04 June 2024

Pilihan Makanan dengan Sumber Kalsium Tinggi untuk Anak yang Gemar Olahraga

Bagikan Artikel:

Penting bagi Ibu untuk selalu memastikan asupan makanan dan minuman anak mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan. Salah satu zat gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak adalah kalsium. Memastikan anak mengonsumsi asupan sumber kalsium yang cukup adalah bagian penting dari upaya untuk memastikan kesehatan optimal, terlebih saat anak sering melakukan aktivitas olahraga.

Untuk tahu lebih banyak tentang manfaat dan pilihan makanan sumber kalsium, yuk Bu simak bahasan berikut ini.

Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Anak-anak membutuhkan kalsium untuk membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Kebutuhan kalsium yang memadai pada masa anak-anak dan remaja membantu mereka bisa aktif saat beraktivitas dan mencegah risiko terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

Namun Ibu juga perlu tahu, kalsium bukanlah hanya untuk tulang dan gigi. Zat mineral ini juga diperlukan untuk mendukung fungsi saraf, kontraksi otot yang normal, dan proses pembekuan darah. Selain itu, kalsium juga berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil dan mendukung kesehatan jantung.

Kebutuhan Kalsium Harian untuk Anak dan Remaja

Untuk mengoptimalkan manfaat kalsium pada tubuh, Ibu perlu memberikan asupan makanan atau minuman dengan kandungan kalsium sesuai kebutuhan gizi hariannya. Menurut Permenkes Nomor 28 tahun 2019, berikut kebutuhan kalsium harian anak dan remaja:

  • Usia 7 – 9 tahun: 1000 mg per hari
  • Usia 10 – 18 tahun: 1200 mg per hari

Pilihan Makanan sebagai Sumber Kalsium Alami

Kebanyakan orang menganggap sumber mineral kalsium hanya bisa didapatkan dari susu sapi. Tapi sebenarnya ada banyak pilihan makanan lain yang bisa jadi sumber kalsium selain susu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kacang almond

Jenis makanan kacang-kacang, seperti almond adalah salah satu contoh makanan sumber kalsium pengganti susu. Selain sebagai pilihan sumber kalsium terbaik, almond juga mengandung serat, protein, lemak sehat, vitamin E, dan beberapa mineral lain seperti magnesium dan mangan.

2. Sayuran hijau

Pilihan makanan sumber kalsium tertinggi lainnya adalah sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, sawi, bayam, dan kale. Selain tinggi kalsium, jenis sayuran tersebut juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan mineral lainnya.

3. Ikan

Beberapa jenis ikan tinggi kalsium adalah salmon dan sarden. Bukan cuma sebagai makanan sumber kalsium tertinggi, ikan tersebut juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan tumbuh kembang anak yang aktif.

4. Produk kedelai

Sumber kalsium dari makanan juga bisa didapatkan dari produk olahan kedelai seperti tempe dan tahu yang juga dikenal sebagai sumber protein nabati. Selain itu, tahu tempe juga mengandung vitamin B3, B6, fosfor, magnesium, dan tembaga.

5. Keju

Sumber kalsium pada makanan juga bisa didapatkan dari makanan olahan susu, yaitu keju. Selain tinggi kalsium, keju juga mengandung protein, vitamin A, B12, riboflavin, dan beberapa jenis mineral lain seperti fosfor, magnesium, dan zink.

Itu tadi manfaat dan pilihan makanan sumber kalsium bagi anak-anak yang aktif dan gemar olahraga. Lengkapi juga kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap melakukan kegiatannya. Untuk melengkapi kebutuhan gizi dan energi anak, Ibu bisa menyiapkan MILO ActivGo

MILO ActivGo ini memiliki kandungan susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

Kemenkes RI. Pemenuhan Nutrisi sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Osteoporosis. Retrieved 2/5/2024 from https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1147/pemenuhan-nutrisi-sebagai-upaya-pencegahan-terjadinya-osteoporosis

Healthline. How Does Calcium Benefit Your Body and How Much Do You Need?. Retrieved 2/5/2024 from https://www.healthline.com/health/calcium

Menkes RI. Permenkes No 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi bagi Masyarakat Indonesia

Healthline. Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Nondairy). Retrieved 2/5/2024 from https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods#TOC_TITLE_HDR_7

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Inspirasi Nutrisi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

sumber kalsium Inspirasi Nutrisi
Pilihan Makanan dengan Sumber Kalsium Tinggi untuk Anak yang Gemar Olahraga

Penting bagi Ibu untuk selalu memastikan asupan makanan dan minuman anak mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan. Salah satu zat gizi yang

sayuran tinggi serat Aktivitas
Optimalkan Kesehatan dengan Sayuran Tinggi Serat: Panduan Konsumsi yang Tepat

Ibu pasti khawatir kalau anak-anak tidak suka atau tidak doyan makan sayur. Padahal sayuran tinggi serat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan

Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh Inspirasi Nutrisi
5 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh agar Tetap Berenergi

Beberapa jenis minuman dari bahan alami memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentu ini baik

Jenis dan Fungsi Mineral Bagi Tubuh Inspirasi Nutrisi
10 Jenis dan Fungsi Mineral bagi Tubuh

Tidak hanya karbohidrat, nutrisi lain seperti protein, lemak, dan vitamin, mineral juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara

Sayur Tinggi Zat Besi Ini Baik untuk Dikonsumsi Inspirasi Nutrisi
Inilah 7 Sayur Tinggi Zat Besi Ini Baik untuk Dikonsumsi

Saat menyediakan menu bergizi lengkap dan seimbang buat anak, Ibu perlu memastikan ada menu sayur tinggi zat besi karena kandungan nutrisinya

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Manfaat Susu Tinggi Kalsium Inspirasi Nutrisi
Manfaat Susu Tinggi Kalsium Bagi Tubuh

Beberapa orang ada yang memilih susu tinggi kalsium sebagai salah satu pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh. Biasanya produk di

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.