20 April 2021

Hindari Asupan Tinggi Gula Berikut & Beralihlah ke MILO Less Sugar!

Bagikan Artikel:

Bu, kelebihan mengonsumsi gula juga bisa mengganggu kualitas tidur anak. Bila waktu tidur anak terganggu maka proses belajar dan perkembangan emosinya pun turut terganggu. Oleh karena itu, penting untuk Ibu menjaga dan mengontrol asupan gula pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Misalnya, beralih ke MILO dan asupan rendah gula lainnya, karena kadar gula yang lebih rendah 25% kini membuat MILO less sugar. Lantas, makanan dan minuman apa yang sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya tinggi? Sebelum bahas lebih lanjut soal hal itu, perhatikan terlebih dahulu kebutuhan gula anak.

Berapa Kebutuhan Gula untuk Anak?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan panduan konsumsi gula yang dapat dikonsumsi orang setiap harinya berdasarkan jenis kelamin dan umur. Menurut data WHO, asupan gula tambahan tidak boleh lebih dari 10% dari total energi yang dikonsumsi anak. Nah, anak usia 7-10 tahun tidak boleh lebih dari 24 gram atau 6 sendok teh gula per hari.  

Baca Juga : MILO Less Sugar! Minuman Energi dengan Gula Rendah

Makanan dengan Kandungan Gula yang Tinggi 

Demi melindungi Sang Juara dari asupan gula berlebih, Ibu harus tahu makanan dan minuman apa saja yang berpotensi memiliki kandungan gula yang tinggi. Berikut ini adalah sederet makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan konsumsinya sebaiknya dibatasi.

1. Nasi Putih

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi nasi putih secara berlebihan berisiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini wajar karena nasi putih memiliki kandungan karbohidrat tinggi namun rendah serat. Dalam 100 gram nasi putih saja sudah mengandung indeks glemiks yang tinggi yang bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. 

2. Roti Putih

Ternyata roti putih mengandung karbohidrat tinggi yang membuat makanan dapat diolah lebih cepat di dalam tubuh dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, bila Sang Juara suka makan roti, sebaiknya ganti jenis rotinya dengan roti gandum yang lebih rendah gula.

Baca Juga : Kenali Kandungan Pada Minuman MILO Less Sugar

3. Makanan Siap Saji

Banyak sekali makanan siap saji yang beredar saat ini. Tentu saja anak sangat menyukai bila Ibu mengajak mereka makan ayam goreng di tempat makanan siap saji. Makanan ini memang nikmat, namun terdapat kandungan lemak, gula, dan karbohidrat yang mampu meningkatkan gula darah bahkan hanya dalam satu kali makan.

4. Minuman Kaleng dan Minuman Berenergi

Minuman kaleng (soft drink) dan minuman berenergi mengandung gula yang sangat tinggi. Bahkan, dalam satu botol minuman bisa terkandung 20,2 gram atau setara dengan 5 sendok teh gula. Beberapa soft drink bahkan mengandung hingga 39 gram hingga 99 gram gula. Oleh sebab itu, bila Sang Juara butuh minuman yang bisa membantu mengisi kembali energinya, Ibu bisa memberikan Sang Juara MILO Activ-Go, MILO 3in1, maupun MILO UHT. Dengan kandungan gula 25% lebih rendah membuat MILO less sugar dan menjadi pilihan yang lebih sehat untuk anak. Sebagai contoh, bila Ibu menyiapkan segelas MILO 3in1 sesuai petunjuk penyajian, Sang Juara akan mendapat asupan gula sebanyak 16 gram saja.

5. Camilan

Ibu juga perlu memperhatikan camilan atau jajanan yang dikonsumsi anak setiap harinya. Sederet camilan ini ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi juga, lho.

  • Donat = 5 sendok teh gula
  • Jelly 75 gram = 4 sendok teh gula
  • Permen karet 50 gram = 7 sendok teh gula
  • Biskuit cokelat = 2,5 sendok teh gula
  • Es krim 1 scoop = 4 sendok teh gula
  • Susu cokelat dengan tambahan gula = 3 sendok teh gula

Itu tadi beberapa jenis makanan tinggi gula yang umumnya dikonsumsi anak. Perlu Ibu pahami sekali lagi, penting untuk memilih makanan dan minuman yang rendah gula. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa meningkatkan risiko anak mengalami obesitas. 

Untuk itu, demi membantu menjaga asupan gula anak, Ibu bisa memberikan MILO sebagai minuman cokelat yang lezat dan bergizi. MILO kini hadir dengan gula 25% lebih rendah dibandingkan produk MILO sebelumnya dan membuat MILO less sugar. Kandungan kalsium dan protein di dalamnya juga dapat membantu memperbaiki tulang dan otot setelah anak melakukan beragam aktivitas fisik.

Meski kini MILO less sugar karena kadar gulanya lebih rendah, rasanya tetap lezat karena MILO juga diperkaya susu dan cokelat. Jadi, tunggu apalagi, Bu? Segera jaga dan kontrol konsumsi gula anakmu dengan menyediakan MILO less sugar di rumah!
 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.