Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Bagikan Artikel:

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak tentang bagaimana cara meningkatkan imun tubuh supaya aktivitas mereka tidak terganggu.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh, di antaranya adalah gaya hidup sehat dan lingkungan.  Untuk lebih jelasnya, Ibu bisa simak bahasan tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini.

Rutin Olahraga

Olahraga ternyata jadi cara memperkuat imun tubuh. Ini karena saat berolahraga, tubuh meredam hormon stres (kortisol) sehingga tubuh lebih rileks dan membantu untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, International Journal of Cardiovascular Science, menyebutkan kalau aktivitas fisik yang teratur bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, seperti penyakit kardiovaskuler.

Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan dengan nutrisi seimbang adalah salah satu cara menjaga kekebalan tubuh. Itu sebabnya Ibu perlu menjelaskan ke anak untuk mengurangi makanan tidak sehat, seperti menu cepat saji, makanan tinggi gula, dan juga gorengan.

Sebagai opsi cara meningkatkan antibodi, Ibu bisa menyiapkan makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan anak.

Selain itu, makanan yang tinggi antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, seperti apel, anggur, buah beri, mangga, wortel, bayam, brokoli, dan kale juga jadi opsi makanan penambah imun yang disarankan meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Hindari Stres Berkepanjangan

Kecemasan berlebih dan stres dapat melemahkan sistem imun tubuh. Ibu bisa meluangkan waktu untuk selalu berkomunikasi intens dengan anak untuk menanyakan kabarnya, mengajaknya olahraga, atau bermain di alam.

Punya Hewan Peliharaan

Bagi anak yang penyayang hewan, ternyata interaksi dengan hewan dapat memberikan manfaat untuk bantu mengurangi tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, juga mengurangi rasa cemas sehingga bisa jadi cara menjaga imunitas tubuh.

Ibu juga perlu tahu kalau anak yang memelihara anjing atau kucing dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh mereka sehingga lebih tahan terhadap alergi.

Bermain dan Bersosialisasi

Menjalin hubungan sosial yang baik tidak Cuma berdampak positif terhadap kesehatan mental anak, tetapi juga jadi cara untuk menambah daya tahan tubuh seseorang. Selain bermain dengan teman, anak juga bisa bersosialisasi dengan cara ikut ekstrakurikuler atau ikut kegiatan aktivitas sosial lainnya.

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan unsur penting dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang. Kebutuhan tidur orang dewasa biasanya antara 7-9 jam sehari. Tidur yang cukup membantu memperbaiki sel-sel tubuh serta membantu menjaga agar tubuh memiliki energi yang cukup.

Rutin Cuci Tangan dan Jaga Kebersihan

Ibu bisa memberi contoh pada anak untuk selalu menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan karena cara tersebut bisa bantu mencegah penyebaran penyakit dari kuman dan virus. Pastikan untuk mencuci tangan secara rutin setelah beraktivitas di luar rumah dan sebelum makan.

Sekarang Ibu bisa mengetahui bahwa pola hidup sehat yang disebutkan di atas bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh sehingga membantu anak untuk tidak mudah sakit atau mengalami infeksi.

Ibu juga jangan lupa memberikan asupan energi diperlukan anak. Jangan lupa penuhi asupan yang diperlukan anak dengan memberikan MILO Activ-Go. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO.

MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. WebMD. 13 Tips to Strengthen Your Immune System. Dari https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-strengthen-immunity  . Diakses 5/10/2023
  2. Linberg, S. Does Exercise Boost Immunity? . Dari https://www.healthline.com/nutrition/does-exercise-boost-immune-system#benefits-for-immunity . Diakses 5/10/2023
  3. Kubala, J. 10 Foods That May Weaken Your Immune System. Dari https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-weaken-immune-system . Diakses 5/10/2023
  4. Burgess, L. The best foods for boosting your immune system. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#which-foods-boost-the-immune-system  . Diakses 5/10/2023 
  5. WebMD. 5 Ways Pets Can Improve Your Health. Dari  https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/features/health-benefits-of-pets#:~ . Diakses 5/10/2023
  6. Standford Medicine. The scientific importance of social connections for your health. Dari https://scopeblog.stanford.edu/2012/08/09/the-scientific-importance-of-social-connections-for-your-health/. Diakses 5/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.