16 November 2022

4 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau performa akademis anak ternyata bisa dipengaruhi makanan yang dikonsumsinya? Misalnya, anak melewatkan waktu sarapan paginya tiap hari.

Ketika belajar di sekolah, anak akan merasa lapar, sehingga dia tidak bisa konsentrasi belajar. Ditambah lagi, ia akan merasa loyo karena kebutuhan energi tidak dilengkapi. Kondisi tersebutlah yang mewajibkan ibu membuat sarapan sehat untuk anak.

Dengan mengonsumsi sarapan sehat anak, aktivitas hariannya dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, fungsi kognitif dan ingatan akan meningkat terhadap anak yang rutin menyantap sarapan paginya. Itu sebabnya, sarapan sehat untuk anak sekolah sangat penting diberikan sebelum berangkat.

Ada baiknya Ibu menyajikan menu sarapan sehat untuk anak yang kaya akan nutrisi. Ini nantinya dapat fisik anak lebih kuat untuk hadapi kegiatan sekolah seharian. Supaya Ibu tidak bingung, berikut ini resep sarapan pagi praktis untuk anak.

Baca Juga: 4 PILIHAN MAKANAN MENU SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK

1. Pancake Pisang

Anak Ibu bukan tipe penyuka buah. Setiap diberikan buah, pasti ada saja caranya untuk menyingkirkan makanan tersebut. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu bisa menyembunyikan buah dalam menu sarapan sehat untuk anak ini. Salah satu yang menjadi favorit anak adalah pancake. Ibu bisa membuat Pancake Pisang.

Pertama-tama, pisang kaya akan karbohidrat, magnesium, dan juga kalium. Semua kandungan ini diperlukan agar fisik anak lebih kuat selama menjalankan kegiatan hariannya.

Ibu hanya perlu melumatkan pisang. Lalu, pisang yang sudah halus dicampurkan ke dalam adonan pancake. Biasanya, pisang dapat memberikan rasa manis alami dalam pancake, lho. Jadi, Ibu tak perlu memberikan gula lagi. Tambahkan whipped cream atau madu sebagai topping-nya.

2. Onigiri

Anak tampaknya lahap ketika mengonsumsi makanan Jepang. Ini bisa menjadi ide untuk Ibu membuat menu sarapan sehat untuk anak. Coba buat nasi kepal khas Jepang atau onigiri. Bahan-bahannya mudah didapat, kok. Kamu bisa menyiapkan daging teriyaki ataupun ikan tuna dan salmon yang sudah matang.

Jangan lupa tambahkan sedikit sayuran, seperti mentimun di dalam hidangan ini. Walau terlihat seperti camilan, onigiri sangat mengenyangkan, lho. Apalagi ukuran nasinya juga banyak dan padat. Camilan ini juga bisa menjadi bekal anak. Jangan lupa berikan saus mayonaise atau mentai supaya rasa onigiri makin lezat.

3. Salad Buah

Menu sarapan sehat untuk anak ini sudah dipastikan kaya nutrisi dan juga punya banyak manfaat kesehatan. Sayuran segar yang dipadukan dengan saus kaya akan serat dan vitamin untuk anak. Selain itu, rasanya yang segar membuat anak merasa siap untuk menghadapi hari.

Ibu bisa memilih beberapa buah yang disukai anak. Tambahkan jelly agar rasa Salad Buah semakin segar dan enak. Bisa juga tambahkan yoghurt ke dalam salad tersebut. Pastinya, anak makin menyukai hidangan ini.

4. Omelette

Tampaknya hidangan omelette menjadi favorit banyak anak di dunia ini. Sebenarnya, menu sarapan sehat untuk anak ini sederhana sekali membuatnya. Ini karena hanya terbuat dari kandungan telur sebagai bahan utamanya. Perlu Ibu tahu, telur merupakan jenis makanan pertama yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Ini karena telur kaya akan protein yang akan membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Supaya lebih enak, Ibu bisa menambahkan jamur, daun bawang, sosis, dan juga paprika dalam hidangan omelette. Ibu juga bisa memberikan saus kari untuk hidangan nasi omelette. Pastinya, anak akan lebih semangat untuk sarapan pagi.

Ibu jangan sampai lupa memberikan MILO Activ-Go setelah anak beraktivitas seharian untuk mengembalikan energi yang hilang.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.