16 November 2022

4 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau performa akademis anak ternyata bisa dipengaruhi makanan yang dikonsumsinya? Misalnya, anak melewatkan waktu sarapan paginya tiap hari.

Ketika belajar di sekolah, anak akan merasa lapar, sehingga dia tidak bisa konsentrasi belajar. Ditambah lagi, ia akan merasa loyo karena kebutuhan energi tidak dilengkapi. Kondisi tersebutlah yang mewajibkan ibu membuat sarapan sehat untuk anak.

Dengan mengonsumsi sarapan sehat anak, aktivitas hariannya dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, fungsi kognitif dan ingatan akan meningkat terhadap anak yang rutin menyantap sarapan paginya. Itu sebabnya, sarapan sehat untuk anak sekolah sangat penting diberikan sebelum berangkat.

Ada baiknya Ibu menyajikan menu sarapan sehat untuk anak yang kaya akan nutrisi. Ini nantinya dapat fisik anak lebih kuat untuk hadapi kegiatan sekolah seharian. Supaya Ibu tidak bingung, berikut ini resep sarapan pagi praktis untuk anak.

Baca Juga: 4 PILIHAN MAKANAN MENU SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK

1. Pancake Pisang

Anak Ibu bukan tipe penyuka buah. Setiap diberikan buah, pasti ada saja caranya untuk menyingkirkan makanan tersebut. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu bisa menyembunyikan buah dalam menu sarapan sehat untuk anak ini. Salah satu yang menjadi favorit anak adalah pancake. Ibu bisa membuat Pancake Pisang.

Pertama-tama, pisang kaya akan karbohidrat, magnesium, dan juga kalium. Semua kandungan ini diperlukan agar fisik anak lebih kuat selama menjalankan kegiatan hariannya.

Ibu hanya perlu melumatkan pisang. Lalu, pisang yang sudah halus dicampurkan ke dalam adonan pancake. Biasanya, pisang dapat memberikan rasa manis alami dalam pancake, lho. Jadi, Ibu tak perlu memberikan gula lagi. Tambahkan whipped cream atau madu sebagai topping-nya.

2. Onigiri

Anak tampaknya lahap ketika mengonsumsi makanan Jepang. Ini bisa menjadi ide untuk Ibu membuat menu sarapan sehat untuk anak. Coba buat nasi kepal khas Jepang atau onigiri. Bahan-bahannya mudah didapat, kok. Kamu bisa menyiapkan daging teriyaki ataupun ikan tuna dan salmon yang sudah matang.

Jangan lupa tambahkan sedikit sayuran, seperti mentimun di dalam hidangan ini. Walau terlihat seperti camilan, onigiri sangat mengenyangkan, lho. Apalagi ukuran nasinya juga banyak dan padat. Camilan ini juga bisa menjadi bekal anak. Jangan lupa berikan saus mayonaise atau mentai supaya rasa onigiri makin lezat.

3. Salad Buah

Menu sarapan sehat untuk anak ini sudah dipastikan kaya nutrisi dan juga punya banyak manfaat kesehatan. Sayuran segar yang dipadukan dengan saus kaya akan serat dan vitamin untuk anak. Selain itu, rasanya yang segar membuat anak merasa siap untuk menghadapi hari.

Ibu bisa memilih beberapa buah yang disukai anak. Tambahkan jelly agar rasa Salad Buah semakin segar dan enak. Bisa juga tambahkan yoghurt ke dalam salad tersebut. Pastinya, anak makin menyukai hidangan ini.

4. Omelette

Tampaknya hidangan omelette menjadi favorit banyak anak di dunia ini. Sebenarnya, menu sarapan sehat untuk anak ini sederhana sekali membuatnya. Ini karena hanya terbuat dari kandungan telur sebagai bahan utamanya. Perlu Ibu tahu, telur merupakan jenis makanan pertama yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Ini karena telur kaya akan protein yang akan membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Supaya lebih enak, Ibu bisa menambahkan jamur, daun bawang, sosis, dan juga paprika dalam hidangan omelette. Ibu juga bisa memberikan saus kari untuk hidangan nasi omelette. Pastinya, anak akan lebih semangat untuk sarapan pagi.

Ibu jangan sampai lupa memberikan MILO Activ-Go setelah anak beraktivitas seharian untuk mengembalikan energi yang hilang.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,