12 December 2023

8 Cara Berenang untuk Pemula agar Cepat Mahir

Bagikan Artikel:

Berenang bisa menjadi salah satu kegiatan positif untuk anak. Terlebih, olahraga renang memiliki berbagai manfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

Renang dapat membantu anak lebih sehat secara fisik, meningkatkan kemampuan sosial dan kognitif, meningkatkan fokus, hingga membangufn rasa percaya diri.

Melihat banyaknya manfaat renang, tidak ada salahnya jika Ibu mendorong anak untuk bisa berenang. Ibu bisa mengikutkan les renang atau mengajari sendiri cara berenang kepada si kecil.

Di artikel ini akan dibahas beberapa tips cara berenang untuk pemula yang bisa Ibu praktikkan bersama si kecil. Yuk, kita simak!

Macam-macam Gaya Berenang

Sebelum mempelajari dasar cara berenang untuk pemula, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu mengenali macam-macam gaya dalam olahraga renang. Setidaknya ada 4 jenis gaya renang yang paling umum, yaitu:

1. Gaya bebas (freestyle/front crawl)

Teknik berenang disebut memiliki gerakan paling dasar sehingga cocok untuk pemula yang sedang belajar renang. Ciri renang gaya bebas yaitu gerakan kaki mengepak, lengan memutar bergantian, dan untuk mengambil napas kepala menghadap samping.

2. Gaya dada (breaststroke)

Juga termasuk teknik renang untuk pemula. Ciri renang gaya dada yaitu posisi telungkup dengan bertumpu pada dada dan perut, lengan digerakkan mendayung setengah lingkaran ke arah luar secara bersamaan, gerakan kaki seperti katak berenang sehingga gaya ini juga kerap disebut renang gaya katak.

3. Gaya punggung (backstroke)

Menggunakan punggung sebagai tumpuan sehingga posisi tubuh terlentang dan kepala menghadap ke atas. Teknik renang gaya punggung mirip dengan gaya bebas namun dalam posisi terbalik. Gaya ini baik untuk memperkuat otot punggung.

4. Gaya kupu-kupu (butterfly stroke)

Merupakan teknik renang paling sulit dan menguras banyak tenaga. Disebut gaya kupu-kupu karena gerakan kedua tangan mengepak bersamaan seperti sayap kupu-kupu. Gaya ini menggunakan seluruh anggota tubuh.

Dasar Cara Berenang untuk Pemula

Bagi sebagian orang berenang mungkin merupakan hal yang sulit. Namun sebenarnya, renang dapat dipelajari siapapun selama mengikuti tahapan belajar yang tepat.

Berikut ini dasar-dasar cara berenang untuk pemula yang bisa dipraktikkan:

1. Membiasakan tubuh di dalam air

Tubuh kita tidak terbiasa bergerak di dalam air, karenanya perlu beradaptasi untuk dapat lebih nyaman bergerak. Bisa dengan berendam di kolam yang dangkal dan merasakan daya apung di dalam air.

2. Belajar bernapas

Latih pernapasan dengan menarik napas dalam di atas permukaan air, lalu menahan napas, kemudian masukkan wajah ke dalam air dan hembuskan napas di dalam air. Palingkan atau angkat wajah dari dalam air untuk kembali mengambil napas. Lakukan berulang hingga lancar. Cara ini untuk melatih bernapas saat berenang.

3. Belajar mengapung

Mengapung di permukaan air penting sebagai latihan awal berenang. Tidak hanya mengapung dengan punggung atau telentang, tetapi juga dalam posisi telungkup dan kedua kaki terangkat. Lakukan dengan berpegangan pada tepi kolam atau papan pelampung.

4. Belajar menendang air

Jika tubuh sudah dapat mengapung, selanjutnya adalah belajar mendorong tubuh ke depan saat berenang. Lakukan latihan dengan gerakan menendang air menggunakan kedua kaki secara bergantian. Gunakan papan pelampung dan mulai berlatih bergerak maju saat mengapung.

5. Bergerak di dalam air

Bergerak di dalam air lebih sulit daripada di permukaan. Karenanya tubuh harus dibiasakan. Saat latihan berenang cobalah menggerakkan seluruh anggota tubuh di bawah air seperti mengayunkan tangan, menggerakkan kaki, dan memposisikan tubuh.

6. Pilih gaya renang untuk pemula

Memilih gaya berenang yang tepat penting agar pemula lebih cepat mahir karena bisa merencanakan bentuk latihan yang dilakukan.

7. Menggunakan alat bantu

Alat bantu seperti kacamata renang, penutup telinga dan hidung bisa memudahkan saat belajar berenang. Penggunaan papan pelampung juga dapat membantu lebih cepat mahir berenang.

8. Berlatih bersama ahli

Bagi pemula sebaiknya didampingi seseorang yang sudah mahir berenang. Selain membantu belajar renang, hal ini juga untuk menghindari kecelakaan di kolam renang.

Lama Belajar Renang agar Mahir

Renang dapat dipelajari siapapun di segala usia, termasuk anak-anak. Namun yang kerap ditanyakan saat mulai belajar berenang yakni berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga anak mahir berenang?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut karena kemampuan masing-masing dalam belajar berbeda. Namun, secara umum dibutuhkan antara 20-25 jam pelajaran bagi seseorang untuk dapat berenang. Waktu ini bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung kondisi orang yang belajar berenang.

Berenang sebagai Hobi

Renang termasuk olahraga yang aman dilakukan anak-anak. Meski demikian, ada hal yang harus diperhatikan saat anak mulai suka berenang, yaitu:

  • Wajib melakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang untuk mengurangi risiko cedera.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.
  • Hindari berenang sendirian dan pastikan ada orang lain atau petugas penjaga di area kolam renang.
  • Pilih kolam dengan kedalaman yang sesuai. Anak-anak sebaiknya berenang di kolam yang dangkal.
  • Jangan memaksakan diri. Beristirahat saat tubuh mulai merasa lelah.

Renang termasuk aktivitas olahraga yang bisa membuat lelah. Karenanya, Ibu perlu mempersiapkan asupan sebagai sumber energi bagi anak. Selain makanan minuman bergizi, Ibu bisa memberinya MILO Activ-Go, dengan kandungan ekstrak malt, susu, coklat, dan gula, serta vitamin dan mineral penting yang bantu dukung energi dan nutrisi si kecil.

Bagaimana, Bu? Semoga informasi seputar olahraga renang dan cara berenang untuk pemula di artikel ini bisa membantu anak Ibu agar lebih cepat mahir. Selamat mencoba dan jangan lupa berikan MILO Activ-Go kepada si Kecil, ya!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Energi Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.