17 February 2022

4 Cara Cek Produk Makanan & Minuman Rendah Gula Saat Belanja

Bagikan Artikel:

Demi anak yang tumbuh aktif, tentu Ibu akan lebih memperhatikan produk makanan dan minuman yang diberikan kepada anak. Bahkan, Ibu mungkin termasuk orang yang akan mengecek terlebih dulu kandungan nutrisi dan gula yang terdapat dalam produk-produk tersebut agar tidak memilih yang kadar gulanya tinggi. Makanya, makanan ataupun minuman rendah gula lebih sering menjadi pilihan Ibu.

Biasanya, minuman rendah gula sudah disesuaikan dengan aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahkan, pemberian label Rendah Gula atau Less Sugar tak bisa sembarangan lho, Bu. Menurut aturan BPOM No.13 tahun 2016, produk yang diberikan label tersebut harus memiliki kandungan maksimal:

  • 5 gram per 100 gram produk yang berbentuk padat;
  • 2,5 gram per 100 gram produk yang berbentuk cair.

Sebenarnya, Ibu bisa mengeceknya sendiri dalam kemasan. Produk minuman sehat untuk anak yang baik biasanya akan memiliki informasi tersebut. Berikut ini cara mengeceknya.

Baca Juga : Coba 5 Rekomendasi Minuman Rendah Gula yang Aman untuk Anak

 

1.Cek Tabel Informasi NIlai Gizi

Ketika hendak membeli produk makanan dan minuman anak, Ibu harus memperhatikan Tabel Informasi Nilai Gizi. Informasi ini biasanya terletak di bagian belakang ataupun samping kemasan. Lalu, bagaimana cara membacanya?

Perlu Ibu ketahui, dalam satu produk pangan, biasanya berisi lebih dari satu sajian. Maksudnya, makanan dan minuman tersebut bisa disajikan beberapa kali. Sedangkan, informasi gizi yang ada di tabel tersebut merupakan kandungan gizi dalam satu sajian. Misalnya, anak mengonsumsi habis empat cookies dalam satu kemasan, berarti ia mendapatkan empat kali gizi dari produk cookies tersebut.

Nah, Ibu perlu berhati-hati untuk membacanya dan juga memberikan produk tersebut kepada anak. Jangan sampai yang diberikan menjadi berebihan. Dalam tabel ini, Ibu juga bisa melihat nutrisi yang terkandung dalam produk pangan.

 

2.Gula Tak Melebihi AKG

Perlu Ibu ketahui, anak-anak juga tak boleh mengonsumsi makanan dan minuman mengandung gula melebihi Angka Kecukupan Gizi. Menurut Kementerian Kesehatan RI, sebaiknya orang dewasa hanya mengonsumsi 50 gram atau 4 sendok makan gula setiap harinya. Sedangkan untuk anak usia 6-18 tahun maksimal mengonsumsi 20 gram atau setara 6 sendok teh gula setiap hari.

Informasi kadar gula produk sebenarnya sudah ada dalam kemasan. Namun, kembali ingat yang dicantumkan adalah kadar gula dalam satu sajian bukan kemasan. Kalau Ibu melihat kadar gulanya sedikit, pastikan jumlah sajiannya. Batasi penyajian produk tersebut untuk anak.

 

3.Kenali Cara Penyebutan Berbagai Jenis Gula

Tak mencantumkan kata “gula” dalam Tabel Informasi Nilai Gizi bukan berarti bebas manis, lho. Pasalnya, terkadang perusahaan makanan dan minuman mencantumkan nama lain gula dalam tabel tersebut.

Ada baiknya, Ibu mulai menghafal nama lain dari gula guna memilih produk makanan dan minuman yang tepat untuk anak. Beberapa nama lain gula yang biasa dipakai adalah glukosa, fruktosa, sukrosa, karbitol, sorbitol, concentrate fruit juice, corn sweetener, digliserida, disakarida, dan masih banyak lagi.

Mengapa nama gula bisa berbeda-beda? Perlu Ibu pahami kalau setiap gula itu berasal dari sumber dan juga proses yang berbeda. Hal ini juga membuatnya punya perbedaan dalam tekstur dan rasanya. Jadi, jangan heran kalau nama gula itu sangat banyak.

 

4.Pastikan Label yang Ada di Kemasan

Selain informasi nutrisi, Ibu juga bisa mengecek label yang tertera dalam produk pangan. Biasanya, akan ada label halal dari MUI di bagian depan kemasan. Untuk produk makanan dan minuman rendah gula, juga akan ada label less sugar di bagian depan kemasan seperti MILO Less Sugar.

 

Produk MILO Less Sugar ini mengandung 0 gram sukrosa dan dilengkapi Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi. Meski lebih rendah gula, MILO Less Sugar tetap punya rasa cokelat yang lezat dan disukai anak. Kini, Ibu tak usah ragu lagi memilih minuman rendah gula. Langsung coba produk MILO yang satu ini, ya!

 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.