22 February 2021

Manfaat Pemanasan dan Tips Penting Sebelum Mulai Olahraga

Bagikan Artikel:

Seperti yang kita ketahui, aktif bergerak menjadi salah satu cara untuk Sang Juara mendapatkan tubuh  sehat dan kuat. Sebelum mulai olahraga, ada satu hal yang tidak boleh terlupakan, yaitu pemanasan. Manfaat pemanasan sebelum olahraga untuk mempersiapkan tubuh sebelum mulai melakukan aktivitas fisik dan menghindari risiko cedera. Pemanasan merupakan gerakan yang membantu mempersiapkan seseorang menghadapi tantangan saat berolahraga.

Pemasanan juga berhubungan dengan sistem jantung dan pembuluh darah. Aktivitas ini membuat detak jantung dan aliran darah meningkat sehingga aliran darah ke oksigen lebih banyak jumlahnya. Pemanasan juga mengaktifkan dan memperkuat hubungan antara saraf dan otot, sehingga meningkatkan efisiensi gerakan.

Manfaat Pemanasan Sebelum Anak Berolahraga

Manfaat pemanasan yang utama adalah mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas olahraga sehingga kita terhindar dari resiko cedera. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Sang Juara dapatkan. Apa saja itu? Yuk, cari tahu!

1. Bantu Anak Lebih Menikmati Olahraganya

Manfaat pemanasan sebelum olahraga dapat membantu sendi dalam tubuh anak lebih leluasa bergerak. Sebab, beberapa gerakan pemanasan olahraga mengajak anak meregangkan otot dan menahan satu posisi dalam beberapa waktu. Ada juga beberapa gerakannya dilakukan berulang. Hal inilah yang akhirnya dapat membuat sendi tubuh anak leluasa, sehingga ia bisa berolahraga dengan nyaman dan performa aktivitas fisiknya pun dapat lebih maksimal.

2. Mengurangi Risiko Cedera

Perlu Ibu ketahui, bahwa cedera saat berolahraga umumnya terjadi akibat kram otot atau terkilir. Nah, risiko tersebut sebenarnya bisa dikurangi dengan melakukan pemanasan. Hal ini dikarenakan gerakan pemanasan dapat mengoptimalkan elastisitas otot sehingga lebih rileks. Selain itu, manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot guna mengurangi rasa nyeri otot setelah berolahraga. 

3. Memperbaiki Postur Tubuh 

Tujuan utama dari pemanasan adalah mencegah ketidakseimbangan otot yang pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas fisik anak. Namun, terlepas dari itu, peregangan secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik bagi postur tubuh. Bahkan beberapa riset kesehatan menyebutkan bahwa pemanasan sebelum olahraga, dapat membantu memperbaiki postur tubuh anak, lho.

4. Mengurangi Risiko Nyeri Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, umumnya otot dalam tubuh akan terasa nyeri sehingga anak kesulitan untuk beraktivitas setelahnya. Nah, risiko ini dapat diminimalkan dengan melakukan peregangan sebelum olahraga. Mengapa begitu? Karena peregangan dapat meningkatkan kinerja sirkulasi darah secara optimal ke otot dan sendi. Hal ini nanti akan membantu pemulihan fisik anak setelah olahraga lebih cepat. Jadi, anak tidak perlu khawatir akan nyeri otot berlebihan setelah melakukan aktivitas fisik. 

5. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas tubuh penting dimiliki Sang Juara untuk mengurangi risiko terjadinya cedera atau rasa nyeri pada area-area tubuh tertentu, seperti sakit punggung. Jadi, bukan berarti hanya jenis olahraga seperti yoga saja yang membutuhkan latihan fleksibilitas, tapi juga hampir semua jenis olahraga lainnya. Nah, fungsi pemanasan bisa bantu meningkatkan fleksibilitas tubuh yang dibutuhkan. Namun butuh proses dan harus dilakukan secara konsisten ya. 

6. Melepas stres 

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, tujuan pemanasan sebelum olahraga juga bisa menjadi kegiatan untuk melepas stres. Sebab, ketika mengalami stres, otot dalam tubuh akan menjadi tegang - biasanya pada area leher dan pundak. Untuk itu, Ibu bisa ajak anak melakukan pemanasan untuk merelaksasi otot-otot tubuh dan membantu mengurangi stres.

Tips Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan memang terlihat mudah namun masih banyak orang yang keliru saat melakukannya. Pemanasan harus dilakukan dengan benar untuk mencegah cedera dan membuat aktivitas fisik yang dilakukan Si Kecil lebih efektif. Nah, agar Sang Juara tidak keliru saat melakukan pemanasan sebelum berolahraga, berikut teknik yang harus diperhatikan:

  • Secara umum, pemanasan harus dilakukan dengan memusatkan perhatian terlebih dahulu pada kelompok otot besar, seperti paha belakang. Kemudian Ibu bisa meminta Si Kecil melakukan latihan yang lebih spesifik untuk olahraga atau aktivitas fisik yang akan dilakukan.
  • Pemanasan sebaiknya dilakukan minimal 10 menit atau lebih sebelum memulai rutinitas olahraga apa pun untuk mengurangi kemungkinan cedera. Jika pemanasan terlalu singkat, maka aliran darah ke otot tidak mencukupi sehingga menyulitkannya untuk menangani kekuatan peregangan, tarikan, dan kontraksi yang diperlukan selama berolahraga.
  • Lakukan gerakan pemanasan dengan perlahan lalu tingkatkan kecepatan atau intensitas.
  • Setelah membuat otot tubuh hangat, luangkan beberapa menit untuk melakukan peregangan. Karena tujuan pemanasan Anda adalah untuk meningkatkan detak jantung dan membuat kita siap untuk latihan yang lebih intens, pilihlah peregangan yang dapat dilakukan sambil berdiri.

Itu tadi enam manfaat pemanasan sebelum olahraga. Ternyata banyak sekali ya Bu manfaatnya, baik secara fisik maupun mental untuk Sang Juara. Selain melakukan pemanasan, pastikan Ibu juga mengembalikan energi anak setelah berolahraga dengan MILO 3in1. Selain penyajiannya yang praktis, MILO 3in1 kaya akan kandungan Protein dan Vitamin B Kompleks yang dapat membantu memberikan energi untuk raih lebih. Untuk hasil manfaat yang maksimal, sebaiknya berikan secara rutin di pagi hari sebelum mulai beraktivitas dan malam hari sebelum istirahat ya, Bu!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Teknik Menendang Bola yang Benar Aktivitas
Bagaimana Teknik Menendang Bola Sepak yang Benar?

Buat kamu yang hobi sepak bola tentu perlu tahu bagaimana teknik menendang bola yang tepat agar tendangan lebih akurat dan performa di lapangan

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.