05 January 2024

Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Bagikan Artikel:

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau permukaan beraspal. Olahraga sepatu roda diperkirakan telah ada sejak abad ke-18 dan kali pertama diperkenalkan oleh orang Belgia bernama Joseph Merlin. Karena mengasyikkan dan bisa dimainkan siapa saja, permainan sepatu roda pun dengan cepat menjadi populer hingga sekarang.

Di balik kegiatannya yang menyenangkan, main sepatu roda juga memiliki berbagai manfaat. Simak manfaat dan cara bermain sepatu roda dalam artikel berikut ini.

Manfaat Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda menjadi olahraga menyenangkan yang bisa dimainkan orang dari berbagai kalangan dan ragam usia, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Bermain sepatu roda juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

  • Melatih seluruh otot tubuh

Bermain sepatu roda bukan hanya berguna untuk kekuatan kaki, tetapi juga dapat melatih seluruh tubuh Anda, mulai dari paha belakang, pinggul, betis, paha depan, serta otot inti, seperti dasar panggul, otot punggung, dan bokong. Hal ini disebabkan pemain sepatu roda dituntut memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menjaga tubuh tetap sejajar saat melakukan gerakan lebih rumit, seperti lompatan atau putaran waltz.

  • Ampuh membakar kalori

Sepatu roda termasuk olahraga yang sangat ampuh untuk membakar kalori. Main sepatu roda memiliki tingkat intensitas 7 pada skor metabolic equivalent (METs), yang membuatnya setara dengan bersepeda kelompok atau olahraga mendayung. Bermain sepatu roda dengan intensitas konsisten selama 30 menit dapat membakar 267 kalori bagi orang dengan berat badan 73 kg.

  • Memperkuat jantung

Bermain sepatu roda adalah latihan aerobik seluruh badan yang efektif untuk memperkuat jantung. Selama latihan aerobik, jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya. Dengan begitu, selama bermain sepatu roda, tubuh juga harus bekerja keras untuk memperkaya darah dengan oksigen dan mempercepat pernapasan. Proses tersebut membantu memperkuat jantung Anda. Bukan hanya itu, latihan aerobik dengan sepatu roda juga dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL untuk melindungi jantung Anda.

  • Memperbaiki postur tubuh

Sama halnya dengan kemampuan menari, bermain sepatu roda juga membutuhkan koordinasi gerak tubuh. Saat sedang meluncur dengan sepatu roda, otak akan berkonsentrasi pada putaran yang berbeda sehingga bisa menantang kemampuan mental dan keseimbangan. Postur tubuh berperan penting untuk menjaga keseimbangan saat bermain sepatu roda. Itulah mengapa cara bermain sepatu roda dapat membantu Anda memperkuat dan memperbaiki postur tubuh.

  • Baik untuk kesehatan mental

Olahraga akan melepaskan endorphins, senyawa kimia yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Oleh karena itu, bermain sepatu roda dapat membantu meningkatkan mood dan mengobati gejala kecemasan dan depresi. Ketika bermain sepatu roda di luar ruangan, Anda juga dapat menghirup udara segara, bermandi sinar matahari, dan menikmati keindahan alam, yang baik untuk menjaga kesehatan mental.

Cara Bermain Sepatu Roda

Sebelum berlatih olahraga ini, Anda perlu memilih sepatu roda yang tepat. Ada beberapa jenis sepatu roda dengan beragam merk dan harga yang bervariasi. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan jenis sepatu roda yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Pada dasarnya, ada tiga bagian penting dalam sepatu roda yang perlu Anda perhatikan saat memilih, yakni roda, sepatu boot, dan pelat. Pastikan apakah Anda akan bermain sepatu roda di lintasan dalam ruangan atau luar ruangan. Jika ingin bermain di luar ruangan, Anda sebaiknya memilih jenis sepatu roda dengan roda yang lebih halus. Sementara itu, untuk bermain di dalam ruangan atau di lintasan khusus sepatu roda, Anda bisa memilih roda dengan peringkat 90an atau 100an. Sebab, roda yang keras akan membuat Anda melaju lebih kencang.

Selain roda, Anda juga perlu memilih sepatu boot dengan ukuran dan model yang sesuai, serta nyaman dipakai. Sebaiknya, Anda memilih jenis sepatu roda dengan boot yang terbuat dari kulit atau vinil vegan karena umur pemakaiannya bisa mencapai 10 tahun.

Selain sepatu roda, Anda juga perlu memiliki perlengkapan lain untuk menunjang keamanan, seperti helm, bantalan siku, bantalan lutut, serta pelindung pergelangan tangan. Jika perlengkapannya sudah lengkap, Anda bisa mengikuti cara bermain sepatu roda berikut ini:

  • Pasang sepatu roda dengan benar dan ikat tali sepatu dengan kencang.
  • Sebelum memulai meluncur di lintasan, ada baiknya Anda lebih dulu berlatih terjatuh di atas rumput. Jangan lupa, gunakan pelindung lutut, siku, dan tangan.
  • Pelajari posisi siap atau statis terlebih dahulu.
  • Kuasai posisi siap meluncur untuk menciptakan kestabilan tubuh dan meredakan rasa cemas.
  • Mulailah meluncur dengan kecepatan perlahan.

Itulah manfaat dan cara bermain sepatu roda yang bisa dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Anda juga dapat mengonsumi Milo Activ-Go untuk mendukung energi saat bermain sepatu roda. Milo Activ-Go mengandung susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt yang menghasilkan energi alami di setiap butirannya. Kandungan vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi dapat mendukung kebutuhan energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Britannica. Roller Skating. Dari https://www.britannica.com/sports/roller-skating.  Diakses pada 22 September 2023.
  2. Independent. Roller Skating Offers Some Serious Health Benefits and It’s Fun. Dari https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/tiktok-posture-b1869843.html. Diakses pada 22 September 2023.
  3. Healthline. Is Roller Skating Good Exercise?. Dari https://www.healthline.com/health/fitness/is-roller-skating-good-exercise#where-to-skate. Diakses pada 22 September 2023.
  4. Health. What Are the Benefits of Roller Skating?. Dari https://www.health.com/fitness/is-roller-skating-a-good-workout. Diakses pada 23 September 2023.
  5. NY Times. Everything to Know Before Buying Your First Pair of Roller Skates. Dari https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/best-roller-skates/. Diakses pada 23 September 2023.
  6. Skatefresh. How to Rollerskate. Dari https://skatefresh.com/how-to-rollerskate-smoothly-without-fear/. Diakses pada 22 September 2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara agar tidak insecure Energi Aktif
Wajib Tahu, Ini 9 Cara Agar Tidak Insecure

Merasa tidak aman, takut akan hal buruk di masa depan, hingga kurang percaya diri menjadi sejumlah pertanda seseorang mengalami perasaan insecure.

Manfaat dan cara bermain sepatu roda Energi Aktif
Wajib Tahu Manfaat dan Cara Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda adalah olahraga rekreasi dan kompetitif yang pemainnya menggunakan sepatu khusus dilengkapi roda kecil untuk bergerak di arena atau

Manfaat balance bike Energi Aktif
Sedang Viral, Ini Manfaat Balance Bike untuk Anak

Salah satu olahraga yang sedang tren untuk anak di balita saat ini adalah balance bike atau sepeda balance. Saking ramainya, olahraga satu ini

Gerakan pendinginan setelah olahraga Energi Aktif
Manfaat Gerakan Pendinginan setelah Olahraga dan Tips Melakukannya

Berolahraga secara rutin baik bagi kesehatan tubuh kita, namun apabila tidak dilakukan dengan benar justru berpotensi menimbulkan cedera.Satu hal yang

Macam macam olahraga atletik Energi Aktif
Macam-Macam Olahraga Atletik bagi Pecinta Lari

Atletik adalah salah satu olahraga tertua di dunia, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Alton,

Macam macam beladiri dan manfaatnya Energi Aktif
Macam-Macam Beladiri dan Manfaatnya untuk Anak

Apakah Ibu berencana memasukkan anak ke sekolah atau bela diri atau sedang pusing ingin memasukkan mereka ke mana? Tenang, itu wajar karena banyak

Cara agar bisa split Energi Aktif
Cara Agar Bisa Split dalam Waktu Kurang dari Seminggu

Bagi Kamu penyuka gaya hidup aktif, siapa sih yang enggak punya cita-cita bisa melakukan gerakan olahraga split dalam waktu singkat? Ya, punya badan

Mengatasi badan sakit setelah olahraga Energi Aktif
Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran dan kesehatan. Tapi, pernah tidak kamu justru mendapati sekujur badan sakit setelah olahraga?Setelah

Tanggung jawab anak di rumah Energi Aktif
Apa Saja Tanggung Jawab Anak di Rumah? Simak Contohnya

Mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak merupakan salah satu tugas penting bagi orang tua. Pendidikan tanggung jawab itu bisa dimulai dari rumah.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.