Kebutuhan Kalsium Harian Anak Berdasarkan Usia

Bagikan Artikel:

Memastikan kebutuhan kalsium harian anak tercukupi amatlah penting. Kalsium adalah mikronutrien yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak yang kuat.

Mineral yang banyak terkandung di dalam susu ini juga dapat membantu melancarkan aliran darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga fungsi otot dan saraf, serta menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Makanan Tinggi Kalsium

Faktanya, kalsium bukan cuma bisa ditemukan dalam susu, ya Bu. Selain susu, Ibu bisa menemukan Kalsium dalam sejumlah makanan di bawah ini:

1. Brokoli

Makanan mengandung kalsium yang pertama adalah brokoli. Ya, brokoli memang sayuran gudangnya nutrisi. Bukan hanya serat, sayuran hijau ini adalah sumber Kalsium yang baik. Bisa disajikan dengan berbagai olahan, seperti dijadikan jus atau ditumis.

Satu cangkir brokoli yang sudah matang mengandung 45 mg kalsium. Ibu bisa mengolahnya dengan beragam jenis hidangan buat anak. Misalnya, sayuran hijau ini dimasukkan ke dalam sup, tumisan, ataupun jus.

2. Telur

Telur mudah dan murah ditemui di pasaran. Selain kaya protein dan lemak, telur juga tinggi kandungan kalsium yang penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat.

Satu butir telur mentah yang utuh, punya kandungan 56 mg kalsium/100 gr.

Rasa telur juga enak sehingga mudah dikreasikan menjadi beragam jenis makanan untuk memenuhi asupan kalsium.

3. Ikan

Beragam jenis ikan, seperti salmon, sarden, tuna, tongkol, dan juga teri, juga bisa menjadi pilihan makanan untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Selain kaya kalsium, ikan juga merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan otak, jantung, dan kulit anak.

4. Keju

Anak Ibu sangat suka makan keju? Kabar baik! Pasalnya, umumnya keju adalah sumber kalsium yang sangat baik. Keju parmesan salah satunya, yang merupakan jenis keju dengan kandungan kalsium paling banyak, yaitu 242 mg per ons. Ibu bisa mencampurkan asupan ini ke beragam jenis makanan, seperti roti dan juga spaghetti.

5. Tahu

Siapa sih, yang tidak suka tahu? Hidangan yang diolah dari kedelai dan bertekstur lembut ini memang lezat disantap bersama sepiring nasi hangat. Namun, selain tinggi protein, tahu juga salah satu sumber makanan tinggi kalsium, lho! Setengah cangkir tahu (sekitar 126 gram) diketahui dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 66 persen.

6. Kedelai

Kedelai adalah sumber kalsium yang baik. Setengah cangkir kedelai setidaknya mengandung 230 mg kalsium. Selain dipanggang, kedelai juga lezat dijadikan susu. Asupan ini adalah pilihan yang baik untuk anak dengan kondisi intoleransi laktosa.

7. Almond

Dari semua jenis kacang-kacangan, almond adalah salah satu yang punya kandungan kalsium terbanyak. Dalam 1 ons almond, atau sekitar 23 kacang, dapat memenuhi 6 persen kebutuhan kalsium per hari.

Almond juga menyediakan 3,5 gram serat per ons (28 gram), serta lemak dan protein sehat. Jadi, ngemil kacang almond bukan cuma mengenyangkan, tapi juga menyehatkan!

Kebutuhan Kalsium Harian Anak Berdasarkan Usia

Berapa banyak sih kebutuhan kalsium harian anak? Pada dasarnya, kebutuhan kalsium anak berbeda-beda, tergantung pada usia mereka. Masa kanak-kanak adalah momen penting dimana tulang bisa tumbuh kuat. Anak-anak yang mendapat cukup kalsium bisa tumbuh dewasa dengan kondisi tulang kuat. Hal ini bisa membuat mereka terhindar dari osteoporosis dan pengeroposan tulang di kemudian hari.

Menambah asupan kalsium diperlukan selama masa pertumbuhan untuk membangun massa tulang yang optimal. Saat anak berusia 1 hingga  3 tahun, asupan kalsium harian yang dibutuhkan sekitar 700 mg per hari. Saat anak berusia 4 hingga 8 tahun, mereka membutuhkan kalsium 1000 mg per hari. Ketika usia mereka sudah mencapai  hingga 18 tahun, asupan kalsium harian yang dibutuhkan mencapai 1300 mg per hari.

Jika anak kekurangan kalsium, pertumbuhan tulangnya akan melemah karena tubuh akan mengeluarkan kalsium dari tulang untuk digunakan di tempat lain jika diperlukan. Pada saat seorang anak mencapai usia dewasa muda, tulang mereka mencapai puncak kepadatannya. Setelah itu, tubuh sebagian besar mengambil kalsium dari apa yang disimpan di tulang. Orang yang tidak memiliki cukup kalsium yang tersimpan di tulangnya bisa terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Agar anak-anak mendapatkan asupan kalsium  yang direkomendasikan, mereka harus mengonsumsi makanan yang diperkaya kalsium (seperti sereal sarapan fortifikasi) dan/atai 2-3 porsi produk susu setiap hari. Jika anak Anda tidak mau minum susu atau alergi terhadap susu, Ibu bisa memberikan mereka makanan lain yang kandungan kalsiumnya tinggi.

Untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium, Ibu juga bisa menambahkan makanan yang kaya akan vitamin D. Banyak penelitian membuktikan bahwa vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium tubuh sebanyak 30-40%.

Ibu juga bisa memberikan anak minuman berenergi Milo yang mengandung kalsium tinggi. Berikan MILO 3in1 yang sehat dan bernutrisi setiap harinya. Minuman rasa cokelat ini diperkaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan D, serta kalsium, fosfor, dan juga zat besi. Ibu bisa menyiapkan MILO yang praktis dan enak sebelum atau di sela-sela aktivitas anak.

Jadi Ibu, pastikan asupan kalsium harian anak,  ya. Selain dengan makanan-makanan di atas, berikan juga susu Milo 3in1 untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.