Penuhi Kebutuhan Kalsium Harian Anak dengan 7 Makanan Ini

Bagikan Artikel:

Memastikan kebutuhan kalsium harian anak tercukupi amatlah penting. Kalsium adalah mikronutrien yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak yang kuat. 

Mineral yang banyak terkandung di dalam susu ini juga dapat membantu melancarkan aliran darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga fungsi otot dan saraf, serta menjaga kesehatan jantung.

Akan tetapi, Kalsium bukan cuma bisa ditemukan dalam susu, ya Bu. Selain susu, Ibu bisa menemukan Kalsium dalam sejumlah makanan di bawah ini:

1. Brokoli

Makanan mengandung Kalsium yang pertama adalah brokoli. Ya, brokoli memang sayuran gudangnya nutrisi. Bukan hanya serat, sayuran hijau ini adalah sumber Kalsium yang baik. Bisa disajikan dengan berbagai olahan, seperti dijadikan jus atau ditumis. 

Satu cangkir brokoli yang sudah matang mengandung 45 mg kalsium. Ibu bisa mengolahnya dengan beragam jenis hidangan buat anak. Misalnya, sayuran hijau ini dimasukkan ke dalam sup, tumisan, ataupun jus.

2. Telur

Telur mudah dan murah ditemui di pasaran. Selain kaya protein dan lemak, telur juga tinggi kandungan kalsium yang penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat. 

Satu butir telur mentah yang utuh, punya kandungan 56 mg kalsium/100 gr.
Rasa telur juga enak sehingga mudah dikreasikan menjadi beragam jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

3. Ikan 

Beragam jenis ikan, seperti salmon, sarden, tuna, tongkol, dan juga teri, juga bisa menjadi pilihan makanan berkalsium tinggi untuk anak. Selain kaya kalsium, ikan juga merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan otak, jantung, dan kulit anak.

 

4. Keju

Anak Ibu sangat suka makan keju? Kabar baik! Pasalnya, umumnya keju adalah sumber kalsium yang sangat baik. Keju parmesan salah satunya, yang merupakan jenis keju dengan kandungan kalsium paling banyak, yaitu 242 mg per ons. Ibu bisa mencampurkan asupan ini ke beragam jenis makanan, seperti roti dan juga spaghetti.

 

5. Tahu

Siapa sih, yang tidak suka tahu? Hidangan yang diolah dari kedelai dan bertekstur lembut ini memang lezat disantap bersama sepiring nasi hangat. Namun, selain tinggi protein, tahu juga salah satu sumber makanan tinggi kalsium, lho! Setengah cangkir tahu (sekitar 126 gram) diketahui dapat memenuhi 66 persen kebutuhan kalsium harian. 

 

6. Kedelai

Kedelai adalah sumber kalsium yang baik. Setengah cangkir kedelai setidaknya mengandung 230 mg kalsium. Selain dipanggang, kedelai juga lezat dijadikan susu. Asupan ini adalah pilihan yang baik untuk anak dengan kondisi intoleransi laktosa.

 

7. Almon

Dari semua jenis kacang-kacangan, almon adalah salah satu yang punya kandungan kalsium terbanyak. Dalam 1 ons almon, atau sekitar 23 kacang, dapat memenuhi 6 persen kebutuhan kalsium harian.

Almon juga menyediakan 3,5 gram serat per ons (28 gram), serta lemak dan protein sehat. Jadi, ngemil kacang almond bukan cuma mengenyangkan, tapi juga menyehatkan! 

 

Selain makanan di atas, jangan lupakan memberikan susu kepada anak sebagai salah satu asupan sumber kalsium mereka. Berikan susu MILO 3in1 yang sehat dan bernutrisi setiap harinya. Minuman rasa cokelat ini diperkaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan D, serta kalsium, fosfor, dan juga zat besi. Ibu bisa menyiapkan susu MILO yang praktis dan enak sebelum atau di sela-sela aktivitas anak. 

Jadi Ibu, pastikan kecukupan kalsium untuk tulang anak terpenuhi, ya. Selain dengan makanan-makanan di atas, berikan juga susu Milo 3in1 untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,