program latihan yang membakar energi dengan jumlah besar.

Selain itu, anak-anak dapat meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh. 

Lebih dari itu, banyaknya bentuk gerakan dalam taekwondo, anak-anak dapat belajar mengendalikan tubuh.

3. Pencak Silat

Pencak silat adalah beladiri tradisional Indonesia yang menggabungkan teknik pertahanan diri dan seni pertunjukan. 

Anak-anak akan belajar cara melindungi diri mereka sendiri dengan efektif sambil juga merasakan keindahan gerakan seni ini. 

Ilmu bela diri ini berbagai manfaat, seperti sarana untuk latihan fisik/olahraga, rekreasi, hingga memenuhi kebutuhan untuk bersosialisasi. 

Pencak silat juga bermanfaat secara spiritual, yakni melatih kontrol emosi, kepercayaan diri, hingga melatih kedisiplinan.

4. Kick Boxing 

Kick boxing adalah kombinasi antara tinju dan menendang. Anak-anak akan mengembangkan kekuatan fisik dan kardiovaskular yang baik dengan latihan ini. 

Belajar bela diri dapat bermanfaat untuk kemampuan fisik anak, seperti ketangkasan, kekuatan, kecepatan, dan fleksibilitas.

Kick boxing juga memungkinkan anak-anak mempelajari keterampilan mental, seperti meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengembangkan disiplin diri, dan membangun ketangguhan mental.

5. Muay Thai 

Muay Thai adalah beladiri yang dapat membantu membangun dan meningkatkan stamina, kesehatan, dan kebugaran tubuh. 

Cara belajar bela diri khas Thailand ini adalah menggunakan tinju, siku, lutut, dan tendangan. 

Seni bela diri ini tidak memiliki sistem peringkat sehingga anak-anak akan belajar menetapkan tujuan pribadi ketimbang bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Manfaat Latihan Beladiri untuk Anak-Anak

Tujuan bela diri adalah membekali anak kemampuan menjaga diri ketika mendapat serangan dari seseorang.

Secara garis besar, manfaat mempelajari bela diri adalah mengembangkan disiplin dan kemandirian. 

Peneliti menemukan, beladiri bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak secara keseluruhan, termasuk hal akademis, sosial, dan emosional.

Meskipun bertujuan menghindari situasi seorang anak perlu menggunakan taktik pertahanan diri, kemampuan beladiri juga memberi anak kesempatan untuk membela diri, atau orang lain jika diperlukan.

Bela diri juga bermanfaat untuk menjadi resolusi konflik. Sebab, salah satu nilai dalam bela diri alah menghormati orang lain. Jika suatu konflik mereda, anak dapat menenangkan situasi tanpa menjadi agresif.

Selain manfaat fisik dan keterampilan, latihan macam-macam beladiri juga membantu anak-anak mengatasi tekanan dan stres. 

Jika anak-anak Ibu ingin mencoba beladiri, jangan ragu untuk memberikan dukungan mereka. Ibu juga dapat mendukungnya dengan memberikan asupan nutrisi yang bagus untuk aktivitasnya, seperti MILO Activ-Go.

Minuman berenergi ini mengandung manfaat baik dari susu, 2x ekstrak malt (barli), dan coklat yang disukai anak-anak.

Selain lezat, MILO Activ-Go dilengkapi berbagai zat untuk mendukung aktivitas harian, seperti vitamin B2, B3, B6, B12, vitamin C, dan vitamin D, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Itulah macam-macam beladiri dan manfaatnya bagi anak. Ibu, yuk berikan kesempatan kepada anak-anak menjelajahi dunia beladiri yang menarik ini!


Source:

  1. Mind Body Globe - 6 Best Martial Arts for Kids: Experts Weigh In. Dari https://www.mindbodyglobe.com/best-martial-arts-for-kids/. Diakses 21 September 2023
  2. Mahanani, N. (2022). Studi perkembangan prestasi atlet pencak silat. kabupaten boyolali tahun 2015 - 2021. In Uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/96238/NTY4NjUz/STUDI-PERKEMBANGAN-PRESTASI-ATLET-PENCAK-SILAT-KABUPATEN-BOYOLALI-TAHUN-2015-2021-2.pdf
  3. Classic Fight Team - 5 Reasons Why Kickboxing is Great for Kids. Dari https://classicfightteam.com/why-kickboxing-great-for-kids/. Diakses 21 September 2023
  4. ONE Championship - The 5 Best Martial Arts For Your Kids. Dari https://www.onefc.com/lifestyle/the-5-best-martial-arts-for-your-kids/. Diakses 21 September 2023  
  5. livestrong - What Are the Benefits of Martial Arts for Kids?. Dari https://www.livestrong.com/article/338321-what-are-the-benefits-of-martial-arts-for-kids/. Diakses 21 September 2023  
  6. NY Martial Arts Academy - 6 Benefits of Martial Arts That Can Help Your Kids at School. Dari https://www.nymaa.com/martial-arts-blog/6-Benefits-of-Martial-Arts-That-Can-Help-Your-Kids-at-School_AE205.html. Diakses 21 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.