Hindari asupan tinggi gula & Beralihlah ke Milo Less Sugar Hindari asupan tinggi gula & Beralihlah ke Milo Less Sugar

Yuk, Perhatikan Kandungan Gula pada Makanan & Minuman Anak

20 April 2021

Bu, kelebihan mengonsumsi gula juga bisa mengganggu kualitas tidur anak. Bila waktu tidur anak terganggu maka proses belajar dan perkembangan emosinya pun turut terganggu. Oleh karena itu, penting untuk Ibu menjaga dan mengontrol asupan gula pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Misalnya, beralih ke MILO dan asupan rendah gula lainnya, karena kadar gula yang lebih rendah 25% kini membuat MILO less sugar. Lantas, makanan dan minuman apa yang sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya tinggi? Sebelum bahas lebih lanjut soal hal itu, perhatikan terlebih dahulu kebutuhan gula anak.

Berapa Kebutuhan Gula untuk Anak?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan panduan konsumsi gula yang dapat dikonsumsi orang setiap harinya berdasarkan jenis kelamin dan umur. Menurut data WHO, asupan gula tambahan tidak boleh lebih dari 10% dari total energi yang dikonsumsi anak. Nah, anak usia 7-10 tahun tidak boleh lebih dari 24 gram atau 6 sendok teh gula per hari.  

Makanan dengan Kandungan Gula yang Tinggi 

Demi melindungi Sang Juara dari asupan gula berlebih, Ibu harus tahu makanan dan minuman apa saja yang berpotensi memiliki kandungan gula yang tinggi. Berikut ini adalah sederet makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan konsumsinya sebaiknya dibatasi.

1. Nasi Putih

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi nasi putih secara berlebihan berisiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini wajar karena nasi putih memiliki kandungan karbohidrat tinggi namun rendah serat. Dalam 100 gram nasi putih saja sudah mengandung indeks glemiks yang tinggi yang bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. 

2. Roti Putih

Ternyata roti putih mengandung karbohidrat tinggi yang membuat makanan dapat diolah lebih cepat di dalam tubuh dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, bila Sang Juara suka makan roti, sebaiknya ganti jenis rotinya dengan roti gandum yang lebih rendah gula.

3. Makanan Siap Saji

Banyak sekali makanan siap saji yang beredar saat ini. Tentu saja anak sangat menyukai bila Ibu mengajak mereka makan ayam goreng di tempat makanan siap saji. Makanan ini memang nikmat, namun terdapat kandungan lemak, gula, dan karbohidrat yang mampu meningkatkan gula darah bahkan hanya dalam satu kali makan.

4. Minuman Kaleng dan Minuman Berenergi

Minuman kaleng (soft drink) dan minuman berenergi mengandung gula yang sangat tinggi. Bahkan, dalam satu botol minuman bisa terkandung 20,2 gram atau setara dengan 5 sendok teh gula. Beberapa soft drink bahkan mengandung hingga 39 gram hingga 99 gram gula. Oleh sebab itu, bila Sang Juara butuh minuman yang bisa membantu mengisi kembali energinya, Ibu bisa memberikan Sang Juara MILO Activ-Go, MILO 3in1, maupun MILO UHT. Dengan kandungan gula 25% lebih rendah membuat MILO less sugar dan menjadi pilihan yang lebih sehat untuk anak. Sebagai contoh, bila Ibu menyiapkan segelas MILO 3in1 sesuai petunjuk penyajian, Sang Juara akan mendapat asupan gula sebanyak 16 gram saja.

5. Camilan

Ibu juga perlu memperhatikan camilan atau jajanan yang dikonsumsi anak setiap harinya. Sederet camilan ini ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi juga, lho.

  • Donat = 5 sendok teh gula
  • Jelly 75 gram = 4 sendok teh gula
  • Permen karet 50 gram = 7 sendok teh gula
  • Biskuit cokelat = 2,5 sendok teh gula
  • Es krim 1 scoop = 4 sendok teh gula
  • Susu cokelat dengan tambahan gula = 3 sendok teh gula

Itu tadi beberapa jenis makanan tinggi gula yang umumnya dikonsumsi anak. Perlu Ibu pahami sekali lagi, penting untuk memilih makanan dan minuman yang rendah gula. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa meningkatkan risiko anak mengalami obesitas. 

Untuk itu, demi membantu menjaga asupan gula anak, Ibu bisa memberikan MILO sebagai minuman cokelat yang lezat dan bergizi. MILO kini hadir dengan gula 25% lebih rendah dibandingkan produk MILO sebelumnya dan membuat MILO less sugar. Kandungan kalsium dan protein di dalamnya juga dapat membantu memperbaiki tulang dan otot setelah anak melakukan beragam aktivitas fisik.

Meski kini MILO less sugar karena kadar gulanya lebih rendah, rasanya tetap lezat karena MILO juga diperkaya susu dan cokelat. Jadi, tunggu apalagi, Bu? Segera jaga dan kontrol konsumsi gula anakmu dengan menyediakan MILO less sugar di rumah!
 

buy now image
BELI PRODUK MILO