02 January 2024

8 Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Olahraga, Bikin Ideal dan Bebas Bungkuk

Bagikan Artikel:

Di era sekarang, postur tubuh buruk kerap menjadi masalah bagi sebagian orang. Gaya hidup yang sering melibatkan penggunaan komputer, menonton televisi, atau mengangkut beban berat dapat membuat orang rentan terhadap postur tubuh buruk.

Di sisi lain, memiliki postur tubuh yang baik lebih dari sekadar terlihat menarik, tetapi juga meminimalkan sakit otot dan menambah energi selama beraktivitas.

Lalu, bagaimana postur tubuh yang ideal? Ada berbagai cara memperbaiki postur tubuh dengan olahraga yang mudah diikuti siapa saja, tanpa memandang usia.

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Efektif

Ibu dapat menggunakan delapan cara efektif memperbaiki postur tubuh agar postur tubuh tegak, ideal, dan bebas dari masalah bungkuk berikut ini.

1. Stretching

Merenggangkan otot-otot yang tegang adalah latihan utama dan penting dalam memperbaiki postur tubuh.

Lakukan peregangan sebelum memulai aktivitas harian, terutama berfokus pada otot-otot yang sering tegang, seperti otot leher, bahu, dan punggung bawah.

Peregangan yang baik dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mencegah bungkuk.

Salah satu stretching yang dapat Ibu coba adalah child’s pose, yakni meregangkan dan memanjangkan tulang belakang, bokong, dan paha belakang. Gerakan ini dapat melepaskan ketegangan di punggung bawah dan leher.

2. High Plank

High plank adalah latihan yang sangat efektif untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan kaku di seluruh tubuh sekaligus memperkuat bahu, bokong, dan paha belakang.

Cara melakukannya sangat mudah, yakni memulai posisi push-up, tetapi mengalihkan berat badan ke tangan sehingga hanya ujung jari-jari kaki yang menyentuh lantai.

Pastikan tubuh Ibu membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki, lalu tahan hingga 1 menit untuk setiap repetisi.

3. Hip Flexor Stretch

Perbaiki postur tubuh dengan latihan hip flexor stretch sangat mudah karena seperti berlutut sambil bergoyang. 

Peregangan ini membuka pinggul dengan lembut dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi sehingga dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Caranya adalah berlutut dengan lutut kanan di lantai, letakkan kaki kiri di depan dan tekuk lutut pada sudut 90 derajat.

Setelah itu, letakkan kedua tangan di paha kiri Anda, tekan pinggul perlahan ke depan dan tahan posisi tersebut selama 20–30 detik.

4. Crossover

Crossover adalah latihan yang berguna melawan kecenderungan bungkuk ke depan dan bermanfaat untuk semua otot inti, dengan fokus pada otot oblique atau otot di antara pinggul dan tulang iga.

Cara agar tidak bungkuk dengan latihan crossover adalah berdiri dengan kaki selebar pinggul, lalu angkat lengan ke samping sejajar dengan bahu.

Perlahan-lahan, putar tubuh ke satu sisi, sambil menjaga pinggul tetap stabil. Ulangi gerakan ini ke sisi lain.

5. Pilates Roll Up

Pilates adalah latihan memperbaiki postur tubuh ini dirancang khusus. Caranya dengan berbaring telentang, lurus dan lenturkan kaki, angkat lengan ke atas, dan tekan punggung bawah ke lantai.

Lalu, angkat lengan dari lantai hingga duduk dengan perut ditarik ke dalam, tangan mengarah ke depan sejajar dengan kaki. Angkat tangan tubuh dan kembali ke bawah secara perlahan.

6. Yoga

Yoga adalah latihan holistik yang mencakup gerakan, pernapasan, dan meditasi yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan memperkuat otot-otot inti dan meningkatkan kesadaran postur tubuh Anda.

Salah satu gerakan yoga paling mudah adalah Bridge Pose. Teknik ini  akan memperkuat punggung dan memberi lebih banyak dukungan pada tulang belakang Anda.

Ibu dapat melakukannya dengan berbaring telentang, kedua tangan di sisi tubuh, lutut ditekuk, dan betis berdiri.

Kencangkan tubuh saat menyerupai jembatan, lalu tahan selama 20 hingga 30 detik. Turunkan tubuh Anda, kembali ke posisi awal.

7. Single Leg Extension

Gerakan ini melatih otot inti untuk bekerja sama dalam menstabilkan panggul dan memperbaiki ketidakseimbangan otot.

Cara memperbaiki postur tubuh ini sangat mudah, yaitu berbaring dan tekan punggung ke lantai untuk menguatkan perut.

Kemudian, angkat dan tekuk kaki seperti posisi sedang duduk. Turunkan satu satu kaki secara perlahan dan bergantian dengan kaki lain seperti sedang menginjak di udara.

8. Renang

Renang adalah olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh. Sebagai contoh, renang gaya punggung dapat membantu memperbaiki bahu yang membulat atau “postur ibu”.

Gaya punggung dapat menjadi terapi untuk postur tubuh karena membantu mengembalikan bahu ke posisi semula.

Cara renang gaya punggung adalah menghadapkan punggung ke permukaan air, lalu menggerakkan kaki dan tangan seperti gaya bebas. Saat tubuh dalam posisi telentang, kedua tangan mengayuh ke arah pinggang.

Jika Anda memiliki masalah postur tubuh yang serius atau merasa kesulitan dalam melakukan gerakan-gerakan di atas, latihan untuk memperbaiki postur tubuh harus dilakukan sesuai dengan petunjuk ahli fisioterapi atau pelatih personal.

Untuk mendukung latihan memperbaiki postur tubuh, Ibu dapat memberikan MILO Active-Go yang mengandung susu, cokelat, dan malt dengan energi alami di setiap gelasnya.

Minuman coklat berenergi ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari, seperti vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi.

Dengan cara memperbaiki postur tubuh di atas serta tekad dan usaha, semua orang dapat mencapai postur tubuh yang ideal dan bebas bungkuk. Ayo mulai dari sekarang!


Source:

  1. Verywell Health - What Causes Bad Posture? Dari https://www.verywellhealth.com/posture-fixes-what-are-you-up-against-297037. Diakses 21 September 2023
  2. Healthline - 12 Exercises to Improve Your Posture. Dari https://www.healthline.com/health/posture-exercises#child's-pose. Diakses 21 September 2023
  3. Medical News Today - Exercises and tips to improve your posture. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/325883#effective-exercises. Diakses 21 September 2023
  4. WebMD - Exercises to Improve Your Posture. Dari https://www.webmd.com/fitness-exercise/better-posture-exercises. Diakses 21 September 2023
  5. Verywell Fit - 6 Yoga Poses for Better Posture. Dari https://www.verywellfit.com/yoga-poses-to-improve-your-posture-3567224. Diakses 21 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.