05 January 2024

Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Bagikan Artikel:

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan setelah melakukan aktivitas olahraga yakni gerakan pendinginan atau cool down.

Seperti halnya gerakan pemanasan (warm up) yang wajib dilakukan sebelum mulai berolahraga, gerakan pendinginan juga penting seusai sesi berolahraga.

Definisi Gerakan Pendinginan

Cool down atau gerakan pendinginan adalah gerakan yang dilakukan bertujuan untuk mendorong pemulihan atau mengembalikan kondisi tubuh seperti sebelum berolahraga.

Pendinginan setelah melakukan latihan fisik atau olahraga perlu dilakukan meskipun latihan yang dilakukan tidak terlalu berat. Ini penting untuk menghindari cedera pasca-latihan.

Dengan melakukan gerakan pendinginan, detak jantung yang meningkat selama sesi berolahraga akan perlahan diturunkan menuju normal. Sehingga tidak terjadi penurunan mendadak setelah aktivitas intens yang justru dapat membahayakan tubuh.

Tidak perlu terlalu lama. Melakukan pendinginan selama sekitar 5 menit setelah berolahraga sudah cukup untuk mengembalikan detak jantung dan aliran darah kembali normal.

Manfaat Pendinginan Usai Berolahraga

Pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat dari gerakan pendinginan bagi tubuh usai berolahraga. Berikut di antaranya:

1. Menormalkan detak jantung

Saat berolahraga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga detak jantung meningkat. Dan ketika selesai olahraga, detak jantung kembali melambat.

Namun jika ritme kerja jantung berubah secara mendadak, bisa menjadi sangat berbahaya. Tekanan darah yang menurun secara cepat dapat mengakibatkan pusing bahkan pingsan seusai berolahraga.

Untuk itu, gerakan pendinginan dilakukan saat selesai berolahraga agar menormalkan detak jantung secara aman dan perlahan.

2. Memperlancar aliran darah

Aktivitas olahraga tidak hanya meningkatkan detak jantung tetapi juga tekanan darah. Jika kita langsung beristirahat seusai olahraga tanpa melakukan pendinginan, aliran darah yang mendadak turun akan menimbulkan rasa mual dan kepala pusing.

Sesi pendinginan atau cool down setelah berolahraga akan membantu dalam mengendalikan aliran darah dan menurunkannya secara perlahan hingga ke level normal.

3. Meningkatkan kadar oksigen

Saat berolahraga biasanya kita akan bernapas lebih cepat. Hal ini karena tubuh memerlukan lebih banyak energi dari oksigen dan untuk memenuhinya, kita pun jadi bernapas lebih cepat. Seusai berolahraga tahap pendinginan membantu pernapasan kembali normal dan stabil. Ini penting guna mengembalikan detak jantung yang meningkat saat berolahraga menjadi normal.

4. Mengurangi risiko cedera

Seperti halnya gerakan pemanasan yang bertujuan mencegah otot cedera saat berolahraga, pendinginan juga dapat mengurangi otot cedera. Jika pemanasan dapat mencegah otot kram, manfaat pendinginan setelah berolahraga adalah membantu mencegah otot menjadi terlalu tegang dan robek.

5. Melemaskan otot

Masih berkaitan dengan cedera otot usai berolahraga, gerakan cool down membantu otot kembali lemas setelah menegang karena mendapat tekanan saat digunakan dalam olahraga.

6. Meningkatkan kelenturan tubuh

Saat berolahraga, otot tubuh kita bekerja lebih keras dan ini membuat otot menjadi hangat setelah latihan. Ini momen yang tepat untuk melakukan peregangan karena otot menjadi lebih lentur. Peregangan menjadi gerakan pendinginan yang baik untuk meningkatkan kelenturan dan membuat tubuh lebih bugar.

7. Mencegah nyeri otot usai berolahraga

Pernah mengalami otot nyeri beberapa jam setelah berolahraga. Ini disebut sindrom Delayed Onset Muscle Soreness atau DOMS, yakni rasa nyeri yang tertunda pada otot. Biasanya rasa nyeri pada otot baru muncul 24-48 jam setelah berolahraga.

DOMS bisa terjadi karena ada robekan mikro pada serat otot yang bertahan selama beberapa saat.

Meski tidak benar-benar mencegah, gerakan pendinginan dapat mengurangi risiko nyeri otot yang tertunda melalui peningkatan sirkulasi serta pembuangan limbah pada otot.

Tips Melakukan Gerakan Pendinginan

Pendinginan setelah berolahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun jika tidak dilakukan secara tepat tentu manfaat pendinginan tidak akan optimal. Lalu bagaimana cara melakukan pendinginan yang benar?

Gerakan pendinginan yang benar adalah segera dilakukan sesaat setelah berolahraga. Bahkan, sesi pemanasan dan pendinginan sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan aktivitas olahraga.

Sesi pendinginan disarankan dilakukan selama 5-10 menit tanpa jeda istirahat. Bisa dengan melanjutkan olahraga dalam intensitas lebih pelan dan ringan. Misalnya, jika olahraga yang dilakukan adalah lari, gerakan pendinginan bisa dengan berjalan santai.

Contoh gerakan pendinginan yang kerap dilakukan lainnya adalah stretching atau peregangan. Target peregangan adalah bagian otot yang paling banyak digunakan saat berolahraga, misal setelah berlari, peregangan bisa dengan menekuk lutut ke belakang.

Selain pemanasan dan pendinginan dalam berolahraga, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah asupan nutrisi agar manfaat olahraga dapat optimal.

Pilih menu makanan yang sehat dan bergizi, serta jangan lupa minum air putih. Bila perlu, minum susu Milo yang memiliki kombinasi susu, ekstrak malt, dan coklat, serta mengandung mineral dan vitamin. Pilih Milo UHT Kotak yang praktis dibawa saat berolahraga.

Itulah ulasan seputar gerakan pendinginan yang semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam berolahraga. Jangan lupa asupan makanan minuman bergizi dan bila perlu minum Milo!


Source:

  1. Verywell Fit. What Is a Cooldown? Dari https://www.verywellfit.com/what-is-a-cool-down-3495457 diakses pada 22 September 2023
  2. Live Science. Why it's important to cool down after exercise, according to the science. Dari https://www.livescience.com/why-its-important-to-cool-down-after-exercise-according-to-the-science diakses pada 22 September 2023
  3. Sportskeeda. 7 Benefits of a Cool Down after a Heavy Workout. Dari https://www.sportskeeda.com/health-and-fitness/7-benefits-cool-down-heavy-workout diakses pada 22 September 2023
  4. Health News. The Importance of Stretching and Cooling Down After an Intense Workout. Dari https://healthnews.com/fitness/physical-health/the-importance-of-stretching-and-cooling-down-after-an-intense-workout/ diakses pada 22 September 2023
  5. Beckwith Health Club. Cool-Down After Your Workout. Dari https://www.beckwithhealthclub.co.uk/cool-down-after-you-workout/ diakses pada 22 September 2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.