05 June 2024

Perlu Dilatih Sejak Dini, Ini Cara Agar Mental Kuat!

Bagikan Artikel:

Mental yang kuat tidak cuma memberi ketangguhan dalam menghadapi tantangan hidup, tetapi juga menjadi salah satu kunci keberhasilan di berbagai hal. Itu sebabnya Ibu perlu mendidik anak untuk memiliki mental yang kuat  yang akan menjadi bekalnya saat menjalani proses kehidupan penuh dinamika dan tekanan.

Lalu bagaimana cara agar mental kuat dimiliki anak sejak dini dan apa saja manfaat penting memiliki mental tangguh? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut.

Manfaat Memiliki Mental yang Kuat

Berikut ini adalah hal-hal positif atau manfaat yang didapatkan saat anak tumbuh dengan mental yang kuat:

  • Tangguh dan tidak gampang menyerah. Anak yang kuat mental menjadi lebih tangguh dalam menghadapi cobaan dan rintangan. Mereka mampu bangkit kembali setelah gagal dan tetap optimis untuk mencoba lagi.
  • Emosi stabil. Orang dengan mental yang kuat cenderung memiliki stabilitas emosi yang lebih baik. Mereka mampu mengelola stres dan tekanan dengan lebih baik, sehingga lebih mudah untuk menjaga kesehatan mental mereka.
  • Percaya diri. Individu yang memiliki mental yang kuat cenderung lebih percaya diri. Mereka percaya pada kemampuan dan potensi diri mereka sendiri, sehingga lebih berani mengambil risiko dan berusaha mencapai tujuan hidup.
  • Rasional. Dengan mental yang kuat memungkinkan seseorang untuk tetap tenang, rasional, dan terhindar dari kecemasan atau ketakutan  saat mencari solusi suatu masalah.
  • Terbuka terhadap perubahan. Orang dengan mental yang kuat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan tantangan. Mereka melihat sebuah tantangan atau kegagalan sebagai latihan mental dan kesempatan untuk belajar dan berkembang, bukan sebagai ancaman.

Tips Membangun Mental yang Kuat

Melatih mental anak untuk menjadi kuat memang butuh proses. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu terapkan.

1. Menumbuhkan kepercayaan diri

Melatih keberanian dan mental kuat sejak dini adalah dengan memperkuat keyakinan dan kepercayaan diri pada anak. Ini bisa dilakukan melalui afirmasi positif seperti apresiasi dan pujuan, mengenalkan kelebihan dan kelemahan diri, serta membantu anak memiliki tujuan yang realistis.

2. Berpikir positif

Percaya diri, tidak mudah menyerah, dan berpikir positif adalah beberapa ciri-ciri mental kuat. Untuk itu, Ibu perlu melatih anak dengan mengajarkan mereka untuk fokus pada hal-hal yang mereka bisa kontrol. Berpikir positif juga bentuk cara mengatasi mental down dan menerima kegagalan sebagai bagian dari proses belajar dan melihat setiap tantangan sebagai peluang.

3. Mendorong kemandirian

Memberi kesempatan pada anak-anak untuk menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah mereka sendiri adalah cara yang baik untuk melatih mental dan mengajarkan kemandirian.

4. Menanamkan nilai kepemimpinan

Mengajarkan anak untuk memimpin teman-temannya baik di lingkungan rumah maupun sekolah merupakan cara membuat mental kuat. Cara ini akan mengajarkan mereka untuk mengambil inisiatif dan mengambil tanggung jawab.

5. Aktif berolahraga

Membiasakan anak untuk menyukai olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa membentuk mental kuat. Dalam olahraga anak akan belajar untuk berkompetisi, menerima kekalahan, bermain sportif, dan juga melatih jiwa kepemimpinan.

Salah satu cara untuk mengajak anak melakukan latihan fisik adalah dengan mengikuti event olahraga, seperti event Road to MILO Activ Indonesia Race 2024 yang diselenggarakan di 12 kota di seluruh Indonesia! Tunggu kehadirannya di kotamu dan jangan sampai terlewatkan tanggal registrasinya.

Itu tadi cara agar mental kuat yang perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak untuk memberikan motivasi pada mereka agar selalu bersemangat, aktif, berenergi dan sukses meraih Impian masa depan.


Source:

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 2020. Seri Pendidikan Orang Tua: MengembangkanKetangguhan Anak Sejak Dini

Cleveland Clinic. How To Build Mental Strength and Toughness Retrieved 6/5/2024 from https://health.clevelandclinic.org/mental-strength

UNICEF. How play strengthens your child’s mental health. Retrieved 6/5/2024 from https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-play-strengthens-your-childs-mental-health  

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Tumbuh Aktif

Cara berpikir Kreatif dan Inovatif Energi Aktif
Cara Berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Kehidupan Sehari hari

Cara berpikir kreatif dan inovatif bukan cuma berkaitan dengan tren yang kekinian, tapi ini adalah kemampuan yang perlu dimiliki semua orang, termasuk

Cara Mengembangkan Bakat Anak Energi Aktif
Perlu Diketahui Ini 7 Cara Mengembangkan Bakat Anak!

Setiap anak terlahir dengan potensi talenta atau bakat yang berbeda. Contoh bakat dan minat adalah ada yang jago lari, sepak bola, ada juga yang

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Menumbuhkan Sikap Optimis Tumbuh Aktif
Cara Menumbuhkan Sikap Optimis Bagi Anak yang Bisa Dilakukan

Penting bagi Ibu untuk menumbuhkan sikap optimis pada anak sejak dini. Kenapa? Karena pribadi yang memiliki rasa optimis tinggi cenderung akan melihat

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

cara agar mental kuat Tumbuh Aktif
Perlu Dilatih Sejak Dini, Ini Cara Agar Mental Kuat!

Mental yang kuat tidak cuma memberi ketangguhan dalam menghadapi tantangan hidup, tetapi juga menjadi salah satu kunci keberhasilan di berbagai hal.

manfaat disiplin Energi Aktif
Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari Bagi Anak

Untuk mendukung anak meraih kesuksesan masa depan, peran orang tua tidak cukup hanya memfasilitasi pendidikan sekolah dan asupan makanan bergizi.

pendidikan karakter Energi Aktif
Peran Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian

Apakah mendidik anak tujuannya sebatas membuat mereka pintar secara akademis saja? Ibu pasti setuju kalau jawabannya adalah tidak. Hal lain yang juga

Minuman Tinggi Protein untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah Inspirasi Nutrisi
Simak Kegunaan Minuman Tinggi Protein untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Tumbuh kembang anak yang optimal adalah harapan semua Ibu. Salah satu faktor yang mendukungnya adalah asupan nutrisi yang seimbang, meliputi asupan

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.