24 October 2022

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Agar Aktif di Sekolah

Bagikan Artikel:

Beberapa Ibu pastinya pernah mengalami “drama” ketika anak bersekolah tatap muka. Terutama ketika Ibu memiliki anak yang pemalu dan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Pastinya, Ibu harus mencari cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. Tentunya, itu bukan hal yang mudah karena percaya diri sebenarnya harus dipupuk sejak dini.

Menurut University of South Florida, Amerika Serikat, percaya diri adalah kemampuan untuk menerima dan mempercayai diri sendiri. Sikap ini juga sekaligus memiliki kemampuan untuk mengontrol kehidupan. Seseorang yang percaya diri berarti tahu kekuatan dan kelemahan dengan baik. Sekaligus memiliki punya pandangan positif terhadap diri sendiri.

Sebenarnya, kepercayaan diri ini dibutuhkan agar anak bisa punya kemampuan sosial yang baik. Tak cuma di sekolah, sikap ini diperlukan untuk kehidupan ketika dewasa nanti. Itu sebabnya motivasi percaya diri sangat diperlukan anak sejak dini.

Lalu, bagaimanakah cara menumbuhkan sikap percaya diri? Berikut ini cara menumbuhkan rasa percaya diri yang bisa Ibu lakukan terhadap anak.

 

1. Memberikan Perhatian Kepada Anak

Hal sederhana pertama yang bisa menjadi cara menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah memberikan perhatian. Walau anak tidak pernah mengucapkanya, sebenarnya ia sangat membutuhkan perhatian Ibu. Itu sebabnya, ketika ia pulang sekolah, Ibu bisa memberikan perhatian tersebut. Contohnya, membuat makanan kesukaannya atau sekadar menjemputnya di sekolah.

Hal simple itu membuatnya merasa dihargai dan diakui keberadaannya. Ibu juga bisa membelikannya pensil baru karena lihat pensilnya sudah patah. Bisa juga Ibu mengajak anak mengobrol soal kesehariannya di sekolah. Pastinya, ia semakin merasa senang.

 

2. Fokus pada Keberanian

Tahukah Ibu anak sering merasa khawatir ketika harus melakukan hal-hal yang baru? Misalnya, anak diminta maju di depan kelas untuk membacakan sebuah cerita. Hal ini bisa jadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi anak. Ini karena ia harus mengeluarkan seluruh keberanian untuk melakukannya.

Coba Ibu hargai keberanian tersebut. Jangan ragu untuk memuji keberaniannya dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan demikian, anak mengetahui Ibu selalu menghargai upaya atau proses yang sudah dilakukannya.

 

3. Selalu Beri Dukungan

Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak lainnya adalah memberi dukungan. Ibu perlu mengetahui kalau anak sangat memerlukan dukungan Ibu. Apalagi saat ia mengalami kesulitan atau kegagalan. Ketika itu terjadi, anak akan down dan juga merasa sedih. Bahkan, ia bisa menyerah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Supaya anak tetap pantang menyerah, Ibu bisa memberikan dukungan dan motivasi. Misalnya, dengan mengajaknya mengobrol soal kesulitannya. Bisa juga dengan membuat pampering food atau camilan kesukaan anak. Bentuk dukungan tersebut membuat anak kembali lagi bersemangat untuk pantang menyerah.

 

4. Latih Hadapi Tantangan

Setelah anak mengetahui kedua orang tua mendukungnya, saatnya Ibu melatihnya menghadapi sebuah tantangan atau masalah. Bagaimana caranya? Ibu bisa memberikan tugas-tugas kecil baru kepada anak di rumah. Misalnya, tugas membersihkan kamar atau mencuci piring.

Bagi anak yang belum pernah melakukan tugas tersebut, pastinya ini merupakan hal yang sulit. Ibu bisa membiarkan anak mencobanya. Jangan langsung membantunya, biarkan ia mencari cara menyelesaikannya sendiri.

 

5. Berhubungan dengan Guru

Cara menumbuhkan rasa percaya diri anak juga memerlukan bantuan pihak sekolah, lho. Ibu bisa berkoordinasi dan menjalin hubungan yang baik dengan guru-gurunya. Hal ini karena Ibu tidak pernah tahu sikap dan kemampuan anak di sekolah tanpa informasi dari guru.

Ibu bisa menanyakannya perkembangan anak secara berkala. Cara ini diperlukan supaya Ibu bisa menyusun strategi memotivasi anak di rumah. Jadi, Ibu tidak salah langkah.

Itu tadi cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak di sekolah. Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. Produk MILO yang satu ini praktis dikonsumsi dan dibawa ke mana saja. MILO kotak ini mengandung cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Tumbuh Aktif

Minuman Tinggi Protein untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah Inspirasi Nutrisi
Simak Kegunaan Minuman Tinggi Protein untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Tumbuh kembang anak yang optimal adalah harapan semua Ibu. Salah satu faktor yang mendukungnya adalah asupan nutrisi yang seimbang, meliputi asupan

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Cara meningkatkan imun tubuh Aktivitas
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak

Manfaat vitamin k bagi tubuh Aktivitas
Berikut 7 Kegunaan Vitamin K Bagi Tubuh

Walaupun jenis vitamin K belum terlalu populer, tapi Ibu perlu tahu kalau manfaat vitamin K juga dibutuhkan oleh orang dewasa dan juga anak karena

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.