05 January 2024

Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Bagikan Artikel:

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan setelah melakukan aktivitas olahraga yakni gerakan pendinginan atau cool down.

Seperti halnya gerakan pemanasan (warm up) yang wajib dilakukan sebelum mulai berolahraga, gerakan pendinginan juga penting seusai sesi berolahraga.

Definisi Gerakan Pendinginan

Cool down atau gerakan pendinginan adalah gerakan yang dilakukan bertujuan untuk mendorong pemulihan atau mengembalikan kondisi tubuh seperti sebelum berolahraga.

Pendinginan setelah melakukan latihan fisik atau olahraga perlu dilakukan meskipun latihan yang dilakukan tidak terlalu berat. Ini penting untuk menghindari cedera pasca-latihan.

Dengan melakukan gerakan pendinginan, detak jantung yang meningkat selama sesi berolahraga akan perlahan diturunkan menuju normal. Sehingga tidak terjadi penurunan mendadak setelah aktivitas intens yang justru dapat membahayakan tubuh.

Tidak perlu terlalu lama. Melakukan pendinginan selama sekitar 5 menit setelah berolahraga sudah cukup untuk mengembalikan detak jantung dan aliran darah kembali normal.

Manfaat Pendinginan Usai Berolahraga

Pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat dari gerakan pendinginan bagi tubuh usai berolahraga. Berikut di antaranya:

1. Menormalkan detak jantung

Saat berolahraga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga detak jantung meningkat. Dan ketika selesai olahraga, detak jantung kembali melambat.

Namun jika ritme kerja jantung berubah secara mendadak, bisa menjadi sangat berbahaya. Tekanan darah yang menurun secara cepat dapat mengakibatkan pusing bahkan pingsan seusai berolahraga.

Untuk itu, gerakan pendinginan dilakukan saat selesai berolahraga agar menormalkan detak jantung secara aman dan perlahan.

2. Memperlancar aliran darah

Aktivitas olahraga tidak hanya meningkatkan detak jantung tetapi juga tekanan darah. Jika kita langsung beristirahat seusai olahraga tanpa melakukan pendinginan, aliran darah yang mendadak turun akan menimbulkan rasa mual dan kepala pusing.

Sesi pendinginan atau cool down setelah berolahraga akan membantu dalam mengendalikan aliran darah dan menurunkannya secara perlahan hingga ke level normal.

3. Meningkatkan kadar oksigen

Saat berolahraga biasanya kita akan bernapas lebih cepat. Hal ini karena tubuh memerlukan lebih banyak energi dari oksigen dan untuk memenuhinya, kita pun jadi bernapas lebih cepat. Seusai berolahraga tahap pendinginan membantu pernapasan kembali normal dan stabil. Ini penting guna mengembalikan detak jantung yang meningkat saat berolahraga menjadi normal.

4. Mengurangi risiko cedera

Seperti halnya gerakan pemanasan yang bertujuan mencegah otot cedera saat berolahraga, pendinginan juga dapat mengurangi otot cedera. Jika pemanasan dapat mencegah otot kram, manfaat pendinginan setelah berolahraga adalah membantu mencegah otot menjadi terlalu tegang dan robek.

5. Melemaskan otot

Masih berkaitan dengan cedera otot usai berolahraga, gerakan cool down membantu otot kembali lemas setelah menegang karena mendapat tekanan saat digunakan dalam olahraga.

6. Meningkatkan kelenturan tubuh

Saat berolahraga, otot tubuh kita bekerja lebih keras dan ini membuat otot menjadi hangat setelah latihan. Ini momen yang tepat untuk melakukan peregangan karena otot menjadi lebih lentur. Peregangan menjadi gerakan pendinginan yang baik untuk meningkatkan kelenturan dan membuat tubuh lebih bugar.

7. Mencegah nyeri otot usai berolahraga

Pernah mengalami otot nyeri beberapa jam setelah berolahraga. Ini disebut sindrom Delayed Onset Muscle Soreness atau DOMS, yakni rasa nyeri yang tertunda pada otot. Biasanya rasa nyeri pada otot baru muncul 24-48 jam setelah berolahraga.

DOMS bisa terjadi karena ada robekan mikro pada serat otot yang bertahan selama beberapa saat.

Meski tidak benar-benar mencegah, gerakan pendinginan dapat mengurangi risiko nyeri otot yang tertunda melalui peningkatan sirkulasi serta pembuangan limbah pada otot.

Tips Melakukan Gerakan Pendinginan

Pendinginan setelah berolahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun jika tidak dilakukan secara tepat tentu manfaat pendinginan tidak akan optimal. Lalu bagaimana cara melakukan pendinginan yang benar?

Gerakan pendinginan yang benar adalah segera dilakukan sesaat setelah berolahraga. Bahkan, sesi pemanasan dan pendinginan sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan aktivitas olahraga.

Sesi pendinginan disarankan dilakukan selama 5-10 menit tanpa jeda istirahat. Bisa dengan melanjutkan olahraga dalam intensitas lebih pelan dan ringan. Misalnya, jika olahraga yang dilakukan adalah lari, gerakan pendinginan bisa dengan berjalan santai.

Contoh gerakan pendinginan yang kerap dilakukan lainnya adalah stretching atau peregangan. Target peregangan adalah bagian otot yang paling banyak digunakan saat berolahraga, misal setelah berlari, peregangan bisa dengan menekuk lutut ke belakang.

Selain pemanasan dan pendinginan dalam berolahraga, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah asupan nutrisi agar manfaat olahraga dapat optimal.

Pilih menu makanan yang sehat dan bergizi, serta jangan lupa minum air putih. Bila perlu, minum susu Milo yang memiliki kombinasi susu, ekstrak malt, dan coklat, serta mengandung mineral dan vitamin. Pilih Milo UHT Kotak yang praktis dibawa saat berolahraga.

Itulah ulasan seputar gerakan pendinginan yang semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam berolahraga. Jangan lupa asupan makanan minuman bergizi dan bila perlu minum Milo!


Source:

  1. Verywell Fit. What Is a Cooldown? Dari https://www.verywellfit.com/what-is-a-cool-down-3495457 diakses pada 22 September 2023
  2. Live Science. Why it's important to cool down after exercise, according to the science. Dari https://www.livescience.com/why-its-important-to-cool-down-after-exercise-according-to-the-science diakses pada 22 September 2023
  3. Sportskeeda. 7 Benefits of a Cool Down after a Heavy Workout. Dari https://www.sportskeeda.com/health-and-fitness/7-benefits-cool-down-heavy-workout diakses pada 22 September 2023
  4. Health News. The Importance of Stretching and Cooling Down After an Intense Workout. Dari https://healthnews.com/fitness/physical-health/the-importance-of-stretching-and-cooling-down-after-an-intense-workout/ diakses pada 22 September 2023
  5. Beckwith Health Club. Cool-Down After Your Workout. Dari https://www.beckwithhealthclub.co.uk/cool-down-after-you-workout/ diakses pada 22 September 2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.