Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Bagikan Artikel:

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan  makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk kepadatan massa tulang serta mencegah risiko fraktur dan osteoporosis.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sekitar 45% dari puncak pembentukan massa tulang berlangsung pada masa remaja, sehingga pada masa tersebut kecukupan asupan kalsium sangat penting.1

Agar Ibu lebih tahu berapa kalsium yang dibutuhkan anak serta apa saja manfaat lain kalsium dan makanan tinggi kalsium untuk anak, simak bahasan berikut ini. 

Berbagai Macam Manfaat Kalsium

Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, Ibu juga perlu tahu kalau makanan kaya kalsium juga berperan untuk menjaga fungsi jantung, otot dan saraf. Selain itu, beberapa penelitian yang masih dikaji lebih lanjut menyebutkan kombinasi kalsium dan vitamin D juga dapat mengurangi risiko diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi.

Kebutuhan Kalsium pada Anak dan Remaja

Supaya manfaat kalsium bisa berdampak efektif pada kesehatan, Ibu perlu memastikan bahwa konsumsi makanan berkalsium cukup sesuai angka kecukupan gizi harian. Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak dan remaja usia 10 – 18 tahun (laki-laki dan perempuan) memerlukan 1.200 mg kalsium per harinya.

Pilihan Makanan yang Mengandung Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian pada anak, Ibu bisa memberikannya beberapa alternatif makanan tinggi kalsium dan juga minuman tinggi kalsium berikut ini:

1. Ikan

Makanan sumber kalsium tinggi yang bisa Ibu sajikan untuk anak adalah ikan. Beberapa jenis ikan atau seafood yang merupakan sumber kalsium, diantaranya salmon, sarden, udang, kepiting, dan ikan teri.

2. Sayuran hijau

Sebagai opsi sayuran tinggi kalsium, Ibu bisa memilih brokoli, bayam, kale, bok choy, kangkong, dan sayuran berwarna hijau gelap umumnya kalsium tinggi.

3. Buah-buahan

Kalau anak lebih suka buah ketimbang sayur, Ibu bisa menyiapkan buah tinggi kalsium seperti jeruk, raspberry, blackberry, stroberi, alpukat, dan jeruk.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Ibu juga memberikan anak makanan penambah kalsium dari jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, dan kacang kenari. Selain itu, bisa juga mencoba biji-bijian yang mengandung kalsium tertinggi seperti biji bunga matahari, dan chia seed.

5. Tahu dan tempe

Sumber kalsium lainnya juga bisa didapat dari sajian lauk tahu dan tempe yang merupakan hasil fermentasi dari kedelai. 

6. Susu dan produk susu

Selain makanan, Ibu juga perlu melengkapi kebutuhan gizi anak dengan minuman yang mengandung kalsium, seperti susu. Tidak hanya sebagai minuman berkalsium tinggi, susu juga mengandung nutrisi lain seperti protein, lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, zink, dan sejumlah mineral penting lainnya.

Untuk produk sumber kalsium selain susu, Ibu juga bisa memberi anak yoghurt dan keju yang rendah lemak atau tanpa lemak.

Ibu juga perlu mengingat bahwa diet yang seimbang dan gaya hidup yang sehat juga penting untuk menjaga kesehatan tulang anak secara menyeluruh. Selain asupan kalsium yang cukup, pastikan anak juga mendapatkan nutrisi lainnya seperti vitamin D, vitamin K, magnesium, dan fosfor yang berperan penting dalam kesehatan tulang.

Itu tadi manfaat dan beberapa contoh makanan yang mengandung kalsium yang perlu Ibu ketahui. Jangan lupa lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya dengan memberikannya minuman dengan kandungan susu, seperti MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. IDAI . Nutrisi Pada Remaja. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-remaja. Diakses 5/10/2023
  2. Mayo Clinic. Calcium and calcium supplements: Achieving the right balance. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097. Diakses 5/10/2023
  3. Menkes RI. Permenkes RI No 28 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. 2019
  4. Harvard. Calcium. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/calcium/. Diakses 5/10/2023
  5. WebMD. Healthy Foods High in Calcium. Dari https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-calcium. Diakses 5/10/2023
  6. Healthline. 7Enticing Health Benefits of Chia Seeds. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-chia-seeds. Diakses 5/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Teknik Menendang Bola yang Benar Aktivitas
Bagaimana Teknik Menendang Bola Sepak yang Benar?

Buat kamu yang hobi sepak bola tentu perlu tahu bagaimana teknik menendang bola yang tepat agar tendangan lebih akurat dan performa di lapangan

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.