olahraga saat pandemi olahraga saat pandemi

Olahraga Saat Pandemi Dengan Bersepeda? Ini Tipsnya!

21 July 2021

facebook iconwhatsapp icon

Pada masa pandemi saat ini, aktivitas anak di luar ruangan menjadi lebih terbatas. Anak tak lagi bebas bermain bersama teman-teman sebayanya. Namun, anak harus tetap dibiasakan untuk olahraga saat pandemi. Misalnya, dengan melakukan jogging atau bersepeda. Lalu, bagaimana caranya bersepeda dengan aman dan nyaman?

Tentunya, Ibu punya banyak kekhawatiran ketika anak melakukan olahraga saat pandemi. Mulai dari khawatir akan kesehatan hingga keamanannya. Namun, untuk lepas dari kekhawatiran tersebut, Ibu bisa siapkan beberapa hal berikut ini saat ia akan bersepeda.

1. Pakai Masker dengan Tepat

Walaupun sedang olahraga saat pandemi, anak tidak boleh lepas dari protokol kesehatan. Salah satunya wajib mengenakan masker. Pastikan Ibu memilih masker yang ukurannya pas menutupi bagian wajah anak.

Saat ini, aturan pemakaian masker ada dua cara. Pertama, gunakan masker ganda atau double mask yang terdiri dari masker medis dan masker kain. Masker medis digunakan sebagai lapisan pertama, sedangkan masker kain berada di lapisan kedua guna merapatkan. Jangan sampai tertukar – seperti melapisi masker medis dengan medis, atau masker kain dengan masker kain lainnya – guna mengoptimalkan efektivitas pemakaian masker ganda ini ya, Bu.

Kedua, anak bisa memakai satu buah masker saja bila yang digunakan adalah jenis KF94. Untuk masker KN95 hanya digunakan tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit atau pelayanan publik lainnya. Jadi, pilihan anak adalah memakai masker ganda atau masker KF94 saja.

Baca Juga : 6 Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

2. Selalu Bawa Pembersih Tangan

Ingat, virus, bakteri, ataupun jamur bisa tersembunyi di tangan anak. Itu sebabnya, Ibu harus bekali tisu basah untuk membersihkan kotoran serta hand sanitizer guna mensterilkan tangannya.

Saat anak menyentuh benda lain atau berinteraksi dengan orang lain, ia bisa menggunakan kedua perlengkapan pembersih tersebut. Hal ini dilakukan agar olahraga saat pandemi tidak berisiko untuk kesehatannya.

3. Siapkan Handuk dan Minuman Sendiri

Pastinya, saat bersepeda anak akan berkeringat. Apalagi kalau dilakukan dalam waktu yang lama dan jarak tempuh panjang. Ibu bisa sediakan handuk kecil di bagian keranjang ataupun tas kecil yang tergantung di sepedanya. Hindari berbagi handuk dengan orang lain, Bu.

Selain itu, jangan lupa membawa air putih dalam botol milik sendiri. Jangan biarkan anak berbagi minum dengan orang lain juga supaya tidak terkena droplet. Untuk menambah energi saat bersepeda, Ibu juga bisa membekali MILO UHT.

Kombinasi cokelat, susu, dan malt dalam MILO UHT cocok dikonsumsi saat anak mulai lelah bersepeda untuk mengisi kembali energinya. Hal ini karena MILO UHT mengandung Vitamin B1, B2, B3, B6, Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi. Selain rasanya enak dan bernutrisi, MILO UHT juga mudah dibawa dan praktis diminum.

4. Pilih Waktu dan Rute yang Sepi

Bila rumah Ibu berada di wilayah perumahan, jalanan di sekitar komplek bisa menjadi jalur bersepeda bagi anak. Di beberapa kota, pemerintah setempat juga sudah menyiapkan jalur khusus sepeda. Sebaiknya, Ibu dan anak mengikuti jalur tersebut. Namun, pastikan Ibu bersepeda mengikuti aturan pemerintah setempat, ya. Misalnya, bila PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sedang berlangsung, rute bersepeda tentu ditutup dan tidak bisa dilalui.

 

Olahraga saat pandemi juga mengharuskan Ibu dan anak memilih waktu yang tepat untuk bersepeda. Pilihlah hari dan juga jam yang tidak ramai dengan pesepeda lain. Ibu bisa melakukan rutinitas bersepeda pada sore di hari kerja. Biasanya, waktu tersebut lebih sepi dari kerumunan.

Baca Juga : Rekomendasi Olahraga saat Pandemi agar Anak Tetap Aktif di Rumah

5. Tetap Jaga Jarak

Walau atribut protokol kesehatan anak sudah lengkap, Ibu juga tetap harus memperhatikan jarak. Jaga jarak paling tidak 1-2 meter dari pesepeda lain saat berpapasan. Ini guna mengurangi risiko anak tertular virus. Bila terlalu banyak pesepeda, ada baiknya Ibu dan anak menghindar atau cari jalan lain yang lebih sepi dari kerumunan.

6. Lakukan dalam Kelompok Kecil

Ibu jangan biarkan anak bersepeda sendiri, ya. Lakukan olahraga tersebut secara berkelompok. Pastikan kelompok sepeda itu berasal dari anggota keluarga yang satu rumah. Misalnya, ayah, ibu, dan kakak. Mengapa harus demikian? Ini supaya keselamatan anak tetap terjaga. Ibu juga bisa mengawasi sekaligus bersenang-senang bersama anak.

7. Langsung Mandi Saat Pulang ke Rumah

Terakhir, ajarkan anak untuk bersih-bersih setelah selesai bersepeda. Ibu bisa menyemprotkan disinfektan ke peralatan sepeda anak dan langsung mengumpulkan pakaian kotor untuk direndam dalam air sabun. Lalu, anak harus segera mandi dengan sabun. Jangan lupa keramas dan sikat gigi, ya. Ini supaya anak terbebas dari kotoran, kuman, virus, dan juga bakteri.

Nah, sekarang ibu tak usah khawatir anak olahraga saat pandemi, kan? Hal yang paling penting adalah pastikan anak tetap mengikuti protokol kesehatan dan isi kembali energinya dengan MILO UHT setelah bersepeda.

buy now image
BELI PRODUK MILO