Anak Tetap Aktif Dengan Bermain Halang Rintang Di Rumah Anak Tetap Aktif Dengan Bermain Halang Rintang Di Rumah

Anak Tetap Aktif Dengan Bermain Halang Rintang Di Rumah

01 October 2020

Bagaimana kabar Ibu dan anak selama menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini? Sangat wajar jika pergerakan anak terbatas karena harus berkegiatan di sekitar rumah saja. Namun, sebenarnya ada banyak aktivitas fisik yang bisa tetap dilakukan anak selama di rumah saja, Bu. Sebagai inspirasi, Ibu bisa membuat permainan halang rintang atau obstacle course sembari menikmati susu MILO kotak.

APA ITU PERMAINAN HALANG RINTANG?

Permainan halang rintang adalah aktivitas fisik di mana Ibu membuat beberapa rintangan yang harus dilewati anak. Misalnya, menyusun kursi dan meja kecil secara zigzag dan minta anak melewatinya dengan memanjat. Selain menggunakan meja dan kursi, Ibu bisa buat halang rintang dari barang-barang yang ada disekitar rumah. Aktivitas fisik ini bisa di lakukan baik di dalam rumah maupun di pekarangan.

MANFAAT PERMAINAN HALANG RINTANG

Selain menyenangkan, permainan halang rintang ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak. Berikut ini di antaranya:

1. Tetap Aktif Selama di Rumah Saja

Permainan halang rintang sangat menyenangkan, sehingga anak jadi lebih semangat untuk melakukannya dan lebih aktif bergerak selama di rumah saja. Selama melakukan permainan halang rintang anak akan aktif bergerak seperti berlari, memanjat, dan melompat. Sehingga, tubuh anak dapat tetap sehat selama PSBB.

2. Melatih Konsentrasi dan Daya Pikir Anak

Ketika bermain halang rintang, anak harus menghafalkan letak-letak rintangan yang Ibu buat. Tanpa disadari ini akan melatih konsentrasi dan memori anak. Selain itu, anak juga dituntut untuk berpikir kritis bagaimana cara sampai garis akhir dengan cepat. Ibu juga bisa ingatkan anak agar tidak curang selama bermain.

3. Melatih Keseimbangan

Agar bisa sampai ke garis akhir, anak harus berhasil menjaga keseimbangannya selama melewati rintangan. Oleh karena itu, permainan halang rintang juga bisa melatih keseimbangan anak dan sangat cocok khususnya untuk sang Juara yang aktif olahraga atau gymnastic.

4. Menciptakan Waktu Berkualitas

Selama masa PSBB ini menjadi waktu yang tepat untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga, Bu. Yuk, ajak seluruh anggota keluarga bermain halang rintang bersama. Saat melewati rintangan, jangan lupa untuk menjaga dan memastikan anak tidak terjatuh ya, Bu. Sehingga Sang Juara akan merasa aman dan nyaman ketika Ayah atau Ibu di dekatnya. 

5. Melatih Kemampuan Komunikasi

Selama bermain halang rintang, Ibu bisa menyemangatinya dan memberikan tips agar bisa menyelesaikan halang rintang hingga akhir. Meski terkesan sederhana, namun ini bisa menjadi cara efektif dalam melatih kemampuan komunikasi anak lho, Bu. 

BAGAIMANA MEMBUAT PERMAINAN HALANG RINTANG DI RUMAH?

Setelah membaca manfaat di atas, apakah Ibu tertarik membuat permainan halang rintang di rumah? Caranya mudah. Ibu hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Manfaatkan barang-barang yang ada. Misalnya, gunakan kolong meja sebagai area merangkak atau keranjang cucian untuk melempar bola. Setelah itu, buat jalur halang rintang dan beri penanda di setiap titik.
  • Buat kompetisi dengan saudaranya. Agar lebih menyenangkan, Ibu bisa adakan kompetisi halang rintang dengan saudaranya. Misal yang paling cepat menyelesaikan rintangan akan mendapatkan hadiah, seperti dimasakkan menu favoritnya untuk buka puasa. Ibu juga bisa menyimpan susu MILO kotak UHT di akhir rintangan sulit sebagai “reward kecil” sebelum melanjutkan permainan.
  • Isi kembali energi anak setelah bermain. Setelah aktif bergerak melakukan permainan halang rintang, jangan lupa kembalikan energi anak dengan asupan bergizi seperti susu MILO kotak UHT saat waktu berbuka puasa.

Baca Juga: 5 NUTRISI DARI SUSU COKLAT YANG BAIK DIMINUM SETELAH OLAHRAGA!

Susu MILO kotak UHT cocok diminum anak yang aktif bergerak karena memiliki kemasan yang ringan dan praktis. Hal ini bisa memudahkan anak mendapatkan sumber energi ketika sedang bermain khususnya selama bulan puasa ini. Hal ini karena MILO UHT tinggi akan nutrisi penting seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta ekstrak malt yang terbukti mampu mengembalikan energi anak setelah aktif bergerak.

buy now image
BELI PRODUK MILO