03 April 2024

Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Bagikan Artikel:

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran, membersihkan rumah untuk silaturahmi, atau juga perjalanan mudik saat akan merayakan Idul Fitri di kota lain.

Untuk persiapan Lebaran tersebut Ibu bisa melibatkan anak untuk ikut berpartisipasi dan ini baik untuk perkembangan mereka. Nah, apa saja manfaat dan tips mengajak ikut serta anak dalam persiapan Lebaran? Yuk, simak bahasannya berikut ini.

Manfaat Mengajak Anak dalam Persiapan Lebaran

Saat anak melewati tahap perkembangan, keterlibatan dalam tugas domestik bisa menjadi tantangan bagi Ibu untuk melatih dan mengajarkannya pada mereka. Butuh kesabaran dari Ibu dan orang terdekat saat mengajak anak ikut serta membantu beberapa aktivitas di rumah, termasuk saat persiapan Lebaran.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan melibatkan anak dalam berbagai persiapan Lebaran, berikut diantaranya adalah untuk mengasah kreativitas dan keterampilan, mengajarkan tentang kerja sama, membangun tim, tanggung jawab, dan kepedulian sosial.

Tips Melibatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Ada bebarapa tips yang perlu Ibu perhatikan saat mengajak anak dalam beberap aktivitas persiapan Lebaran.

  • Tetapkan tugas secara bertahap sesuai dengan kemampuan perkembangan anak.
  • Berikan pujian saat anak berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang Ibu berikan saat membantu persiapan Lebaran di rumah.
  • Berikan pilihan tugas dan biarkan anak-anak memilih pekerjaan rumah yang mereka sukai, misal membantu membuat kue kering, merapikan ruangan, atau membuat pernak-pernik Lebaran.
  • Beri motivasi dan bisa menjadi contoh yang baik bagi anak untuk mengerjakan kegiatan persiapan Lebaran.
  • Jangan menegur terlalu keras saat anak membuat kesalahan saat melakukan kegiatan persiapan Lebaran. Ibu bisa menjelaskan apa kesalahannya lalu berikan solusi untuk memperbaiki. Proses melibatkan anak pada beberapa kegiatan di rumah memang butuh kesabaran ekstra saat membimbingnya supaya semakin terampil.

Aktivitas Bersama Anak untuk Persiapan Lebaran

Berikut aktivitas yang bisa bisa dilakukan bersama anak saat persiapan Lebaran supaya mereka lebih mengenal nilai-nilai budaya dan religi dari perayaan Lebaran.

1. Membuat dekorasi Lebaran

Ajak anak untuk menghias rumah dengan dekorasi yang menggunakan tulisan-tulisan dalam bahasa Arab. Anak-anak dapat menulis pesan-pesan yang positif atau doa-doa dalam bahasa Arab dan bahasa lainnya.

2. Menghias toples kue

Ajak anak untuk menghias toples kaca tempat kue dengan menempelkan potongan kertas atau stiker warna-warni yang dibentuk cantik dengan kreativitas mereka dan bisa diberi contoh terlebih dulu agar hasilnya rapi. Hal ini akan memacu ide kreatif dan memberi motivasi bagi anak untuk lebih terampil.

3. Menciptakan kreativitas karya Lebaran

Ibu bisa mengajak anak untuk berkreasi membuat karya untuk Lebaran, contohnya seperti menghias kartu ucapan atau souvenir Lebaran yang dapat mereka berikan kepada keluarga dan teman. Kreasi kekinian lain yang bisa dibuat adalah video atau foto ucapan Lebaran untuk diposting di media sosial saat Idul Fitri tiba.

4. Membuat kue Lebaran

Ibu juga bisa melibatkan anak untuk membantu membuat kue-kue Lebaran seperti nastar, kastangel, atau putri salju. Aktivitas ini tidak hanya mengasah keterampilan memasak, tetapi juga menciptakan kenangan yang manis bersama keluarga. 

5. Bersih-bersih rumah

Aktivitas yang tidak pernah terlewatkan sebelum Lebaran tiba adalah bersih-bersih rumah untuk menyambut keluarga dan sahabat datang bersilaturahmi saat Lebaran. Ibu juga bisa mengajak anak ikut serta bersih-bersih dengan memberikan tugas sesuai porsinya, misal merapikan kamar, mainan, dan juga membersihkan beberapa perabotan.

6. Packing baju dan perlengkapan untuk mudik

Kalau Ibu sekeluarga merencanakan mudik, Ibu juga bisa mengajak anak membantu mengemas baju dan keperluannya di koper yang akan dibawa. Ibu juga bisa melibatkan untuk menyiapkan oleh-oleh yang akan dibagikan ke keluarga di kampung halaman. Hal ini akan melatih anak untuk punya rasa saling berbagi dan kepedulian dengan sesama.

Jangan lupa untuk selalu memberikan asupan nutrisi bergizi lengkap dan seimbang agar anak tetap sehat saat menyambut Lebaran. Ibu bisa membekalinya MILO kotak kecil untuk dibawa saat mudik atau bisa jadi camilan sehat di rumah saat Lebaran. Kemasannya yang ringan dan praktis, membuat MILO UHT bisa mudah dikantongi anak saat aktif bergerak.

Aktivitas selama puasa dan menjelang Lebaran tentu membutuhkan asupan nutrisi. Selain dengan makanan bergizi seimbang, Ibu bisa memberikan MILO UHT untuk melengkapi menu sahur dan puasa dan juga sumber energi yang mengandung berbagai Vitamin dan Mineral untuk mendukung anak tetap aktif.

Jika Ibu sibuk dengan aktivitas persiapan Lebaran di rumah, bisa juga menyediakan MILO UHT kotak kecil maupun MILO kotak besar. Anak pun akan jadi lebih berenergi dan semangat untuk beraktivitas dan menyambut Lebaran.

Segelas MILO saat sahur, dan sekotak MILO saat berbuka puasa.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.